Menu Makan Yang Sempurna Untuk Tumbuh Kembang Buah Hati. Ibu-ibu Bisa Coba Di Rumah

Penulis Penulis | Ditayangkan 21 Apr 2016
Bayi Ibu sekarang sudah berusia 6 bulan. Jika Ibu sudah sukses menjalankan ASI eksklusifnya selama 6 bulan maka setelah lepas 6 bulan Ibu sudah bisa memberikan makanan pendamping ASI untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Tidak selamanya kebutuhan gizi bayi bisa dipenuhi hanya dengan pemberian ASI. Seiring dengan pertambahan usianya, bayi membutuhkan kecukupan gizi yang berbeda dibandingkan dengan usia sebelumnya. Bayi akan mulai membutuhkan zat besi dari sumber lain mulai usia 6 sampai 9 bulan.
Menu Makan Yang Sempurna Untuk Tumbuh Kembang Buah Hati. Ibu-ibu Bisa Coba Di Rumah 

Makanan bayi usia 6 bulan
Makanan bayi yang sehat adalah makanan yang dibuat sendiri di rumah atau home made. Makanan home made untuk bayi lebih terjamin kebersihannya, tanpa tambahan bahan pangan lainnya dan lebih banyak variasinya karena kita sendiri yang membuat. Sebelum membuat makanan bayi perlu diperhatikan bahan apa saja yang boleh diberikan untuk bayi sesuia dengan usianya. Pilihlah sayuran dan buah – buahan organik karena bebas dari pestisida. Jika tidak ada sayuran atau buah organic maka cucilah buah dan sayuran tersebut hingga benar – benar bersih agar bebas dari pestisida dan bakteri berbahaya. Selalu pilih sayur dan buah yang segar untuk diberikan ke buah hati.

Bayi berusia 6 bulan bisa diberikan Makanan bayi usia 6 bulan dari pure atau bubur halus. Lakukan pemberian Makanan bayi usia 6 bulan dari pure secara bertahap teksturnya. Pada awal pemberian sebaiknya berikan Makanan bayi usia 6 bulan dari pure yang encer karena bayi sudah terbiasa untuk mengkonsumsi ASI sebelumnya. Kemudian tekstur Makanan bayi usia 6 bulan dari pure bisa dibuat semakin kental sesuai dengan pertambahan usianya. Jangan berikan bahan tambahan termasuk gula atau garam ke dalam makanan bayi usia 6 bulan karena fungsi ginjalnya belum sempurna. Rasa dari Makanan bayi usia 6 bulan dari pure asli sudah cukup memberi rasa bagi bayi.

Makanan diberikan sedikit demi sedikit pada saat pertama pemberian agar bayi terbiasa dengan rasa dan teksturnya. Jumlah pemberian makanannya bisa ditambah seiring dengan perkembangan bayi. Pemberian makanan sedikit demi sedikit juga bertujuan untuk mengetahui reaksi alergi makanan pada bayi. Biasakan bayi untuk mengkonsumsi Makanan bayi usia 6 bulan dari pure sayur karena kebanyakan anak sekarang susah untuk makan sayur sebab rasanya yang hambar. Biasakan anak untuk merasakan sayur dari usia bayi.

Resep Makanan Bayi  6 Bulan
Beberapa resep makanan bayi usia 6 bulan yang bisa menjadi referensi untuk bunda memberikan makanan pendamping ASI antara lain:

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure beras merah atau beras putih

Bahan yang disediakan:

    Beras merah secukupnya
    ASI


Cara membuat:
Beras merah atau beras putih dimasak menjadi bubur, disaring kemudian dicampur dengan ASI.

Bubur susu
Bahan yang disediakan:

    10 gram tepung beras/tepung sagu/tepung maizena/tepung hunkwe/tepung kacang hijau. Jangan gunakan tepung terigu
    20 sdm (200 ml) ASI


Caran membuat:
Masak tepung dengan sedikit air. Setelah masak tuangkan di mangkuk kemudian tambahkan dengan ASI. Sebaiknya gunakan tepung buatan sendiri.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure avokad

Bahan yang disediakan:

    50 gram avokad kupas, cuci berih, potong-potong
    3 sdm (30 ml) ASI


Caran membuat:
Blender avokad hingga lembut (tanpa tambahan air), tuang ke mangkuk makan bayi kemudian campur dengan ASI, aduk rata. Segera berikan kepada bayi.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure pisang

Bahan yang disediakan:

    50 gram pisang ambon kupas, potong-potong
    3 sdm (30 ml) ASI


Cara membuat:
Blender pisang dan ASI hingga lembut. Tuang ke mangkuk dan segera berikan kepada bayi.

Pisang juga bisa dimanfaatkan utuk mengatasi wajah kusam loh bun, yuk baca infonya di Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Dengan Mudah

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure papaya

Bahan yang disediakan:

    50 gram papaya kupas cuci bersih dan potong-potong
    3 sdm (30 ml) ASI


Cara membuat:
Blender papaya hingga lembut. Tuang Makanan bayi usia 6 bulan dari pure papaya ke mangkuk. Tambahkan ASI dan aduk rata. Segera berikan kepada bayi.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure pir dan papaya
Bahan yang disediakan:

    30 gram pir kuning, cuci bersih, kupas dan ambil daging buahnya
    25 gram papaya matang, cuci bersih, kupas dan potong-potong
    3 sdm (30 ml) ASI


Cara membuat
Pir dikukus hingga empuk. Blender pir dan papaya hingga halus. Tuang ke dalam mangkuk kemudian tambahkan ASI.

Makanan bayi usia 6 bulan dari pure apel

Bahan yang disediakan:

    50 gram apel manis, cuci bersih, kupas dan ambil dagingnya.
    2 sdm (20 ml) ASI atau jus jeruk manis


Cara membuat:
Kukus apel hingga empuk. Blender hingga lembut bersama dengan ASI atau jus jeruk manis. Sebelum diberikan ke bayi saring Makanan bayi usia 6 bulan dari pure jika perlu
Demikian tadi beberapa tips resep Makanan bayi usia 6 bulan yang bisa untuk bunda berikan pada buah hati bunda. Selamat mencoba, semoga si buah hati tumbuh dengan sehat

SHARE ARTIKEL