7 Pesan Moral yang Akan Menyadarkan Bahwa Kita Adalah Makhluk Sosial

Penulis Unknown | Ditayangkan 10 Apr 2016

Pada hakikatnya, manusia diciptakan di bumi ini sebagai makhluk sosial, yakni manusia tak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Misalnya saja, untuk bisa makan nasi, kita membutuhkan petani yang menanam padi, para buruh tani yang bekerja di sawah, orang-orang yang memanen dan membuat gabah menjadi beras yang siap jual, kemudian para distributor beras, para pedagang di pasar, hingga kemudian beras sampai di tangan kita, kita masak dan kemudian baru kita santap.

7 Pesan Moral yang Akan Menyadarkan Bahwa Kita Adalah Makhluk Sosial

Dalam proses itu saja, bayangkan sudah berapa banyak orang yang terlibat? Belum lagi kita juga membutuhkan daging, sayur, dan barang-barang lainnya seperti pakaian, furniture rumah, kendaraan, dan semua kebutuhan hidup. Tentu saja kita tak bisa menyediakan semua itu seorang diri.

Untuk itu, perlu kiranya kita renungkan bahwa sebagai manusia yang pada dasarnya sangat lemah ini, kita tidak boleh bersikap sombong dan individualis, seolah-olah tak membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Kita juga butuh keluarga, teman, saudara, dan tetangga untuk melengkapi kehidupan kita.

Agar lebih memahaminya, saksikan video berikut yang akan memberikan pesan moral kepada kita semua dan menyadarkan bahwa kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.


Itulah video singkat yang memberikan pesan-pesan moral kepada kita untuk senantiasa berlaku sebagai makhluk sosial. Semoga dengan selalu mengingat bahwa kita adalah makhluk sosial, hubungan kita dengan sesama manusia menjadi semakin baik dan mempersempit kesenjangan sosial di sekitar kita.
SHARE ARTIKEL