Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Penulis Vikky | Ditayangkan 21 Mar 2016

Orang-orang yang berprofesi sebagai tukang satu ini bisa dibilang orang-orang yang istimewa, selain raja jalanan beroda tiga, tukang satu ini juga tak takut aturan dan pihak berwenang, dan siapa lagi kalau bukan tukang becak. Tidak semua tukang becak nyebelin, tapi tukang becak mayoritas memang suka seenak sendiri. Mulai dari belok mendadak sampai potong jalur tanpa perasaan berdosa, alhasil, dari data kecelakaan, sebagian dikarenakan ulah tukang becak ini.


Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Inilah 5 keistimewaan becak.

1. Lawan arus justru kendaraan lain yang ngalah.


Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Meski sudah ada himbauan dari pihak kepolisian agar para pengguna jalan lebih berkonsentrasi ketika berlalulintas, tapi sepertinya semua itu sia-sia saja kalau ada tukang becak yang sewaktu-waktu melintas di depanmu, meskipun jalanan tersebut adalah one way road alias searah. Tukang becak bisa dibilang pengguna jalan yang anti aturan berlalulintas, jalan searah pun tetap diterobos, anehnya lagi biasanya kejadian ini juga kerap terjadi di perempatan besar yang notabene ada pos polisi di sana. Tapi, lagi-lagi tidak ada tindakan apa pun yang dilakukan aparat selain hanya membiarkan mereka lewat.

2. Bawa muatan banyak.


Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Jika dilihat dari konstruksinya, becak bukan lah kendaraan yang baik. Terutama karena posisi pengemudi di belakang menyebabkan kurang sempurnanya penglihatan ke depan. Namun desain dua roda di depan untuk menopang bagian muka harus diakui memang jenius. Ya, tidak hanya bisa muat untuk dua orang, desain ini membuat tukang becak mampu mengangkut barang bawaan yang banyaknya tidak tanggung-tanggung. Hal ini tentu saja menyalahi aturan. Jika motor membawa boks besar saja sudah membuat pengguna jalan di belakangnya kelimpungan, apalagi becak yang mengusung spring bed di atasnya? Tentu akan bikin macet jalan. Belum lagi laju kecepatan becak yang lambat akan membuat jalan jadi macet beratus-ratus meter. Ditambah kalau posisi mengikatnya kurang kuat sehingga barang bawaannya jatuh, bisa mencederai si pengemudinya sendiri atau bahkan pengguna jalan.

3. Bawa becak motor tak perlu pakai SIM.


Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Dua tahun ini cukup marak becak modifikasi, bukan manual lagi pakai tenaga manusia, tapi mengganti bagian belakangnya dengan motor bekas, dan hingga sekarang pihak kepolisian masih belum memberikan kebijakan khusus perihal becak modifikasi ini.

Meskipun sudah sah dianggap kendaraan bermotor, tapi becak motor ini masih punya keistimewaan becak biasanya. Salah satunya mereka tidak perlu membawa SIM atau STNK ketika menggunakannya untuk bekerja.

Ya, jika kamu terlalu malas untuk memperpanjang SIM atau pas kebetulan tidak ada uang untuk bayar pajak tahunan motor, sepertinya tak ada salahnya untuk memodifikasi kendaraanmu menjadi becak motor. Tak perlu khawatir soal SIM atau STNK, dan sekalian bisa buat kerja.

4. Bebas Tilang.


Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Kalau kamu perhatikan lagi, apa kamu pernah tau becak ditilang polisi? Kalau sampe terjadi pasti orang yang ngeliatnya udah mikir polisi kurang waras. Benar sekali, selain sepeda, becak juga kendaraan yang aman dari tilang. Jadi, tak perlu khawatir jika ada razia, sekalian lawan arus juga takkan kena tilang. Sebenarnya aturan tentang becak ini cukup rumit lho. Dibilang kendaraan penumpang bisa, dikatakan transportasi umum juga bisa, tapi kenapa kedudukannya begitu ringan di mata hukum? Misalnya soal tilang menilang tadi. Jika memang sudah ada aturannya, kenapa jarang sekali ditemui penindakan ketika melakukan pelanggaran? Hmm, kalau begitu urusannya berarti si polisi sendiri yang malas menegakkan hukum.

5. Selalu menang melawan kendaraan apa pun.


Wow! Inilah 5 Keistimewaan Tukang Becak Daripada Kendaraan Yang Lain

Sudah menjadi hukum tak tertulis jika kedudukan becak di jalan itu sama seperti sepeda. Jadi, jika ada kendaraan yang menabraknya walaupun posisinya tidak salah, maka becak lah yang lebih unggul. Sudah cukup sering hal ini terjadi dan realitanya memang demikian. Sehingga tak usah heran jika banyak kendaraan yang lebih baik ‘ngalah’ daripada kena apes.

Itulah 5 keistimewaan yang dimiliki tukan becak. Tapi banyak tukang becak yang menyepelekan aturan lalu lintas, mereka bertindak sesuka mereka tanpa memperhatikan keselamatan pengen dara lain.
\
(Sumber: keepo)
SHARE ARTIKEL