Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang "Update Status Sebelum Melakukan Bunuh Diri"

Penulis Vikky | Ditayangkan 22 Mar 2016

Setiap momen, dimanapun dan kapanpun selalu mereka abadikan di sosial media. Bahkan tiap detik selalu rajin update status. Ada yang memanfaatkannya untuk berbisnis, cari jodoh, dan ada pula yang menggunakan media sosial sebagaai media untuk menulis kata-kata terakhir sebelum mengakhiri hidupnya alias bunuh diri. Entah mengapa, bunuh diri dianggap sebagai jalan keluar untuk mengakhiri penderitaan. Padahal bunuh diri hanyalah menambah dosa.


Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang

Berikut 5 orang yang sebelum bunuh diri mencurahkan isi hatinya ke media sosial.

1. Akibat putus cinta, remaja bikin status mengerikan sebelum bunuh diri.

Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang

Diawali dari kisah remaja berumur 19 tahun asal Sichuan. Pemiliki akun Weibo dengan nama “Neuuuuuuuuuuuuuuu...” ini sempat update sejumlah status di akun media sosial miliknya di detik-detik terakhir ia meregang nyawa. Dalam waktu beberapa jam, status mengerikan milik remaja tersebut langsung mendapatkan 130.000 klik. Berikut status di akunnya.

Hari ini tanggal 30 November. Aku tidak tahu apakah ada rumah sakit dan toko yang buka pada jam sepagi ini. Aku sudah memikirkan baik-baik hal ini sejak lama dan memutuskan untuk pergi saja. Jangan pernah membujukku. Kuharap tak akan ada lagi luka setelah ini. Maaf jika keputusanku mengecewakan, tapi aku sudah tak tahan lagi. Tak akan ada lagi penderitaan dan rasa putus asa di dunia yang lain.

2. Dikhianati pacar, Mayang menuliskan status-status galau sebelum gantung diri.


Mayang Ariesti, siswa SMAN 7 Pontianak, nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di kamar lantaran dikhianati sang kekasih. Kesedihan yang dirasakan Mayang terlihat dari status yang ditulis di akun facebooknya.

Seperti halnya remaja lain yang masih labil kejiwaanya, Mayang juga tak ragu untuk mencurahkan apa yang dirasakannya di status Facebook pribadinya. Sejak dua bulan terakhir, Mayang selalu menulis status yang isinya galau karena cinta. Status terakhir yang ditulis Mayang sebelum ia bunuh diri:

Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang

3. Gadis Cina ini melompat dari jendela apartemen karena putus cinta.


Seorang gadis dengan akun Instagram bernama @JojoTsai1012 membuat banyak orang miris sekaligus prihatin. Dalam Instagram tersebut, sang gadis yang berasal dari negara China memposting sinyal bahwa dirinya akan melakukan bunuh diri karena tidak tahan dengan hidupnya setelah putus dari sang pacar.

Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang

Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang

Mungkin lewat jendela ini dia bunuh diri.

4. Menjadi korban kejahatan dunia maya, Amanda Todd mengunggah video sebelum bunuh diri.


Pada 10 Oktober 2012, Amanda ditemukan tewas di rumahnya. Sebelum Amanda meninggal ia sempat mengunggah sebuah video di youtube. Di video berjudul My Story: Struggling, bullying, suicide and self-harm itu Amanda tampak terdiam dan membolak-balik kartu yang berisi isi hatinya. Hingga hari ini sudah lebih dari 19 juta orang yang telah melihat video Amanda Todd.


5. Korban bullying, Izzi Dix menulis puisi di sosial media sebelum bunuh diri.


Miris! Inilah 5 Seorang Remaja Yang

Puisi ini ditulis Izzi setelah dia datang ke sebuah pesta yang diadakan teman-temannya dan ia mendapat perlakuan buruk. Ini cuplikan dari puisi berjudul I Give Up karangan Izzy.

They push me away. I stand still. My eyes glazed and absent.
They start to ask questions, As to why I am there.
They begin to tell me that nobody wants me there.
They tell me to leave and that I am not wanted.
Not there, not anywhere...


Terkadang hidup ini memang kejam, tidak adil, dan benar-benar terasa sulit. Tetapi memilih menyerah dan bunuh diri adalah tindakan seorang pengecut. Percayalah, kamu nggak pernah sendirian di bumi ini, ada orang-orang yang masih sayang padamu. Jadi manfaatkanlah hidup ini semaksimal mungkin. Teruslah mencari amal kebaikan agar tenang dan bahagia di akhirat nanti.

(Sumber: keepo)
SHARE ARTIKEL