Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Penulis Vikky | Ditayangkan 11 Mar 2016

Memiliki sebuah laptop apalagi laptop yang harganya cukup mahal mungkin membuat Anda agak khawatir tentang bagaimana perawatannya sehari-hari agar laptop tersebut tetap awet hingga lima tahun ke depan atau sampai saatnya Anda membeli laptop baru.

Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Dengan alasan itu, kali ini saya akan coba untuk berbagi tips mudah dan sederhana tentang bagaimana merawat dan menggunakan laptop sehari-hari sehingga jauh dari kata “rusak” ataupun “kotor,” khususnya bagi Anda yang sering menggunakan laptop.

1. Hindari makan dan minum di dekat laptop


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Sebelum menggunakan laptop atau perangkat elektronik lainnya, ada baiknya Anda tidak menyimpan minuman atau meminum minuman di dekat laptop, karena yang namanya kecelakaan bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun.

Dan jika Anda masih bersikeras untuk menyimpan minuman di dekat laptop, ada baiknya Anda menggunakan gelas atau wadah yang memang memiliki tutup rapat agar ketika wadah tersebut tersenggol, minuman Anda tidak akan tumpah.

Tidak hanya minuman, makanan seperti cemilan yang ketika dimakan menyisakan remeh-remeh di laptop juga sangat tidak direkomendasikan karena selain akan membuat laptop kotor, khususnya di bagian sela-sela keyboard, remeh dari makanan juga dapat menyebabkan kerusakan pada sirkuit di laptop.

2. Jangan menggunakan laptop di ruangan yang terdapat hewan peliharaan


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Memiliki hewan peliharaan mungkin dapat membuat hari-hari kita yang sepi menjadi lebih berwarna. Namun, ketika Anda menggunakan laptop, sebaiknya jauhkan hewan peliharaan, khususnya hewan peliharaan berbulu dari tempat Anda menggunakan laptop.

Alasannya, laptop memiliki sistem sirkulasi udara dimana udara dari luar ditarik masuk untuk mendinginkan komponen-komponen yang ada di dalam seperti CPU dan VGA.

Jika ada hewan peliharaan yang bulu-bulunya rontok kemudian tersedot oleh kipas pendingin, maka laptop Anda akan beresiko mengalami kerusakan pada bagian dalamnya.

Tidak hanya hewan berbulu, hewan yang tidak berbulu pun cukup mengancam keselamatan laptop Anda. Yaitu kemungkinan tersenggolnya laptop Anda oleh hewan peliharaan Anda atau mungkin tertekannya tombol tertentu yang membuat laptop menjadi error.

Berlebih-lebihan? Saya rasa tidak jika berkaitan dengan keamanan dalam menggunakan laptop.

3. Gunakan dan simpan laptop di ruangan yang bersih dan bebas dari debu


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Tidak bisa dipungkiri bahwa ruangan yang bersih dan bebas debu itu memiliki manfaat yang besar. Selain dapat memanjakan mata kita, ruangan yang bersih dan bebas debu juga biasanya bebas dari sumber-sumber penyakit dan serangga-serangga pengganggu.

Ruangan tersebut juga sangat pas digunakan sebagai ruangan untuk menggunakan laptop karena laptop akan dapat menggunakan fungsi pendinginnya tanpa harus khawatir menghisap debu ke bagian dalam laptop.

4. Selalu bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan laptop


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Selain dengan membersihkan tangan sebelum menggunakan laptop membuat Anda tidak harus sering membersihkan laptop Anda, tangan yang bersih juga akan memudahkan Anda dalam menggunakan laptop seperti menggunakan Touch Pad, Keyboard, serta layar sentuhnya.

5. Selalu gunakan laptop dengan posisi terbaik.


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Posisi terbaik disini bukan hanya posisi yang nyaman bagi pengguna saja, melainkan posisi yang baik untuk laptop dimana posisi yang baik tersebut adalah posisi dimana laptop dapat mengalirkan udara dengan baik.

Atau jika Anda mau, Anda dapat menambahkan cooling pad agar laptop dapat lebih baik lagi melakukan sirkulasi udara demi mendinginkan bagian dalam laptop.

6. Gunakan case atau tas khusus laptop ketika bepergian.


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Fungsi utama yang membedakan laptop dengan komputer pada umumnya adalah di bagian portabilitas. Namun, ketika kita bergerak membawa laptop benturan ataupun gesekan akan sangat sering terjadi sehingga membuat laptop yang kita bawa terancam.

Dengan menggunakan wadah khusus laptop ataupun tas khusus laptop, dampak dari benturan atau gesekan dapat diminimalisir sehingga laptop Anda akan aman dari gesekan atau benturan.

7. Soal baterai.


Inilah 7 Tips Aman dan Mudah Sebelum Menggunakan Laptop Anda

Banyak yang percaya bahwa baterai laptop jika tidak dilepas ketika digunakan itu akan membuat baterai menjadi kembung dan drop. Mungkin hal tersebut memang benar 10 tahun yang lalu ketika laptop masih menggunakan baterai jenis Ni-MH.

Tapi sekarang, kebanyakan laptop sudah menggunakan baterai berbasis Lithium sehingga mau dilepas atau tidak, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja baterai. Satu hal yang mempengaruhi cepat habisnya baterai lithium adalah umur dari baterai tersebut.

Bagi Anda masih tetap ingin melepas baterai dari laptop dan menyimpannya, satu hal soal baterai yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda tidak akan menggunakannya dalam waktu lama. Bagi Anda yang memiliki rencana seperti itu, sangatlah direkomendasikan untuk Anda menyimpan baterai di tempat yang kering dan terdapat sirkulasi udara yang baik agar baterai tidak diserang jamur.

(Sumber: plimbi.com)
SHARE ARTIKEL