Suka Makan atau Ngemil Tengah Malam? Mulai Sekarang Hentikan Kebiasaan Itu, Inilah Bahayanya

Penulis Unknown | Ditayangkan 28 Dec 2015


Pernah nggak kamu terbangun tengah malam gara-gara merasa lapar? Bawaannya pengen pergi ke dapur, buka kulkas dan mencari sisa makan malam yang ada. Apalagi buat kamu yang suka begadang atau insomnia, pasti malam-malam sering mencari-cari cemilan atau membuat mie instan untuk teman begadang.

Suka Makan atau Ngemil Tengah Malam? Mulai Sekarang Hentikan Kebiasaan Itu, Inilah Bahayanya

Buat kamu yang punya kebiasaan seperti ini, atau bahkan hampir tiap malam melakukan hal ini, sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang.

Dikutip dari cctvnews,makan tengah malam memiliki dampak yang buruk karena bisa merusak memori otak, sehingga dapat menyebabkan ‘pikun’. Pikun di sini lebih ke susah mengingat obyek yang baru ditemui dan juga kemampuan mengenali orang menjadi berkurang.

Suka Makan atau Ngemil Tengah Malam? Mulai Sekarang Hentikan Kebiasaan Itu, Inilah Bahayanya

Peneliti dari University of California, Los Angeles menguji teori ini pada sekelompok tikus. Tikus yang diberi makan pada saat jam tidur ternyata daya ingatnya menjadi berkurang. Tak hanya itu saja, memori jangka panjang mereka mulai terkikis sedikit demi sedikit.

Para peneliti mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan kurangnya kadar protein yang disebut CREB. Protein ini biasa diproduksi saat manusia sedang tidur. Namun jika jam tidur manusia berkurang dan ditambah dengan masuknya makanan bisa berakibat buruk pada kesehatan manusia.

Ternyata kebiasaan makan di tengah malam yang biasa kamu anggap sepeleh ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan, terutama otak. Nggak mau kan masih muda tapi udah pikunan? Gimana nanti kalau sudah tua. So, buang jauh-jauh kebiasaan makan atau ngemil tengah malam. Semua itu demi kebaikan diri sendiri. Kalau bukan kita yang memulai, lalu siapa lagi?

SHARE ARTIKEL