Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mengalami Serangan STROKE Mendadak

Penulis Unknown | Ditayangkan 03 Dec 2015


Menurut kamus besar Wikipedia, Stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak. Terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, atau jika robek atau bocor.

Stroke, atau cerebrovascular accident (CVA), adalah hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi karena iskemia (berkurangnya aliran darah) dikarenakan oleh penyumbatan (thrombosis, arterial embolism), atau adanya haemorrhage (pendarahan).

Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mengalami Serangan STROKE Mendadak

Orang yang terkena STROKE mendadak (jatuh dari WC dsb), pembuluh darah ke otak akan pecah sedikit demi sedikit. Ingat, untuk mengatasi hal ini janganlah gugup/panik. Jika korban berada di tempat kejadian seperti di kamar mandi/ruang tidur/ruang tamu dll. JANGAN dipindah-pindahkan ke tempat lain, karena akan mempercepat pecahnya pembuluh darah, dan janganlah sampai dia terjatuh lagi.

Untuk mengatasi keadaan darurat ini, caranya adalah dengan mengeluarkan darah korban dengan menggunakan jarum yang telah dibakar/disteril dan kemudian ditusukkan ke ujung setiap jari masing-masing sampai darahnya keluar± 1-2 tetes. Kalau darahnya tidak keluar dapat diurut sampai keluar, sesudah itu korban akan sadar setelah beberapa menit kemudian. Jika korban mulutnya miring, tariklah kedua daun telinganya sampai merah dan langsung tusuk bagian bawah daun telinga dengan jarum steril sampai darah keluar ± 1-2 tetes. Setelah korban sadar dan mulutnya sudah pulih kembali, barulah dibawa ke dokter/RS.

Pertolongan Pertama Pada Orang yang Mengalami Serangan STROKE Mendadak

Biasanya orang yang terkena STROKE pembuluh darahnya akan lebih cepat pecah karena goncangan dalam perjalanan ke RS/dokter. Orang tersebut dapat tidak sadar kembali/pingsan dan biasanya akan cacat/lumpuh.

Kita harus ingat dengan MENGELUARKAN DARAH dari jari orang yang terkena STROKE, berarti kita sudah bisa menolong orang tersebut dari penyakit STROKE.

Informasi ini silahkan dibagikan kepada teman, saudara, kerabat atau siapa saja yang bisa jadi hal ini akan sangat dibutuhkan sewaktu-waktu dalam keadaan darurat. Siapa saja bisa terserang stroke, dan stroke bisa menyerang kapan dan dimana saja.

Semoga informasi ini dapat membantu menyelamatkan banyak orang yang mengalami serangan stroke secara mendadak. Jika banyak yang tahu akan informasi ini, maka akan semakin banyak penderita stroke yang terselamatkan. Silahkan share & bagikan ke temen-temen biar semakin banyak yang tahu dan tulisan ini menjadi lebih banyak bermanfaat

Wallahua'lambishawab...

Sumber : Sharing dari sebuah Laman Facebook
SHARE ARTIKEL