Tak Sadar, 3 Kebiasaan Ini Sama Buruknya dengan Merokok

Penulis Unknown | Ditayangkan 04 Oct 2015


Kita tahu dan sadar bahwa merokok dapat mengganggu kesehatan. Berbagai studi pun menunjukkan berbagai dampak buruk dari merokok. Mulai dari penyakit pernapasan, jantung, impoten, kehilangan penciuman, hingga kanker. Namun, sebenarnya tak cuma merokok yang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan hingga sebegitu parahnya.

Tak Sadar, 3 Kebiasaan Ini Sama Buruknya dengan Merokok
3 Kebiasaan yang Sama Buruknya dengan Merokok

Berikut seperti dilansir dari laman Prevention, ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang berdampak buruk bagi kesehatan yang hampir sama buruknya dengan merokok :

Tak Sadar, 3 Kebiasaan Ini Sama Buruknya dengan Merokok
Kebiasaan buruk

1. Duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dikaitkan berbagai masalah kesehatan meski di lain waktu aktif berolahraga. Menurut Alberta Health Services-Cancer Care di Kanada, terlalu lama duduk terkait dengan kasus kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker paru-paru setiap tahun.
Menurut mereka jumlah orang yang terkena penyakit akibat terlalu lama duduk sekitar 2/3 kasus dari kasus kanker akibat rokok.

2. Makan terlalu banyak daging dan keju

Protein hewani kaya dengan IGF-1, hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel kanker. Dalam studi yang dipublikasikan University of Southern California, Amerika Serikat, orang yang konsumsi protein hewani selama usia pertengahan berpotensi empat kali lipat terkena kanker dibandingkan yang konsumsi rendah protein.

3. Kurang tidur

Sepertinya ini adalah hal sepeleh, namun kurang tidur mampu membuat aneka masalah kronis seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Bahkan jika siklus terganggu mampu mempercepat pertumbuhan tumor.

Ternyata secara tidak sadar, 3 hal yang sering kita lakukan tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang bisa saja berujung pada kematian. Untuk itu, mulai saat ini marilah kita menjaga kesehatan tubuh kita dengan pola makan dan pola hidup yang baik agar terhindar dari penyakit-penyakit kronis yang mematikan.

SHARE ARTIKEL