Unik, Pelangi Berbentuk Sayap Burung Ini Hebohkan Dunia

Penulis Unknown | Ditayangkan 24 Aug 2015



Siapa yang tidak suka melihat indahnya warna warni pelangi yang biasanya terlihat ketika hujan sudah mulai reda. Ya, pelangi merupakan salah satu fenomena alam yang paling disukai oleh banyak orang.

Pelangi biasanya yang kita tahu berbentuk lengkungan setengah lingkaran dan hanya berlangsung sebentar saja. Namun, baru-baru ini dunia dihebohkan dengan munculnya pelangi dengan bentuk yang tak biasa, yaitu menyerupai sayap burung. Anehnya lagi, pelangi ini bisa dilihat dalam waktu yang cukup lama, yakni lebih dari satu jam.

Unik, Pelangi Berbentuk Sayap Burung Ini Hebohkan Dunia
Pelangi berbentuk sayap burung

Dilansir dari dailymail, Jumat (21/8), pelangi berbentuk unik sekaligus aneh ini muncul di daerah South Carolina, Isle of Palms, Amerika Serikat pada hari minggu lalu. Lamanya kemunculan pelangi ini membuat beberapa warga sempat mengabadikannya ke dalam foto dan mengunggahnya ke media sosial.

Menurut beberapa ilmuwan, fenomena ini sering disebut dengan busur circumhorizontal. Fenomena seperti ini pertama kali muncul pada tahun 2006 di Washington, Amerika Serikat. Pelangi ini hanya bisa muncul di awan cirrus dengan ketinggian 18.000 kaki. Mereka muncul secara sedkit demi sedikit dan terbuat dari kristal es kecil.

"Untuk menghasilkan warna pelangi, sinar matahari harus memasukkan kristal es pada sudut yang tepat untuk memberikan efek prisma spektrum warna pada ketinggian minimal 58 derajat di atas cakrawala," ujar salah seorang meteorologi, Justin Lock.

Oleh karena itu, pelangi berbentuk sayap burung ini hanya bisa terjadi di tempat-tempat tertentu saja. Kebanyakan di daerah Amerika Serika bagian selatan. Sedangkan untuk negara-negara Eropa jarang mendapatkan fenomena indah ini.


SHARE ARTIKEL