Nyata, 4 Makhluk Ini Bisa Ciptakan Zombie

Penulis Unknown | Ditayangkan 10 Aug 2015



Zombie biasanya kita temukan di film horror atau dalam game. Namun, ternyata ada makhluk di dunia ini yang benar-benar bisa menciptakan zombie. Meski zombie tersebut berbeda dengan yang digambarkan dalam film Hollywoodatau dalam sebuah permainan.

Ternyata ada banyak jenis makhluk hidup parasit yang memiliki kemampuan merebut kesadaran tubuh inangnya. Bahkan, salah satu organisme tersebut bisa mempengaruhi pikiran manusia. Wow, sangat mengerikan bukan?
Nyata, 4 Makhluk Ini Bisa Ciptakan Zombie
Telur tawon yang bersarang pada kulit ulat

Berikut 4 makhluk parasit tersebut seperti yang dilansir oleh laman Iflscience :

1. Ophicordyceps unilateralis


Alam tropis bukan tempat hidup yang mudah bagi organisme jamur. Kelembapan dan temperatur yang fluktuatif mengakibatkan sedikitnya spesies jamur yang hidup di iklim ini. Namun, dari sekian jumlah spesies jamur di daerah tropis, ada satu genus jamur yang mengembangkan keahlian khusus.

Spesies Ophicordyceps unilateralis, misalnya, memanfaatkan tubuh semut pohon. Setelah menempel, jamur ini memanipulasi gerakan semut sehingga tubuh inang keluar dari sarangnya. Jamur ini menggiring semut berlindung di balik selembar daun dan membunuhnya. Bagian tubuh jamur akan menyusup ke kepala semut dan merobeknya.

2. Cacing rambut kuda


Cacing rambut kuda memiliki alur kehidupan yang menarik. Perjalanan cacing ini bermula ketika nyamuk memangsa mereka saat masih larva di perairan. Mereka akan berpindah tempat saat jangkrik memangsa nyamuk tadi. Di dalam perut jangkrik kecil, hebatnya sang cacing bisa tumbuh hingga panjang 30 sentimeter. Normalnya sebuah jangkrik selalu menghindari air.

Serangga yang terinfeksi cacing justru mencari air. Mereka terbang mencari air lalu menghantamkan diri ke dalamnya hingga tewas. Cacing membutuhkan air untuk melengkapi siklus hidupnya. Peneliti memperkirakan jenis cacing ini menghasilkan neurotrasmitter dalam tubuh inang. Akibatnya, perilaku jangkrik abnormal.

3. Tawon


Kebanyakan orang berpikir tawon hanya bisa menyengat. Padahal mayoritas tawon justru punya kemampuan lebih mengerikan yaitu parasitoid. Keadaan itu terjadi saat hewan meminjam tubuh organisme lain untuk membesarkan telurnya. Tidak hanya menumpang hidup, larvanya akan memperalat tubuh organisme inang dalam keadaan hidup.

Spesies Glypatapanteles sanggup menyarangkan 80 telur ke kulit seekor ulat. Setelah menetas, larva akan melahap tubuh ulat dan segera berubah menjadi kepompong. Anehnya, ulat ini akan melindungi larva yang menyusupinya dengan sifat yang tidak biasa sampai mereka tidak makan dan bertarung dengan hewan pemangsa lain.

4. Toxoplasma gondii


Organisme ini jenis parasit yang paling dekat dengan manusia. Toxoplasma gondii, nama organisme yang hanya bisa bereproduksi di tubuh kucing ini, menyebabkan fenomena yang disebut fatal attraction syndrome. Sesuai nama sindromnya, tubuh yang ditumpangi organisme ini akan berperilaku aneh.

Ajaibnya, tikus yang pernah ditumpangi parasit ini memiliki kemungkinan tertangkap lebih tinggi oleh kucing. Selain itu manusia yang juga mudah sekali dijangkiti parasit ini dan cenderung memiliki reaksi yang lebih lamban dan tidak terganggu dengan bau urine kucing atau bahkan menikmatinya.

Mungkin lantaran kedekatannya dengan kucing itulah, organisme tersebut ditemukan di antara 22 hingga 84 persen populasi manusia yang hidup di Bumi. Meski demikian, para ahli yang terlibat dalam penelitian ini menyatakan mereka masih perlu melakukan pengujian lebih lanjut terhadap temuan yang mengejutkan ini.


SHARE ARTIKEL