12 Kiat Agar Sholat Khusyuk dan Sempurna, Muslim WAJIB BACA!

Penulis Unknown | Ditayangkan 11 Aug 2015

Asholatu imaduddin… Sholat adalah tiang agama. Begitu pentingnya sholat bagi seorang muslim dan muslimah yang beriman, sehingga kita tidak diperbolehkan untuk meninggalkan sholat. Namun, tak sekedar melakukan gerakan sholat saja, tapi dalam melakukan sholat hendaknya dilakukan secara khusyuk.

Kekhusyukan dalam sholat dapat membuat hati siapa saja yang melakukannya menjadi tenang, damai, dan tentram. Sholat juga mampu menjadi pemersatu muslim di seluruh dunia. Jika sholat dikerjakan secara bersama-sama atau berjamaah, maka akan menjadikan kekuatan bagi orang-orang muslim.
12 Kiat Agar Sholat Khusyuk dan Sempurna, Muslim WAJIB BACA!
Umat Islam yang sedang menunaikan sholat berjamaah

Begitu pentingnya kekhusyukan dalam sholat, maka barangsiapa yang hendak mengerjakan sholat, hendaknya memperhatikan 12 hal ini. Enam hal diantaranya dilakukan ketika sebelum memulai sholat, dan enam lainnya dilakukan ketika sholat. 12 hal tersebut antara lain :

1.        Ilmu pengetahuan

2.        Wudhu
Sebelum mengerjakan sholat, diwajibkan untuk berwudhu dahulu. Karena sholat harus dalam keadaan suci dan bersih.

3.        Pakaian
Karena ketika sholat kita diwajibkan dalam keadaan yang bersih, bebas dari najis dan kotoran, maka pakaian pun juga harus dipastikan tidak kotor maupun terkena najis. Pakaian ini juga berfungsi sebagai penutup aurat. Bagi laki-laki baiknya mengenakan busana muslim dan sarung atau celana panjang, bagi perempuan baiknya mengenakan mukena.

4.        Memelihara waktu
Maksudnya hendaknya kamu melakukan tepat waktu ketika tiba waktunya. Jangan mengulur-ulur waktu sholat walaupun waktu yang disediakan panjang.

5.        Menghadap kiblat
Sholat diwajibkan menghadap ke arah kiblat / Masjidilharam, dimanapun kamu berada.

6.        Niat
Setiap hal yang baik harus diawali dengan niat yang baik pula, begitu juga dalam melaksanakan sholat.

7.        Takbiratul ihram.

8.        Berdiri
Sholat sebaiknya dilakukan dengan berdiri, kecuali untuk orang yang sedang sakit, dapat dilakukan dengan duduk, jika tidak bisa dengan duduk maka lakukanlah dengan tidur, jika tidak bisa maka dapat dilakukan dengan kedipan mata.

9.        Membaca ayat Al-Qur'an
Tak perlu ayat yang panjang, boleh pendek asal kita tahu harakatnya dengan baik.

10.    Rukuk

11.    Sujud
Dan bersujudlah kamu kepada Allah SWT.

12.    Duduk


Jika telah dilakukan ke-12 hal tersebut, dan ditambah satu hal lagi yaitu sembahlah Allah dengan ikhlas, maka insya Allah sempurnalah sholat kita. Aamiin ya robbal 'alamiin.Wallahu A'lam Bish-shawab.
SHARE ARTIKEL