Waspada! Ada Merica Palsu Terbuat dari Semen

Penulis Unknown | Ditayangkan 10 Jun 2015



Penemuan bahan makanan palsu dan berbahaya kini semakin marak, terutama menjelang bulan Ramadhan. Belum tuntas isu mengenai beras yang diduga dibuat dari bahan kimia atau beras plastik dan kemiri dari bahan tepung, sekang sudah muncul soal beredarnya merica yang dibuat dari semen dan tepung.
Waspada! Ada Merica Palsu Terbuat dari Semen

Ditemukan merica yang diduga palsu berbahan semen di salah satu pasar desa di Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu, 7 Juni 2015. Hadi Supeno, Wakil Bupati Banjarnegara mengatakan, pemerintah setempat telah melaporkan temuan ini ke polisi.

Tak hanya ditemukan di Banjarnegara, merica yang diduga palsu ini sebelumnya juga ditemukan beredar di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Kasus ini kemudian ditindaklanjuti dengan razia digelar Kepolisian Sektor Wedarijaksa ke sejumlah warung dan kios sembako.

Merica palsu ini beredar dan dijajakan di pasar-pasar tradisional di Banjarnegara. Tetapi, Kepala Polres Banjarnegara Jawa Tengah Ajun Komisaris Besar Wika Hardianto memastikan merica palsu yang beredar di beberapa pasar tradisional wilayah itu bukan dari bahan semen.

"Itu mericanya bahannya dari tepung yang dikeraskan dibuat bulat-bulat, bukan dari semen," kata Wika.

Pihak Polres menduga, merica palsu itu sengaja dibuat agar berat dalam setiap kemasan bertambah, sehingga merica yang seharusnya dijual dengan harga standar bisa menjadi lebih murah.
Hingga saat ini, pihak Polres masih berusaha mencari pemasok yang mengedarkan merica palsu tersebut. Sedangkan, penjualnya sedang diselidiki.



SHARE ARTIKEL