Soal Ujian Masuk SD Ini Gegerkan Internet, Berani Coba?

Penulis Unknown | Ditayangkan 19 Jun 2015



Punya anak, adik, atau keponakan yang mau masuk Sekolah Dasar (SD)? Mungkin sebelum masuk, mereka akan diuji oleh para guru sebagai syarat untuk bisa masuk di sekolah tersebut. Secara umum, ujian masuk itu tergolong mudah, karena untuk anak-anak dengan usia 6-7 tahun. Mungkin ujian itu berupa test membaca, menulis dan berhitung.

Soal Ujian Masuk SD Ini Gegerkan Internet, Berani Coba?

Berbeda dengan soal ujian masuk sekolah dasar di Hong Kong ini. Sebuah teta teki logika yang mereka berikan untuk anak usia 6 tahun itu mampu membuat puyeng para pengguna internet. Namun, pada dasarnya soal tersebut memiliki pemecahan yang begitu sederhana, sehingga seorang anak kecil pun dapat menyelesaikannya dalam hitungan detik.

Teka teki yang sedang viral sekarang ini berasal dari soal ujian masuk sekolah dasar Hong Kong untuk anak usia 6 tahun, yang wajib diselesaikan dalam 20 detik. Seperti apa soalnya?

Soal :

Soal Ujian Masuk SD Ini Gegerkan Internet, Berani Coba?

Ujian ini, menampilkan sebuah gambar 6 tempat parkir dengan sebuah angka di setiap tempat parkir. Ada sebuah mobil terparkir di salah satu tempat itu dan menutupi angkanya. (lihat gambar)

Siswa diminta untuk menentukan angka pada posisi mobil yang terparkir.

Jadi, angka yang terlihat itu adalah 16, 06, 68, 88, ..., 98. Angka ke-5 tak diketahui karena tertutup mobil. Nah, berapa angka yang tertutup itu?

Coba jawab terlebih dahulu sebelum melihat kunci jawabannya… J
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

Jawabannya :

Sekilas soal ini seperti logika atau aljabar yang butuh perhitungan yang njelimet.
Tapi, seperti nanti akan terlihat, pemecahaannya jauh lebih mudah dari kesan pertamanya dan sama sekali tidak membutuhkan rumus dalam penyelesaiannya. Begini penjelasannya.

Triknya adalah membalik gambar itu, sehingga angka-angka itu jadi terbalik. (Lihat gambar di bawah)

Soal Ujian Masuk SD Ini Gegerkan Internet, Berani Coba?

Sebelumnya, angka yang terlihat adalah 16, 06, 68, 88,..., 98.
Setelah dibalik, angka itu menjadi 86,..., 88, 89, 90, 91.

Dengan urutan demikian, jelaslah bahwa angka yang tak tertutupi mobil itu adalah angka 87.
Orang dewasa cenderung berpikir terlalu berlebihan atas soal itu dan secara keliru mengira bahwa solusinya berada di dalam perhitungan matematika yang kompleks. Itu sebabnya banyak orang yang tak bisa memecahkan soal ini.

Tapi, anak-anak, yang cenderung melihat segala hal dari berbagai sudut, akan segera menangkap kesederhanaan teka teki ini dan menemukan jawaban yang benar.

David Bodycombe, pengembang teka teki Inggris, mengatakan kepada The Guardian bahwa soal logika tempat parkir ini adalah gagasannya, yang diilhami sebuah mobil yang terpakir di Portugal 20 tahun lalu.


SHARE ARTIKEL