Heboh! ‘Setan Kopi Luwak’ Gentayangan Gegerkan Warga

Penulis Unknown | Ditayangkan 25 May 2015



Suka minum kopi luwak? Pernah tidak membayangkan ada hantu ‘setan kopi luwak’? Mungkin jika membayangkan hal ini, Anda akan ketakutan saat menyantap kopi luwak, atau kehilangan selera untuk minum kopi luwak yang nikmat tersebut.

Isu berbau mistis tentang makhluk gaib atau hantu gentayangan ini seringkali menghebohkan. Padahal jaman sudah semakin maju dan canggih. Namun, isu-isu seperti itu masih saja dipercaya dan membuat ketakutan, bahkan menimbulkan kehebohan.
Heboh! ‘Setan Kopi Luwak’ Gentayangan Gegerkan Warga

Hal ini dirasakan oleh warga Sukatani yang belakangan ini kerap mendengar isu soal adanya hantu dengan sebutan ‘setan kopi luwak’. Lho, kenapa namanya kopi luwak? Karena setiap kemunculannya  selalu ada tanda atau ciri khas seperti aroma kopi luwak. Baunya sangat pekat hingga membuat orang yang mencium aromanya menjadi pusing.

Meski belum pernah ada yang melihat secara langsung atau mengetahui wujud dari ‘setan kopi luwak’ itu, namun banyak yang menduga kalau setan yang dimaksud tersebut adalah tuyul.
Konon katanya, setiap kali tercium bau kopi luwak, pasti ada saja uang warga yang hilang. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Namun, itu hanyalah dugaan dari warga.

Isu itu muncul sejak 2014 lalu. Kemunculan ‘setan kopi luwak’ ini biasanya dua bulan sekali. Hampir setiap hari isu munculnya setan itu terdengar. Namun, semakin lama, isu itu pun semakin berkurang.

Menurut salah seorang warga, ‘setan kopi luwak’ itu terakhir muncul dua bulan yang lalu, muncul lagi satu minggu, kemudian hilang lagi dan entah sampai berapa lama.

Banyak masyarakat yang mengaitkan isu itu dengan pesugihan tuyul. Ahmad (57), tokoh masyarakat Sukatani, justru khawatir jika isu itu semakin berkembang dan bisa memicu konflik antar warga. Ia selalu mengatakan kepada warga bahwa itu hanya buangan limba pabrik dari Cikarang yang bercampur dengan macam-macam limbah yang lain, sehingga baunya menyerupai bau kopi luwak. Terlebih kampung tersebut juga dilewati oleh kali.

Menurutnya, hal seperti ini sulit untuk dibuktikan. Ia juga khawatir jika hal ini bisa menimbulkan konflik antar warga.

Hiii… serem juga ya. Semoga saja itu hanya isu belaka dan benar seperti apa yang dikatakan masyarakat setempat jika aroma kopi luwak itu berasal dari bau limbah pabrik, bukan tanda kemunculan setan yang bergentayangan.
SHARE ARTIKEL