Jajanan Anak yang Baik Menurut Islam

 29 Mar 2015  Unknown
Islam adalah agama yang sempurna. Islam mengatur segala aspek kehidupan manusia. Tidak hanya tentang hubungan antara manusia dan Sang Khaliq, hubungan manusia dan menusia, hubungan manusia dengan alam sekitar, dan lain-lain. Semua telah di atur dalam Islam, bahkan hal-hal kecil pun juga telah di atur. 2 pegangan yang harus dipegang teguh adalah Al Qur’an dan Hadits yang di dalamnya telah dijelaskan banyak hal.
Jajanan Anak yang Baik Menurut Islam
Jajanan Anak yang Baik Menurut Islam

Islam juga telah mengatur tentang makanan. Dalam Islam, makanan bukan hanya sekedar mengenai hukum halal dan haram saja, tetapi kualitas (kandungan gizi) dan efek makanan terhadap kesehatan tubuh.

Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi makanan yang salah. Maka tak heran bila Rasulullah sangat memperhatikan masalah tentang makanan. Dalam Al Qur’an pun telah disebutkan salah satu prinsip makanan sehat adalah tidak berlebih-lebihan.

Kemudian prinsip lain adalah halalan tayyiban, selain itu memenuhi standar halal makanan yang banyak disebutkan dalam Al Qur’an maupun Hadits. Sementara istilah tayyiban disini yakni kualitas kandungan gizi atau nutrisi dalam makanan. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga makanan yang kita makan. Selain itu, kita sebagai orang tua juga wajib hukumnya untuk menjaga makanan yang anak kita makan. Oleh sebab itu, sudah selayaknya kita sebagai orang tua untuk mencegah buah hati kita jajan sembarangan.

Di zaman sekarang ini, kerap kita mendengar kabar tentang bahaya jajan anak yang mengandung bahan-bahan yang tidak selayaknya digunakan untuk bahan makanan, sehingga seringkali anak-anak mengalami keracunan setelah mengkonsumsi jajanan yang biasanya dijual di depan sekolah. Selain menggunakan bahan-bahan berbahaya, penjual yang curang kadang menjual makanan yang telah basi. Hal-hal seperti ini sangat meresahkan bagi para orang tua.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat diperlukan agar anak-anak mereka tidak jajan sembarangan. Orang tua, khususnya para ibu, harus memberi pengertian tentang bahaya jajanan tersebut kepada anaknya. Para orang tua harus berusaha ekstra untuk memberikan pengertian kepada anaknya yang sudah terlanjur terbiasa jajan sembarangan agar tidak lagi mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Berikut adalah beberapa tips agar anak tidak jajan sembarangan di sekolah :

1.    Mengkonsumsi makanan sehat di rumah
Para orang tua, terutama ibu harus memberi contoh kepada anaknya untuk mengkonsumsi makanan yang sehat saat di rumah, termasuk cemilan. Berikan mereka cemilan yang tidak hanya enak, namun juga mempunyai nilai gizi. Akan lebih baik jika cemilan tersebut anda buat sendiri. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak anda untuk mencuci tangan mereka sebelum dan sesudah makan, agar makanan yang masuk ke perut bebas dari kuman penyakit.

2.    Membawakan bekal sekolah
Bekali anak anda dengan makanan yang sehat dan lebih baik lagi jika dibuat oleh ibu mereka sendiri. Buat variasi menu bekal tersebut agar anak tidak bosan. Buat tampilan dan rasanya semenarik mungkin yang disukai oleh anak-anak agar mereka tertarik untuk mengkonsumsinya dan tidak lagi membeli jajanan di luar sekolah.

3.    Membatasi uang jajan
Uang saku yang berlebihan akan mendorong anak untuk bersikap konsumtif. Dengan uang tersebut mereka akan merasa memiliki kemampuan untuk memberli apapun yang diinginkan, meskipun berbahaya bagi kesehatan. Karena anak-anak tidah sadar akan hal itu. Maka, batasi uang saku mereka. Berikan seperlunya saja.

4.    Menjelaskan bahaya jajan sembarangan.
Anak jaman sekarang cenderung kritis. Tidak bisa menerima begitu saja larangan yang diberikan orang tuanya. Karena itu para orang tua harus memberi pengertian yang mudah dicerna oleh anak-anak. Berikan alasan serta contoh kasus-kasus yang telah terjadi akibat membeli jajan sembarangan.

Selain beberapa tips di atas, para orang tua bisa menyarankan kepada pihak sekolah agar menyediakan kantin sekolah yang menjual jajanan yang disukai oleh anak-anak namun higienis dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.

Buah hati adalah segalanya, kesehatan mereka pun juga amat berharga bagi kita. Berikan yang terbaik untuk anak kita mulai dari pendidikan, perhatian, serta makanan yang mereka makan sehari-hari. Karena mereka kelak akan menjadi generasi penerus bangsa dan menjadi kebanggaan untuk kita.

Demikian sobat wajibbaca.com ulasan tentang jajanan anak yang baik menurut Islam. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan buah hati anda.