Apa sih BPJS PCare Itu? Bagaimana Cara Menggunakan BPJS PCare

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 26 Dec 2019

Apa sih BPJS PCare Itu? Bagaimana Cara Menggunakan BPJS PCare

Halaman depan BPJS PCare - Image from wajibbaca.com

Apa sih BPJS PCare Itu? Bagaimana Cara Menggunakan BPJS PCare Yuk, ketahui manfaat BPJS PCare dan cara klaimnya disini.

BPJS Kesehatan makin meningkatkan pelayanannya, salah satunya yaitu dengan meluncurkan aplikasi BPJS PCare. Apa itu BPJS PCare, dan apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga :
1. Biaya Operasi Katarak Terbaru 2020
2. 9 Sistem Organ Manusia Beserta Fungsinya
3. Cara Diet Ketogenik dan Menunya untuk Pemula 

BPJS PCare Kesehatan

Semua orang pasti sudah tahu apa manfaat BPJS Kesehatan bagi kesehatan masyarakat. Seperti yang tertuang dalam peraturan pemerintah, sebenarnya setiap warga negara Indonesia wajib ikut serta dalam keanggotaan layanan kesehatan ini.

Salah satu kelebihan utama dari BPJS Kesehatan adalah sudah banyak menjalin kerjasama dengan berbagai penyedia layanan kesehatan, baik itu instansi pemerintah maupun swasta.

Dengan setoran bulanan yang terjangkau, segala fasilitas kesehatan akan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS. Namun karena adanya kewajiban menjadi anggota, otomatis membuat jumlah peserta yang sebelumnya ditargetkan sebanyak 250 juta orang, mengalami ledakan pasien di luar dugaan.

Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya rumah sakit, puskesmas atau instansi kesehatan lainnya yang melaporkan masalah antrian tersebut. Tidak hanya mengganggu kenyamanan, antrean yang membludak tersebut menyebabkan efisiensi fasilitas kesehatan pun menjadi terganggu.

Permasalahan ini pun cukup menjadi sorotan umum, yang mana kemudian banyak media yang menyarankan pembuatan sistem khusus, yang bertujuan untuk mempermudah BPJS supaya fasilitasnya bisa digunakan oleh peserta sesuai dengan harapan.

Oleh karena itu, pihak BPJS Kesehatan akhirnya meluncurkan sistem informasi berbasis web dan juga aplikasi yang disediakan untuk fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama bernama BPJS Pcare.

Aplikasi tersebut, menawarkan fasilitas untuk faskes tingkat pertama, seperti kunjungan ke puskesmas, klinik, ataupun laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan.

Aplikasi itu bisa digunakan peserta faskes tingkat pertama untuk mengajukan pengobatan ataupun sekedar mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes tingkat pertama yang dituju.

Untuk bisa menggunakannya, langkah pertama Anda harus mengunduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan di Google Play Store, untuk sementara hanya untuk sistem operasi Android. Anda tidak akan dikenakan biaya ketika mengunduh aplikasi tersebut.

Kemudian Anda harus melakukan pendaftaran offline di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Hal ini bertujuan agar pihak instansi kesehatan dapat langsung mengakses data pribadi Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan ketika melakukan kunjungan ke faskes.

Aplikasi PCare BPJS Kesehatan masih belum bisa digunakan untuk umum. Jadi, tidak semua orang bisa menggunakan layanan ini.

Adapun pihak-pihak yang mendapatkan izin adalah instansi kesehatan yang sudah resmi melakukan pendaftaran ke BPJS dan telah diberikan akses username dan password untuk mengakses aplikasi tersebut.

Aplikasi PCare memiliki beberapa fitur antara lain :

  • Informasi tagihan.
  • Tata cara mendaftarkan peserta BPJS Kesehatan secara mandiri atau instansi.
  • Pencarian fasilitas kesehatan terdekat.

Aplikasi ini akan membuat peserta BPJS Kesehatan mendapatkan kemudahan seperti :

  • Pendaftaran yang lebih praktis.
  • Data pasien terintegrasi.
  • Proses diagnosis lebih cepat.
  • Proses rujukan menjadi lebih mudah.

Cara Mengakses BPJS PCare Online

Berikut cara mudah mengakses BPJS PCare :

  1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan atau unduh aplikasi PCare di Google Play Store (Sementara untuk sistem operasi Android saja).vMasukkan username dan password yang didapatkan dari pendaftaran offline di kantor BPJS Kesehatan terdekat.
  2. Setelah login, Anda akan masuk ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisikan indeks tentang pasien.
  3. Pilih menu pelayanan. 
  4. Setelah masuk, Anda bisa memanfaatkan PCare untuk mendapatkan sejumlah fasilitas dari BPJS Kesehatan.
  5. Terdapat 2 opsi dalam menu ini, yaitu pendaftaran dan pelayanan.
  6. Apabila Anda merupakan pasien berobat, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara mengisi nomor BPJS peserta kemudian klik “cari”. 
  7. Apabila pasien merupakan pasien faskes di tempat Anda bekerja, maka identitas pasien tersebut akan muncul secara otomatis.
  8. Lengkapi informasi yang kosong seperti jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dst.
  9. Klik simpan. 
  10. Kembali ke entri data, pilih menu pelayanan. 
  11. Isikan kolom-kolom yang kosong, seperti kolom terapi dan diagnosis. 
  12. Klik simpan. 
  13. Tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Faskes tingkat pertama pun selesai.

Nah, untuk pihak instansi kesehatan, Anda bisa melihat data pasien yang berobat ke faskes tingkat pertama tempat Anda bekerja, mulai dari kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, hingga sepuluh penyakit terbanyak.

Pada menu Tools, Anda akan diberi akses untuk mengubah password Primary Care BPJS Kesehatan serta masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat dan mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat Anda bekerja.

Jika Anda men-klik logo akun yang berada di sebelah kiri, maka Anda akan masuk ke data administrasi, dan bisa juga mengarahkan Anda untuk ke opsi logout untuk keluar dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan apabila sudah selesai digunakan.

BPJS Pcare juga bisa diakses melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. Nah, untuk mengakses aplikasi tersebut, Anda hanya membutuhkan kecepatan akses internet minimal 512 kbps. Oleh karena itu, setiap puskesmas dan instansi kesehatan yang lain perlu memiliki jaringan internet yang mumpuni untuk bisa menggunakan layanan tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang BPJS PCare eclaim ini, semoga bermanfaat.

SHARE ARTIKEL