Waspada Dengan Penggunaan Internet, Penyakit Bahaya Ini Mengintai Anda

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 18 Feb 2020

Waspada Dengan Penggunaan Internet, Penyakit Bahaya Ini Mengintai Anda

Hati-hati Pakai Internet, Penyakit Bahaya Ini Mengintai Kamu! - Image from facebook.com

Mengerikan, penyakit yang setiap saat mengintai kita ini

Jaman sekarang hampir tidak bisa lepas dengan yang namanya internet, namun dibalik itu banyak yang masih belum tahu, ada penyakit yang terus mengintai kita ini. Sudah banyak fakta dan bukti yang menjadi korban akan keganasannya ini.

Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Dharma Pongrekun, menjelaskan bahwa dunia maya yang berisi internet serta media sosial perlahan membuat penyakit di dalam diri yang menjadikan manusia jatuh pada perilaku menyimpang.

Desain," ujar Dharma, pada acara seminar di Universitas Pelita Harapan, (17/2/2020).

Lebih lanjut, menurutnya, efek dari dunia maya (cyberspace) sangatlah berbahaya karena selain tidak terlihat, berdampak pada sel-sel manusia yang seakan-akan itu menjadi keharusan.

Baca Juga:

Contohnya, dari seberapa banyak jumlah like atau followers yang harus didapat pada sosial media. Itu merubah perilaku manusia dan yang menjadi dasar utama adalah angka. Jadi semakin banyak angka, kita menjadi bisa lebih bahagia.

Adapula, perilaku yang menjadikan manusia memposting sebuah kejadian tanpa hati nurani. Seperti banyaknya kecelakaan yang harusnya dibantu atau ditolong, malah kini orang cenderung untuk memposting dahulu di media sosial.

"Nah jadi gadget itu merusak sel-sel kita, karena dia bisa membuat manifestasi berlebih. Contohnya seperti ada postingan sosmed membuat kita sakit hati lalu efeknya gak mau makan, susah tidur. Itu kan berbahaya karena tidak kita disadari," jelas Dharma.

Terlepas dari itu semua, Dharma menjelaskan bahwa arus globalisasi yang kuat saat ini bahkan bisa menggerus visi misi bangsa yaitu Pancasila, khususnya Sila Pertama.

"Ini terkait dengan arus kuat globalisasi membuat deviasi visi negara tanpa kita sadari dan membuat sistem yang bisa membuat karakter kita lemah," tutur Dharma

"Dunia maya membuat manusia yang fitrah kehilangan jadi diri atau menjadi manusia yang tidak fitrah. Jadi kita dipaksa mengikuti sistem padahal tuhan membuat kita berbeda-beda dengan keahlian nya masing-masing," tambahnya.

SHARE ARTIKEL