Penjelasan Tentang Unsur-unsur Seni Rupa

Komentar

Image Source: satujam.com

Seni rupa adalah cabang seni yang menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan indera peraba. Apa yang dimaksud unsur seni rupa? Karya seni rupa yang telah dibuat memiliki unsur-unsur pembentuknya. Unsur dari sebuah karya seni tersebut diartikan sebagai unsur seni rupa.

Apa itu unsur seni rupa? Unsur seni rupa merupakan bagian terpenting dalam pembuatan karya seni. Unsur-unsur yang membentuk kesatuan yang padu sehingga karya seni dapat dinikmati secara utuh. Adanya unsur-unsur ini membuat sebuah seni rupa dapat dilihat dan diamati serta dinikmati dan diapresiasi oleh orang lain.

Lalu, apa saja yang termasuk unsur seni rupa? Dalam artikel ini akan kami berikan unsur-unsur dalam seni rupa.

Unsur-unsur seni rupa

1. Titik

Image Source: unsurseni19.com

Apa unsur seni rupa? Titik dalam cabang seni rupa adalah unsur seni rupa yang sangat dasar. Suatu karya yang dibuat merupakan hasil dari titik-titik ini. Titik merupakan 1 dimensi dan titik menjadi unsur paling kecil dalam membentuk garis, bentuk atau bidang. Titik juga menjadi awal dari ide karya seni yang akan dibuat.

2. Garis

Image Source: dictio.id

Garis adalah gabungan antara unsur titik yang menjadi satu. Garis memiliki dimensi memanjang dan memiliki bentuk tertentu seperti panjang, pendek, tipis, lurus, horizontal, vertikal, melengkung, miring, halus, tebal, dan lain-lain. Garis dalam sebuah karya seni digunakan agar memberikan kesan tertentu dalam sebuah karya seni.

3. Bidang

Image Source: moondoggiesmusic.com

Bidang dalam seni rupa adalah gabungan antara dua ujung garis yang bertemuan. Bidang memiliki beragam bentuk seperti panjang, lebar, tinggi, dan lainnya. Contoh bidang yaitu kubus, trapesium, segitiga, dan lain-lain. 

4. Bentuk

Image Source: slideshare.net

Unsur dari seni rupa selanjutnya yaitu bentuk. Bentuk merupakan unsur yang dapat membuat suatu karya seni rupa menjadi lebih enak dipandang secara utuh. Bentuk terdiri atas susunan dari beberapa bidang. Jenis-jenis bentuk ada 2 macam, misalnya geometris seperti kubus, balok, tabung sedangkan bentuk non-geometris seperti manusia, hewan, alam.

5. Ruang

Image Source: moondoggiesmusic.com

Apa saja unsur seni rupa 3 dimensi? Ruang merupakan unsur seni rupa yang memiliki dua sifat yaitu semu dan nyata. Dalam karya seni rupa 2 dimensi, ruang hanya bersifat semu karena berupa penggambaran saja. Sementara dalam karya seni rupa 3 dimensi, ruang bersifat nyata dan dapat dirasakan secara langsung oleh indera penglihatan.

6. Warna

Image Source: momotografi.com

Warna merupakan bagian dari unsur-unsur seni rupa. Dalam teori warna seni rupa terdapat teori warna pigmen yaitu seperti berikut.
  • Warna primer adalah warna dasar atau tanpa campuran warna lain, contohnya adalah merah, kuning dan biru.
  • Warna sekunder yaitu warna yang didapat dengan mencampur dua warna dasar, contohnya adalah oranye, ungu, dan hijau.
  • Warna tersier yaitu warna yang dihasilkan melalui pencampuran warna sekunder.
  • Warna analogus yaitu warna yang letaknya berdampingan dalam lingkaran warna, misalnya kuning kehijau-hijauan atau oranye kemerah-merahan.
  • Warna komplementer yakni warna kontras yang letaknya berseberangan dalam lingkaran warna, misalnya kuning dengan ungu, merah dengan hijau dan lain-lain.  

7. Tekstur

Image Source: kliping.co

Tekstur termasuk dalam unsur seni rupa 3 dimensi. Tekstur sendiri memiliki arti sifat atau keadaan suatu bidang, contoh tekstur dapat berupa halus, kasar, lembek, dan lainnya. Tekstur dapat dirasakan dengan indera peraba seperti tangan. 

8. Gelap terang

Image Source: thegorbalsla.com

Unsur seni rupa yang terakhir yaitu gelap terang. Dalam sebuah karya seni 2 dimensi gelap terang sangat dibutuhkan agar karyanya terlihat nyata dan hidup. Gelap terang membutuhkan pemilihan warna dan pemilihan intensitas cahaya yang masuk mengenai objek. 

Demikian ada berapa unsur seni rupa dalam sebuah karya seni. Semoga bermanfaat.
Top