Seperti Ini Bunyi Doa Malaikat Ketika Memohon Ampunan Allah

Komentar

Sumber gambar Eramuslim

Ketika malaikat berdoa dan berdzikir mengakui kelemahan mereka, doa ini juga baik untuk diamalkan memohon ampunan Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menempatkan Adam dan anak keturunannya dalam kedudukan yang mulia, lebih mulia dari para makhluk-Nya yang lain.

Salah satu bukti yang menunjukkan hal tersebut adalah setelah Allah menciptakan Adam, Allah perintahkan para malaikat untuk sujud kepada Adam ‘alaihi shalatu wa salam.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 34)

Ketika para malaikat protes kepada Allah SWT terkait penciptaan Nabi Adam AS, mereka langsung diperintah oleh Allah SWT untuk menyebutkan nama-nama benda. “Sebutkanlah kepadaku nama (benda-benda) itu, jika kamu orang yang benar.” (QS. Al-Baqarah: 32)

Baca juga:

  1. Doa Untuk Anak, Rasulullah Contohkan Doa Ini Yang Bisa Kamu Amalkan Sekarang
  2. Karena Tidak Tau Ilmunya, Lakukan 4 Hal Ini Agar Amal Ibadah Tidak Sia-sia

Permintaan Allah kepada para malaikat ini, Dikutip dari islaim.co menurut Quraisy Shihab, bukanlah bertujuan agar para malaikat tersebut menjawab, melainkan untuk membuktikan bahwa mereka telah salah mengira dan sok tau.

Para malaikat yang merasa bahwa diri mereka telah bersalah karena sok tau, kemudian bergegas melafalkan tasbih agar kesalahan mereka diampuni oleh Allah SWT.

سُبْحَٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

“Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Menurut Quraisy Shihab, selain pengakuan atas ketidaktahuan mereka. Jawaban para malaikat tersebut sekaligus menjadi pengakuan atas kelemahan mereka. Sedangkan Allah SWT Maha Suci dari segala kekurangan.

Jika malaikat saja, yang pernah sok tau, kemudian bertaubat, bagaimana kamu?

Wallahu A’lam.
Top