Resep dan Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah yang Empuk

Komentar
resep kue cucur gula merah anti gagal
Image Source: fimela.com

Kuliner khas nusantara memang terpercaya dengan kualitas rasa dan tampilannya yang menarik. Salah satu legendarisnya adalah kue cucur. Berikut resep kue cucur gula merah empuk favorit, kue favorit sepanjang masa. Baru kali ini nemu resep cucur yang empuk banget, ga pake cape keplok keplok.

Kue cucur gula merah ini merupakan kue tradisional khas Betawi. Cita rasanya begitu enak dan lezat, sehingga membuat siapa saja yang menyantapnya ketagihan. Resep kuliner ini dari hasil pencarian untuk kue cucur gula merah. Terdapat 418 resep masakan rumahan yang mudah dan enak. Lihat juga resep kue cucur gula merah enak lainnya!

Kue berwarna cokelat bernama kue cucur atau kuih cucur dalam bahasa Melayu ini sangat mudah ditemukan di pasar. Warna coklat dari kue menjadi ciri khasnya yaitu dari gula merah.

Anda bisa belajar untuk membuat kue ini sendiri di rumah Anda. Berikut ini kami sajikan cara dan resep membuat kue cucur gula merah yang bisa Anda ikuti. Banyak orang yang ingin membuat jajanan kue cucur yang unik ini.

Simak resep dan cara membuat kue cucur gula merah, jajanan tradisional yang bercita rasa manis dan terbuat dari tepung beras ini.

Resep dan cara membuat kue cucur

Bahan-bahan

  • 125 gr tepung beras.
  • 100 gr terigu protein sedang (segitiga).
  • 130 gr gula merah.
  • 50 gr gula pasir.
  • 200 ml air.
  • 1 lembar daun pandan.
  • 1/4 sdt garam.

Cara membuat

  1. Rebus gula merah, gula pasir, air, daun pandan dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampe hangat.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. 
  3. Masukkan larutan gula yang telah disaring. 
  4. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mixer dengan speed rendah selama 5 menit.
  5. Istirahatkan adonan selama 15 menit. Kemudian aduk kembali menggunakan whisk. 
  6. Kalau adonan terlalu kental bisa ditambah air sedikit demi sedikit agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental). 
  7. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. 
  8. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng.
  9. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yang sudah panas. Siram-siram atasnya. 
  10. Kemudian tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yang keluar tandanya cucur sudah matang. Lalu angkat dan tiriskan.
  11. NOTE: jangan memakai minyak terlalu banyak, secukupnya saja. Minyak harus sudah panas tapi memakai api kecil agar kue cucur bisa berserat bagus dan tipis.
Nah jadi, mudah bukan membuat kue cucur gula merah sederhana yang enak dan empuk ini. Anda bisa meniru resep dan cara membuat kue cucur ini dirumah sebagai camilan. Sehingga Anda tidak perlu susah-susah untuk membelinya.

Demikian resep kue cucur gula merah yang empuk. Semoga bermanfaat. 
Top