Harga dan Macam-macam Paket Umroh 2019

Komentar

Image Source: Istimewa

Setiap umat Muslim pastinya ingin melaksanakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Allah Swt yaitu ibadah umroh. Ibadah umroh sebenarnya sam dengan ibadah haji hanya saja ketika umroh tidak ada wukuf, mabit dan melempar jumroh. Ibadah umroh biasanya dilaksankan pada hari-hari tasyrik tepatnya pada tanggal 11-13 dzulhijah.

Sebelum melaksanakan ibadah umroh, biasanya orang-orang akan berlomba-lomba mendaftarkan dirinya ke tour yang telah dipilih masing-masing. Dalam pendaftaran tersebut agen akan menawarkan sejumlah macam-macam paket umroh sebagai sarana untuk pergi ketanah suci.

Berikut akan kami berikan beberapa macam-macam paket umroh.

Macam-macam paket umroh

1. Paket berdasarkan kamar hotel

Paket umroh berdasarkan kapasitas kamar hotel merupakan tempat yang akan dihuni oleh jamaah, paket umroh berdasarkan kamar hotel ini dibagi menjadi tiga, yaitu quard, triple, dan double.

Paket quard Paket quard adalah perjalanan umroh dengan fasilitas satu kamar hotel diisi untuk 4 orang, biasanya untuk para jamaah yang tidak membawa keluarga, istri atau anak.

Paket triple Paket umroh triple adalah fasilitas satu kamar hotel yang diisi untuk 3 orang. Biasanya direkomendasikan untuk orang tua beserta satu anaknya.

Paket double Paket umroh double adalah fasilitas satu kamar hotel diisi untuk dua orang. Biasanya untuk jamaah suami dan istri saja.

Baca Juga:



2. Paket umroh berdasarkan waktu berangkat

Berdasarkan waktu keberangkatan, ada banyak alternatif pilihan paket umroh yang ditawarkan oleh biro perjalanan umroh, antara lain sebagai berikut.
  1. Reguler (Umroh akan dimulai satu bulan setelah musim haji dan waktu ibadah umroh adalah 9 hari).
  2. Ramadhan (Pemberangkatan jamaah dilakukan ketika bulan Ramadhan).
  3. Lailatul Qadr (Pemberangkatan jamaah dilakukan pada akhir bulan Ramadhan).
  4. Plus wisata (Penambahan perjalanan wisata ke wisata tertentu setelah ibadah umroh selesai dilaksanakan. Misalnya, plus Dubai, plus Brunei, plus Kairo, plus Eropa, dan sebagainya).
  5. Liburan sekolah (Yaitu pemberangkatan jamaah dilakukan pada waktu liburan sekolah, biasanya pada saat bulan Juni hingga Agustus).

3. Paket umroh berdasarkan biaya

Paket umroh ini merupakan paket yang berdasarkan besar kecilnya biaya yang harus dibayarkan oleh jamaah, biro perjalanan biasanya menawarkan berbagai paket sebagai berikut.

Paket umroh murah Paket umroh ini memiliki biaya paling murah dibandingkan dengan paket lainnya. Biasanya harga dibawah dari $1900 atau setara 19 juta.

Paket umroh standard Paket umroh standard yaitu paket yang biayanya berada dalam harga rata-rata yang ditetapkan oleh biro perjalanan umroh pada umumnya. Biasanya harga antara $2000 hingga $2400. Paket standard biasanya menjadi pilihan yang pas dikantong, selain harganya yang tidak terlalu mahal, dan hotel sudah bintang 5. Selain itu jarak antara hotel dan masjid hanya sekitar 200 – 250 meter.

Paket umroh VIP Paket umroh VIP yaitu paket umroh yang biayanya paling mahal dibandingkan dengan lainnya. Harganya kira-kira diatas $2500, perbedaan harga tersebut memiliki perbandingan fasilitas yang akan diterima oleh jamaah. Jika biayanya murah, fasilitas yang akan diterima tentu ada batasnya seperti fasilitas hotel, makanan dan jarak yang sangat jauh antara hotel dan masjidil Haram yang biasanya diatas 600 meter.

Sementara itu, untuk jamaah dengan pilihan VIP tentu akan mendapatkan fasilitas paling baik dibandingkan dengan paket lainnya, misalnya hotel bintang 5, jarak dengan Masjidil Haram sangat dekat, serta jamaah mendapatkan beberapa perlengkapan umroh dan sebagainya.

Tips memilih paket umroh murah

Jika Anda berencana memilih macam-macam paket umroh murah, berikut adalah hal-hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Mencari informasi yang akurat tentang biro yang akan dituju. Mintalah referensi dan bertanya pada orang yang pernah memakai biro umroh tersebut agar terhindar dari penipuan.

2. Memilih biro agen travel yang handal, berpengalaman, dan terpercaya. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan akibat paket umroh murah.

3. Memperhatikan fasilitas yang akan didapatkan. Jangan sampai ketika ibadah umroh Anda terganggu akibat fasilitas yang Anda pilih terbatas dan di bawah standard.

4. Cek jarak antara hotel dengan Masjidil Haram atau Masjid Nabawi. Usahakan tidak lebih dari 200 hingga 250 meter jarak antara hotel dan Masjid, untuk menjaga kondisi fisik dan kekhusyukan dalam beribadah.

5. Sesuaikan dana yang Anda punya untuk menunaikan ibadah umroh. Jika paket murah ini ternyata terasa masih mahal sebaiknya mengambil paket umroh standar untuk mendapatkan fasilitas yang lebih baik dan menjamin Anda terhindar dari penipuan.

Demikian beberapa macam-macam paket umroh. Semoga bermanfaat.
Top