6 Contoh Seni Rupa Terapan yang Digunakan Sehari-hari

Komentar

Image Source: seruni.id

Pada kehidupan sehari-hari kita selalu hidup berdampingan bersama dengan seni salah satunya seni rupa. Dalam penerapannya, seni rupa banyak yang belum diketahui masyarakat apalagi belum mengerti tentang apa yang dimaksud karya seni rupa.

Banyak yang berpendapat bahwa seni merupakan barang yang hanya sebagai pajangan dinding saja. Padahal seni memiliki jenis-jenisnya, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Kedua jenis seni itu memiliki perbedaan yaitu jika seni rupa murni biasanya hanya dinikmati keindahannya saja, sedangkan seni rupa terapan lebih mementingkan fungsinya saja.

Agar lebih paham lagi mengenai perbedaan tersebut, akan diberikan beberapa contoh seni rupa terapan. Lalu, apa contoh seni rupa terapan?

Baca Juga:

Contoh seni rupa terapan

1. Anyaman


Image Source: sahabatnesia.com

Apakah contoh seni rupa terapan? Anyaman merupakan salah satu hasil karya dari seni kriya. Anyaman terbuat dari serat alami atau juga bisa serat sintetis yang dirakit sedemikian rupa. Serat alami yang digunakan contohnya bambu, rotan, serabut kelapa dan akar pepohonan yang dikeringkan sedangkan serat sintetis contohnya plastik atau serat buatan. Benda-benda yang dianyam memiliki kegunaan dan mempunyai nilai estetika yang tinggi, contohnya keset, sapu, kursi anyaman rotan, keranjang, dan lain-lain.

2. Batik


Image Source: seruni.id

Batik sudah banyak dikenal sebagai ciri khas bangsa Indonesia dan sudah dikenal di manca negara. Batik merupakan hasil karya seni yang sudah diakui badan Internasional seperti UNESCO sebagai warisan budaya leluhur. Batik adalah jenis seni tradisional dalam seni terapan yang dibuat dari kain dan pewarna agar menciptakan penampilan yang menarik.

3. Kerajinan keramik


Image Source: ilmuseni.com

Kerajinan keramik adalah contoh seni rupa terapan dari tanah liat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kerajinan keramik selain dinikmati keindahannya, juga dapat digunakan sebagai perabotan dirumah dan digunakan sehari-hari. Kerajinan keramik ini terbuat dari tanah liat yang sudah yang sudah diproses kemudian dibentuk sesuai kebutuhan kemudian dibakar. Contoh kerajinan keramik diantaranya gerabah, porselin, genteng rumah, guci, vas, celengan, dan sebagainya.

4. Kerajinan logam


Image Source: cdninstagram.com

Kerajinan logam biasanya terbuat dari logam dan merupakan contoh dari seni rupa terapan. Kerajinan logam digunakan manusia dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu pekerjaan rumah dan bisa digunakan juga sebagai hiasan ruangan. Contoh kerajinan keramik antara lain bejana, perhiasan, tempat minum, peralatan rumah tangga, dan lain-lain.

5. Seni ukir


Image Source: lihatsejenak.com

Seni ukir adalah karya seni yang sudah lama di ciptakan dan bertahan sampai saat ini. Media yang digunakan seni ukir ini adalah kayu atau batu. Dalam pembuatannya seni ukir membutuhkan kreativitas dan keahlian memahat yang baik agar menghasilkan sebuah karya seni ukir yang bernilai seni tinggi. Contohnya kursi ukir, patung, almari, hiasan dinding, dan lainnya.

6. Kerajinan kulit


Image Source: warungkita.net

Di Indonesia kerajinan kulit sangat banyak dijumpai, karena kerajinan kulit sangat di gemari masyarakat lokal maupun mancanegara yang memiliki nilai seni yang tinggi. Sebutkan contoh seni rupa terapan kerajinan kulit? Contoh kerajinan kulit antara lain sabuk, jaket, sepatu, topi, dan lainnya.

Demikian beberapa contoh seni rupa terapan yang bisa kita jumpai dikehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.
Top