5 Cara Merawat Bunga Mawar Supaya Bunganya Banyak dan Awet Segar

Komentar

Image Source: hobitanaman.com

Bunga mawar dikenal sebagai ratunya para bunga. Karena kelopak bunga mawar memang mempunyai bentuk yang sangat indah dan aromanya yang juga khas. Bagi yang menyukai tanaman hias seperti bunga mawar.

Namun, tidak jarang banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat bunga mawar supaya tetap indah bunga dan tidak cepat mati. Oleh karena itu bagaimana cara merawat bunga mawar yang benar?

Bagaimana tips dan cara menanam bunga mawar? Bagaimana cara merawat bunga mawar agar tidak layu? Yuk simak dibawah ini.

Banyak dibaca:

Berikut Cara Merawat Bunga Mawar Yang Benar

1. Pemberian Sinar Matahari

Bunga mawar haruslah mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sebaiknya tanaman mawar harus ditempatkan di tempat yan terkena sinar matahari sepanjang hari. Hal tersebut berguna untuk membantu dalam proses forosintesisnya supaya dapat berjalan dengan baik.

2. Pemberian Pupuk

Bunga mawar juga harus diberi pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Pupuk yang baik untuk digunakan pada bunga mawar adalah pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan.

Namun jika anda kesulitan mendapatkan pupuk kandang, anda dapat menggunakan pupuk NPK yang mengandung unsur nitrogen, fosfor, dan kalium.

Tapi perlu diingat pemberian pupuk terlalu sering pada bunga mawar, justru dapat membuat bunga mawar cepat kering dan akhirnya mati.

3. Penyiraman

Cara merawat bunga mawar selanjutnya adalah dengan menyiram secara rutin. Jika cuaca panas, anda dapat menyiram 2 kali sehari saat pagi dan sore hari. Tetapi jika cuaca dingin dan musim hujan, sebaiknya cukup siram 1 kali sehari saat pagi hari.

Selain itu, ketika musim hujan sebaiknya tidak membiarkan bunga mawar terkena air hujan secara lansung. Maka siramlah dengan penyemprot bunga. Sebaiknya juga rutin melakukan penyemproan pestisida supaya mawar tahan terhadap kutu tanaman.

4. Penyemprotan

Penyemprotan insektisida atau fungisida supaya bunga mawar tidak terserang hama. Karena jika sudah terserang hama, pertumbungan mawar akan terhambat dan akhirnya mati.

Anda dapat melakukan penyemprotan minimal sebulan sekali dan jangan lupa untuk membersihkan tanaman liar yang tumbuh di sekitar bunga mawar.

5. Memotong Bunga

Langkah terakhir yaitu dengan memotong tangkai bunga mawar yang mulai mengering. Gunakan gunting stek batang yang bersih. Anda juga dapat secara rutin memotong tangkai bunga mawar untuk menghasilkan tunas baru yang akan tumbuh lebih baik daripada sebelumnya.

Demikian penjelasan diatas tentang bagaimana cara merawat bunga mawar agar tumbuh subur. Semoga bermanfaat!
Top