Ide Terbaru, Cara Termudah Membuat Tas Kecil Dari Kain Flanel

Komentar

Image Source: flanelshop.com

Kain flanel merupakan salah satu material yang dapat digunakan untuk membuat beberapa bentuk kerajinan tangan yang banyak disukai banyak orang sampai saat ini. Dan dari banyak ragam jenis dan macam kerajinan dari kain flanel yang diminati banyak orang adalah membuatnya menjadi tas.

Namun, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat tas kecil dari kain flanel. Lalu bagaimana cara membuat tas dari kain flanel?

Apa bahan dan cara membuat tas dari kain flanel? Bagaimana cara membuat tas dari kain flanel dengan mudah? Yuk simak dibawah ini.

Banyak dibaca:

Berikut Bahan Yang Dibutuhkan

  • Siapkan kain flanel dengan warna sesuai keinginan
  • Siapkan Gunting
  • Siapkan kertas atau karton
  • Siapkan pensil atau bolpoin
  • Siapkan benang, jarum biasa, jarum pentul, atau lem
  • Siapkan penggaris
  • Siapkan pita atau penghias lainnya
  • Siapkan tali untuk tas

Langkah-Langkah Caranya

Pertama

Buat pola tas dengan tinggi dan lebarnya pada suatu kertas. Hal tersebut akan menentukan besar kecilnya ukuran tas. Anda dapat menggunakan ukuran tinggi badan tas 16 cm, lebar 12 cm, dan tinggi tutup tas 7 cm untuk bagan belakang tas. Sementara untuk bagian depan tas, dengan ukuran 16 cm.

Kedua

Jika ingin memberi kantong untuk tas, maka anda dapat menyiapkan gambar sesuai keinginan atau meniru langkah berikut ini: Gambar pada kertas polanya dengan tinggi 10 cm dan lebar 9 cm untuk depan saku. Adapun untuk ukuran tutup saku tinggi 6 cm dan lebar 9 cm.

Ketiga

Siapkan juga tempat untuk menyambung antara badan tas dan tali tas. Anda dapat menggunakan ukuran sesuai keingina atau bisa mengikuti langkah berikut ini: Gambar objek yang akan anda lakukan pada kertas dengan ukuran tinggi 2 cm dan lebar 4 cm.

Keempat

Untuk mempercantik dan memperindah tas, maka anda bisa menggambar hiasan apa saja pada satu kertas, seperti gambar kucing atau yang lainnya. Anda juga dapat menulis dengan ukuran tertentu dan bentuk tertentu. Setelah itu potong gambar pola tersebut. Kemudian potong juga kain flanel sesuai dengan kertas yang sudah siap.

Kelima

Susunlah satu persatu sesuai bagiannya. Dengaan erjakan yang lebih mudah dulu. Salah satunya, kerjakan gambar kucing dahulu. Susun mata, kuping, kumis dan lain-lainnya dengan menggunakan lem dalam menyusunnya.

Keenam

Susunlah bagian-bagian lain sebagaimana tas. Setiap sisi dapat dijahit atau lem, kecuali sisi atas.

Ketujuh

Gabungkan semua bagian yang tadi sudah disusun. Letakkan semua pada tempatnya atau sesuai keinginan anda. Anda juga dapat meletakkan gambar dan tulisan di depan kantong tas dan tulisan pada bagian atas.

Kedelapan

Siapkan kain flanel dan tempelkan di sisi kanan dan kiri kain flanel yang sudah disusun menjadi sebuah kotak tas. Setelah itu, pasang tali tas yang sudah disiapkan dengan cara menjahitnya.

Kesembilan

Finishing dengan merapikan bagian yang belum rapi dan menguatkan bagian yang belum kuat.

Untuk lebih jelas dalam pembuatan tas dari kain flanel, silahkan simak langkah-langkahnya pada video di bawah ini!


Demikian penjelasan diatas tentang bagaimana cara membuat tas kecil dari kain flanel yang mudah. Semoga bermanfaat!
Top