Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi? Apakah Berefek pada Anak?

Komentar

Image Source: seputaribuhamil.com

Ketika hamil seorang ibu seharusnya selalu memperhatikan pola makan dan gaya hidup agar bayi dalam kandungan sehat dan lahir dengan selamat. Disetiap kehamilan seorang ibu pasti memiliki sebuah larangan untuk makan makanan atau minuman yang dapat membahayakan kesehatan janinnya.

Masalah yang akan dibahas sekarang ini yaitu bolehkah ibu hamil minum kopi? Kopi memang minuman yang tidak bisa dipisahkan ketika dalam waktu luang atau bersantai. Lalu, apa efek samping minum kopi pada ibu yang sedang hamil? Bolehkah ibu hamil minum kopi? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga:


Efek samping ibu hamil minum kopi

Image Source: solusisehatku.com

Bolehkah ibu hamil minum kopi setiap hari? Dari sebuah penelitian dari The New Journal of Medicine mengemukakan bahwa keguguran dapat terjadi akibat terlalu sering mengonsumsi kopi. Hal tersebut diakibatkan karena kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat menyebabkan keguguran. Kopi yang biasanya dikonsumsi dapat masuk dan menembus plasenta pada bayi.

Kafein yang dikonsumsi secara langsung dapat mempengaruhi bayi yang dalam kandungan lewat plasenta. Berikut beberapa efek samping ibu hamil yang mengonsumsi kopi.

1. Minum minuman berkafein 6 kali  sehari dapat menyebabkan berat badan bayi yang dilahirkan rendah dan sangat membahayakan bagi bayi.

2. Terlalu sering minum kopi dapat menyebabkan bayi lebih banyak lemak pada tubuh (memiliki indeks masa tubuh lebih tinggi) antara usia 6 bulan hingga usia 6 tahun.

3. Dari beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kafein memiliki dampak negatif pada perkembangan otak.

4. Mengonsumsi minuman berkafein pada awal kehamilan dapat menimbulkan risiko keguguran.

5. Pada awal kehamilan, asupan kafein tinggi dapat meningkatkan keguguran.

6. Terlalu banyak mengonsumsi minuman kafein dapat menyebabkan detak jantung pada bayi meningkat, yang dapat menyebabkan aritmia atau detak jantung tidak teratur sehingga dapat menyebabkan kesehatan bayi lemah.

7. Minum lebih dari 2 cangkir kopi sehari dapat meningkatan risiko leukemia pada anak-anak.

8. Ibu hamil yang mengonsumsi kopi selama hamil menyebabkan gangguan ADHD atau hiperaktif pada anak.

9. Kafein dapat menghambat pertumbuhan anak atau bayi yang belum lahir.

10. Bayi yang dilahirkan juga dapat kecanduan kafein jika ibu hamil mengonsumsinya terlalu banyak selama kehamilan. Ketika lahir, bayi yang kecanduan kafein segera diatasi dan mungkin akan menunjukkan gejala penarikan.

11. Minuman yang mengandung kafein terdapat senyawa fenol yang akan membuat tubuh inu hamil untuk menyerap zat besi. Padahal zat besi sangat penting untuk wanita hamil, karena saat ini banyak ibu hamil yang rendah zat besi.

12. Menyebabkan susah tidur, karena kandungan kafein yang terdapat dalam kopi memacu kinerja jantung semakin tinggi. Jantung yang berdetak kencang serta nafas sesak membuat seseorang terus terjaga meski malam telah larut selain itu juga menimbulkan hipertensi dalam kehamilan.

13. Mengonsumsi kopi atau kafein yang berlebihan akan menstimulasi produksi asam lambung sehingga menimbulkan maag. Maag menyebabkan asupan nutrisi ibu ke janin akan berkurang sehingga menimbulkan janin tidak sempurna.

14. Penelitian yang di lakukan Jurnal Obstretucs dan Gynaecology Amerika menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi satu gelas kopi setiap hari dapat berpotensi melahirkan bayi dengan kelainan leukimia sebanyak 20%.

15. Bahaya minum kopi setiap hari bagi ibu hamil dapat menyebabkan janin terserang tumor. Dari penelitian tersebut membuktikan bahwa kafein yang terdapat pada kopi bisa mengubah DNA sel janin menjadi lebih mudah terserang sel-sel kanker (tumor).

Demikian alasan mengenai bolehkah ibu hamil minum kopi? Semoga dapat bermanfaat.
Top