Rahasia Awet Muda Secara Alami, Mulai Sekarang Lakukan 7 Kebiasaan Baik Ini

Komentar
rahasia awet muda
Rahasia Awet Muda Secara Alami (ilustrasi:hallopedia.com)

Umur panjang dan awet muda seperti artis korea pasti menjadi dambaan banyak orang.

Meskipun sebenarnya caranya mudah. Namun sayang tak banyak orang yang mengetahui "resep" agar awet muda secara alami berikut ini.

Seiring bertambahnya usia, mulai muncul kerutan-kerutan di wajah yang menandakan semakin tua usia Anda.

Penuaan memang sesuatu hal alamiah yang terjadi dalam kehidupan manusia, namun kita bisa tetap berusaha menjadi awet muda dengan mempertahankan kelembaban kulit, kesehatan kulit, dan kebugaran tubuh.

Namun sayang, banyak wanita yang ketakutan dan kemudian bereksperimen dengan berbagai cara untuk menghambat penuaan.

Bahkan tak jarang wanita kemudian melakukan suntik botox atau operasi plastik demi ingin menjaga penampilan fisik tetap seperti remaja ABG meski usia sudah senja.

Selain merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa awet muda dengan cara tersebut. Menjadi awet muda dengan cara-cara tersebut justru akan membahayakan kesehatan tubuh.

Rahasia awet muda sebenarnya sederhana saja, namun masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Nah pada kesempatan kali ini, kami akan membongkar apa penyebab penuaan serta rahasia awet muda secara alami. Apa saja rahasianya? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Apa penyebab penuaan?


hellosehat.com

Pada dasarnya, seiring bertambahnya usia tubuh Anda pun juga akan ikut menua dari luar dan dalam. Berbagai fungsi organ tubuh akan mulai menurun secara alami karena faktor “U”, alias usia.

Kulit tidak akan lagi memproduksi kolagen dan melanin sebanyak masa muda dulu. Semakin tua, massa otot juga akan terus menurun. Akibatnya, kulit Anda akan perlahan mengering, berkeriput, kendur, dan berwarna pucat kusam.

Sementara itu, faktor seperti paparan sinar matahari, polusi udara dan asap kendaraan bermotor, kebiasaan merokok, stres, masalah tidur, hingga pola makan dan rutinitas fisik ikut menyebabkan penuaan dari luar.

Meski begitu, efek penuaan dari macam-macam faktor luar tersebut bisa Anda lawan dengan membaca tips awet muda sebagaimana kami kutip dari berbagai sumber berikut ini.

Rahasia Awet Muda Secara Alami

Tips awet muda yang sering dipandang sebelah mata. Padahal, tips ini sangat besar pengaruhnya bagi Anda.

1. Rajin makan buah dan sayur


hellosehat.com

Buah dan sayuran adalah sumber makanan tinggi vitamin serta segudang antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Dua jenis vitamin yang paling berperan penting untuk kulit senantiasa awet muda adalah vitamin C dan vitamin E.

Di dalam tubuh, vitamin C membantu membentuk kolagen, protein khusus yang membuat kulit kenyal, kencang, dan lembap. Vitamin C juga telah terbukti dapat meningkatkan kerja kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat penuaan dan paparan sinar UV matahari, seperti flek dan noda hitam, atau kerusakan yang terkait jerawat, misalnya bekas jerawat dan luka bopeng.

Selain itu, vitamin yang identik dengan rasa asam segar ini juga terbukti ampuh mengurangi garis halus dan keriput di wajah berkat sifat antioksidannya yang melawan radikal bebas penyebab penuaan.

Peningkatan produksi kolagen berkat vitamin C juga dapat memperkuat pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya.

Struktur pembuluh darah yang kuat dan elastis akan membuat aliran darah makin lancar ke seluruh tubuh, termasuk juga kulit dan wajah.

Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit. Hal ini membuat penampilan keseluruhan kulit Anda tampak sehat, muda, dan bercahaya.

Sama dengan vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang berfungsi melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari untuk membantu mencegah terbentuknya bercak gelap dan kerutan pada kulit.

Selain itu, vitamin E membantu menyembuhkan kulit kasar dan kering dengan melembapkannya dari dalam, sekaligus mengurangi peradangan pada kulit. Vitamin ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas luka membandel.

Sementara itu, kandungan antioksidan dan betakaroten dalam banyak sayuran serta buah-buahan juga bekerja mencegah kulit memerah teriritasi akibat paparan radikal bebas dari sinar matahari. Betakaroten juga dapat menjaga kulit tetap lentur dan kenyal, dan mencegah terjadinya keriput.

Buah dan sayur apa saja yang bisa bikin awet muda?

Tips awet muda ini bisa Anda dapatkan dengan makan buah dan sayur tinggi vitamin C, vitamin E dan antioksidan beta karoten. Di antaranya:
  • Buah sitrus, seperti jeruk, jeruk bali, lemon.
  • Stroberi.
  • Brokoli dan bayam.
  • Selada dan tomat.
  • Alpukat.
  • Mangga.
  • Jambu biji.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Nanas.
  • Ubi manis.
Anda disarankan untuk makan sayur dan buah segar minimal 5 porsi untuk sepanjang hari. Misalnya, satu porsi lauk sayur saat sarapan dan semangkuk buah untuk cuci mulut, ngerujak setelah makan siang, saat ngemil sore, saat makan malam, dan camilan sebelum tidur.

Jika bosan ngemil buah dan sayuran segar, Anda dapat mengolahnya dengan berbagai cara agar lebih menggoyang lidah. Misalnya,membuat jus campuran berbagai buah-buahan. Anda juga dapat mensiasatinya dengan membuat sajian salad sayuran segar dengan sedikit minyak zaitun yang juga tinggi vitamin E.

Baca Juga: Resep Awet Muda Alami, Islam Punya Caranya dan Telah Diajarkan Nabi Muhammad

2. Kurangi makanan manis


IDNtimes

Selain mengkonsumsi buah dan sayur, ada banyak hal mudah lainnya yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang untuk menjaga penampulan fisik tetap awet muda di usia lanjut nanti. Diantaranya adalah kurangi konsumsi makanan manis.

Mengapa? Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan glycation.

Glycation adalah ketika gula masuk ke dalam aliran darah, maka gula akan mengikat protein. Elastin dan kolagen adalah protein dan merupakan blok bangunan pada kulit, selama proses glycation terdapat senyawa beracun yang disebut Advanced Glycation End Products atau AGEs. AGEs ini dapat menyebabkan kerutan, kendur, lingkaran hitam di bawah mata.

3. Kurangi stres


Ketika Anda dalam keadaan stres tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat mempengaruhi elastisitas kolagen di dalam tubuh serta mempengaruhi kemampuan regenerasi kulit Anda.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang kurangi rasa khawatir dan stres dengan cara banyak berpikir positif, dan sugesti diri dengan hal baik.

Untuk mengurangi stres Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat, jogging, yoga, atau senam dengan gerakan yang rileks, dan meet up bersama teman.

4. Hindari berat badan yang naik-turun secara ekstrim


Berat badan yang naik turun secara ekstrim dapat mempengaruhi kulit, seperti mudah kendur dan timbulnya stretch mark.

Untuk itu pastikan berat badan Anda di angka normal. Menjaga berat badan dapat dilakukan dengan olahraga atau menjaga pola makan dengan mengurangi gula dan garam baik di dalam makanan atau minuman Anda.

5. Cukup tidur


Ketika tidur, kulit akan meregenerasi dirinya sendiri. Tanpa waktu tidur yang cukup dapat meyebabkan stres dan memicu tubuh memproduksi kortisol yang berakibat tidak baik bagi kulit.

Usahakan untuk tidur pada malam hari 7-8 jam.

Selain itu khasiat tidur juga banyak, seperti meningkatkan daya berfikir, daya konsentrasi, kemampuan kerja, mengurangi resiko serangan jantung, obesitas, kanker, dan diabetes.

6. Rajin olah raga


merdeka.com

Manfaat olahraga telah lama dibuktikan oleh para ahli.

Berolahraga, meski hanya rutin jalan kaki atau bermain-main bersama pasangan, sangat bermanfaat bagi fisik, kecantikan maupun mental kita.

Dengan kata lain, gaya hidup aktif juga berperan besar untuk menjaga agar Anda sehat dan awet muda.

7. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan

Meski sinar matahari sehat untuk kulit, terpapar secara berlebih malah justru tidak baik bagi kesehatan kulit Anda.

Ingat, di samping menyebabkan penuaan, paparan sinar matahari berlebih dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit.

Nah, itulah dia rahasia awet muda secara Alami. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.
Top