Perbedaan DNA & RNA, Begini Pembahasan Lengkapnya

Komentar
perbedaan dna dan rna
Ilustrasi dilansir dari zonareferensi.com

Tahukah kalian apa itu DNA dan RNA?

Nah DNA & RNA inilah yang menjadi awal mula proses kehidupan dan juga identitas mahluk bernyawa. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

DNA dan RNA adalah dua organel sel yang menjadi cetak biru dari semua awal kehidupan. DNA dan RNA merupakan rangkaian asam amino yang berfungsi sebagai penyimpan informasi biologis makhluk hidup.

Baik DNA maupun RNA, keduanya tersusun atas makromolekul sederhana yang bekerja dalam proses sintesis protein.

Secara lebih detail hal ini dibahas dalam BAB Materi Genetik. Jadi materi tentang DNA maupun RNA pastilah sangat penting bagi kalian para pelajar.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas DNA dan RNA secara menyeluruh. Dan semoga bisa menjadi referensi kalian untuk belajar.

Apa itu DNA dan RNA?

DNA dan RNA jelas adaah dua hal yang berbeda. Nah untuk lebih jelasanya silahkan siamak apa itu DNA dan apa itu RNA?

1. Apa itu DNA

Pengertian DNA atau Deoxribonucleic Acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam Deoksiribosa Nukleat merupakan asam yang ada di semua makhluk hidup.

DNA ini menjadi semacam kode genetik yang nantinya akan menentukan bagaimana bentuk dari organisme tersebut. DNA inilah yang memiliki kode untuk membuat RNA.

DNA ini terdiri dari gula 5-karbon, purin yang terdiri dari adenin dan guanin, primidin yang terdiri dari sitosin dan timin, dan juga gugus fosfat.

Selain terdiri dari hal-hal tersebut, DNA berbentuk seperti rantai ganda yang disebut dengan double helix.

Bentuk helix ganda atau double helix ini terbentuk dari biopolimer yang berpilin satu sama lain. Dua unting DNA ini dikenal dengan nama polinukleotida karena ia terdiri dari banyak nukleotida.

2. Apa itu RNA

Pengertian RNA atau yang memiliki kepanjangan Ribonucleic Acid atau asam Robinucleat merupakan rantai nukleotida yang dimiliki semua makhluk hidup seperti DNA.

Hanya saja, tidak seperti DNA yang bisa membentuk double helix dari biopolimer yang ia miliki, RNA tidak bisa membuat rantai ganda semacam itu.

RNA hanya terdiri dari satu pita saja. Selain itu, RNA ini terdiri dari adenin, sitosin, guanin, dan urasil. Selain itu, ketika terjadi mutagen pada RNA, hal ini bisa mempengaruhi DNA.

RNA memiliki beberapa fungsi yang menjadi bawaannya. Salah satunya, RNA berfungsi sebagai penyalur informasi genetika, lalu ia juga memiliki fungsi sebagai sintesa protein, dan ia juga memiliki kemampuan untuk meregulasi dan menduplikat gen yang ada pada tubuh manusia.

Perbedaan DNA dan RNA 


Sumber: informasibelajar.com

Dari pengertian di atas, tentu kita sudah dapat mengidentifikasi apa saja yang menjadi perbedaan antara DNA dan RNA.

Perbedaan keduanya antara lain terletak pada fungsi, letak, bentuk, ukuran, komponen gula dan basa nitrogen yang dikandungnya, serta pada fluktuasi kadarnya.

Secara lebih lengkap, berikut ini kami telah cantumkan tabel perbedaan DNA dan RNA untuk dapat Anda identifikasi.



1. Perbedaan Fungsi DNA dan RNA

Perbedaan RNA dan DNA yang pertama terletak pada fungsi keduanya. Fungsi DNA lebih kompleks, yakni sebagai pengendali aktivitas genetis (faktor keturunan) dan kegiatan sintesis protein.

Sementara itu, RNA hanya sekedar berfungsi sebagi pengendali sintesis protein saja.

2. Perbedaan Letak DNA dan RNA

Letak DNA dan RNA juga berbeda. DNA umumnya dapat kita temukan hanya pada inti sel, sementara RNA bisa ditemukan pada beberapa organel sel antara lain inti sel, sitoplasma, atau ribosom.

3. Perbedaan Bentuk dan Ukuran DNA - RNA

DNA adalah gugus asam amino rantai ganda, sedangkan RNA adalah gugus asam amino rantai pendek.

Oleh karena itu, secara ukuran, bentuk DNA umumnya lebih panjang dengan bentuk membulat, sementara ukuran RNA lebih pendek bentuk bentuk yang lebih tipis. Lihat gambar di atas untuk mengetahui perbedaan ukuran tersebut.

Baca Juga: Beginilah Indahnya Potret Terbentuknya Janin Dalam Rahim

4. Perbedaan Komponen Gula dalam DNA dan RNA

Gugus gula yang menyusun DNA adalah gugus Deoksirobosa, sedangkan gugus gula yang menyusun RNA adalah Ribosa. Deoksiribosa merupakan gabungan 2 gusus gula ribosa.

5. Perbedaan Jenis Basa Nitrogen dalam DNA dan RNA

Perbedaan DNA dan RNA juga terletak pada jenis basa nitrogen yang dikandungnya.

DNA mengandung 3 basa nitrogen yang antara lain Purin (adenin dan guanin), Pirimidin (sitosin dan timin), dan gugus fosfat, sementara RNA hanya mengandung 2 basa nitrogen yaitu Purin (adenin dan guanin) dan Pirimidin (sitosin dan urasil).

6. Perbedaan Kadar DNA dan RNA

Kadar RNA dapat berubah karena adanya aktivitas sintesis protein, sedangkan kadar DNA bersifat statis karena tidak dipengaruhi aktivitas sintesis protein maupun aktivitas genetis.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai perbedaan DNA dan RNA dalam bentuk tabel lengkap beserta pengertian dan fungsinya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi pengetahuan kalian dalam memahami dengan benar apa saja perbedaan RNA dan DNA.
Top