Penyebab Sakit Kepala Belakang dan Cara Mengobatinya

Komentar

Image Source: klikdokter.com

Semua orang pasti pernah merasakan sakit kepala, keluhan yang dirasakan pada setiap orang pun berbeda-beda. Namun, sakit kepala bagian belakang adalah salah satu kondisi yang sering terjadi pada beberapa orang. Sakit kepala bagian belakang bisa sembuh dengan hanya melakukan pengobatan di rumah. Apa penyebab sakit kepala belakang?

Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh kelelahan, stres, atau masalah pada otot-otot di leher atau rahang, seperti ketegangan otot. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 20 menit sampai 2 jam. Hal ini mengakibatkan nyeri otot di leher bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

Penyebab sakit kepala bagian belakang

1. Migrain

Apa saja penyebab sakit kepala bagian belakang? Migrain biasanya memang tidak menyerang bagian belakang kepala, tetapi belum tentu migrain tidak dapat menyerang bagian ini. Para ahli saraf meyakini bahwa migrain disebabkan oleh perubahan pada aliran darah di otak dan aktivitas sel saraf. Keturunan juga bisa menyebabkan migrain. Migrain juga bisa dipicu oleh kurang tidur atau kebanyakan tidur, kelelahan, stres, cahaya terang, bau yang menyengat, suara yang terlalu keras, dan juga bisa dari faktor makanan.

2. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang merupakan sakit kepala yang paling umum dirasakan oleh setiap orang dan biasanya terjadi pada tingkat yang ringan sampai sedang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh kelelahan, stres, atau masalah pada otot-otot di leher atau rahang, seperti ketegangan otot. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 20 menit sampai 2 jam. Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala tegang tampaknya dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap nyeri. Hal ini mengakibatkan nyeri otot di leher bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

3. Neuralgia oksipital

Sakit kepala bagian belakang juga dapat disebabkan oleh neuralgia oksipital. Neuralgia oksipital adalah kondisi saraf oksipital (saraf yang ada pada sumsum tulang belakang sampai kepala) meradang atau mengalami cedera. Sehingga, Anda merasakan sakit pada bagian belakang kepala  atau pada bagian bawah kepala Anda. Namun, sakit kepala ini juga dapat menyebar ke bagian atas kepala.

4. Sakit kepala cluster

Apa penyebab sakit kepala belakang sebelah kiri? Sakit kepala ini datang dan pergi pada waktu tertentu, dan juga dinamakan sakit kepala cluster. Sakit kepala ini biasanya terjadi di satu sisi kepala dan juga bisa sampai parah. Anda bisa mengalami hidung tersumbat, mata merah dan berair. Lebih dari seperempat penderita sakit kepala cluster melaporkan bahwa mereka juga mengalami sakit kepala di bagian belakang. Sakit kepala cluster biasanya diderita oleh pria setengah baya yang mempunyai riwayat merokok. Penyebab sakit kepala ini belum diketahui, namun mungkin faktor genetik bisa menjadi salah satu penyebabnya.

5. Sakit kepala cervicogenic

Ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari sakit kepala bagian belakang. Sakit kepala ini bisa dimulai dari satu sisi kepala dan kemudian bisa menyebar ke sisi lainnya dan juga ke dahi. Sakit kepala cervicogenic bisa dipicu oleh postur, cedera leher, dan cedera ringan lainnya. Sakit kepala bagian belakang yang disebabkan oleh sakit kepala cervicogenic ini seringnya dialami oleh orang yang lebih tua.

6. Aktivitas fisik

Apa penyebab sakit kepala belakang sebelah kanan? Penyebab sakit kepala bagian belakang bisa dipicu oleh aktivitas fisik yang berat. Pada beberapa kasus, sakit kepala belakang ini bisa terasa tepat di belakang mata. Sakit kepala belakang ini biasanya berlangsung selama 20 menit. Pada umumnya, pusing kepala bagian belakang ini tidak mengindikasikan masalah serius, namun bisa juga merupakan tanda gangguan pembuluh darah pada otak, meskipun ini sangat jarang terjadi. Segera konsultasikan dengan dokter jika Anda sering sekali terserang penyakit ini.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sakit kepala belakang, alangkah baiknya Anda juga perlu tahu cara mengatasi sakit kepala bagian belakang. Berikut beberapa cara mengobati sakit kepala bagian belakang.

Cara mengobati sakit kepala bagian belakang

1. Memijat kepala

Berikan pijatan yang lembut pada bagian pada area yang sakit. Selain itu, cobalah berikan pijatan lembut pada leher, punggung, bahu dan pelipis. Pijatan lembut tersebut juga dapat mengurangi ketegangan otot yang menyebabkan rasa sakit kepala muncul.

2. Kompres hangat

Kompres menggunakan air hangat pada bagian kepala belakang dan leher agar otot-otot tidak tegang. Tidak hanya mengompres, Anda juga bisa mencoba mandi dengan air hangat. Mandi air hangat dipercaya efektif mengurangi ketegangan otot sehingga meredakan sakit kepala belakang. Selain menggunakan air hangat, mengompres menggunakan es juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dikepala akibat migrain.

3. Tidur

Jika Anda mengalami sakit kepala sebaiknya tidur di ruangan yang tenang dan gelap. Matikan lampu saat tidur agar lebih nyaman. Selain itu, hindari faktor-faktor pemicu sakit kepala, seperti mengatur pola hidup yang baik dan mengelola stres.

4. Minum obat

Jika beberapa penanganan sakit kepala belakang di atas tidak membantu untuk meredakan rasa sakit, tak ada salahnya Anda mengonsumsi obat untuk meredakan rasa sakit. Jenis obat untuk sakit kepala yang bisa Anda gunakan adalah obat antinyeri yang dapat dibeli bebas di apotek. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar diberikan obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi sakit kepala belakang. Semoga bermanfaat.
Top