Penyebab Panas Dalam dan Cara Alami Meredakan Panas Dalam

Komentar

Image Source: idntimes.com

Sariawan, bibir pecah-pecah, dan nyeri tenggorokan merupakan gejala khas yang Anda rasakan ketika panas dalam. Gejala tersebut muncul dan selalu menyerang pada tenggorokan sehingga bisa sangat menganggu aktivitas Anda. Apalagi jika sudah muncul gejala-gejala parah yang tak hanya menyerang tenggorokan. Apa penyebab panas dalam?

Penyebab panas dalam dan cara mengatasinya

1. Kurang vitamin C

Apa penyebab panas dalam di lidah? Vitamin C adalah salah satu vitamin yang penting untuk tubuh. Salah satu manfaat vitamin C adalah kandungan zat antioksidan. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan atau menangkal zat-zat radikal bebas pada tubuh karena polusi dan juga sinar matahari. Kekurangan vitamin C membuat tubuh rentan pada berbagai macam penyakit, tak terkecuali penyakit panas dalam.

2. Daya tahan tubuh menurun

Apa penyebab panas dalam pada anak? Terkadang Anda berfikir mengapa tubuh sangat rentan terkena penyakit? Bisa jadi itu terjadi karena daya tahan tubuh Anda menurun. Daya tahan tubuh menurun menyebakan sistem imun dalam tubuh juga ikut menurun, sehingga gampang terkena penyakit.

3. Stres

Stres memang menjadi salah satu penyebab timbulnya banyaknya penyakit. Saat stres, kondisi hormon dalam tubuh tidak beraturan yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi menurun. Saat stres, Anda cenderung makan dan minum secara sembarangan sehingga asupan gizi yang masuk juga tidak baik untuk tubuh. Sehingga rawan terkena penyakit seperti panas dalam.

4. Cuaca yang tak menentu

Saat ini mungkin Indonesia sedang masuk dalam musim hujan, tapi bisa saja di siang hari matahari muncul dengan panasnya. Hal ini membuat tubuh tidak bisa menyesuaikan, belum lagi jika pada sore hari atau malam hari cuaca berubah drastis menjadi hujan dan dingin.

5. Mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan bersantan

Untuk menghindari konsumsi makanan pedas, berminyak, dan bersantan cukup sulit bagi masyarakat Indonesia. Mayoritas makanan yang Anda temukan di kantin dan warung-warung memiliki tiga kandungan di atas. Susahnya, makanan macam itu bisa menimbulkan panas dalam.


Untuk membantu penyebab panas dalam dan obat nya, Anda bisa melakukan hal-hal seperti:
  • Menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. Minimal tidur malam 7–8 jam sehari dan tidak merokok.
  • Kelola stres dengan manajemen stres yang benar. Melakukan yoga, meditasi, menjalani hobi yang positif, atau ikut healing atau support group bisa jadi pilihan.
  • Bila memiliki gangguan lambung, atur makan dalam porsi kecil tapi sering, kurangi konsumsi kopi, teh, serta makanan pedas dan asam.
  • Untuk meredakan nyeri tenggorokan dan sariawan, berkumurlah dengan larutan kumur yang mengandung chlorhexidine gluconate. Jika mengalami sariawan, gunakan gel yang mengandung asam hyaluronat.
  • Oleskah madu pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Untuk mengembalikan daya tahan tubuh kembali optimal, konsumsi campuran perasan lemon dan madu.
  • Jika memiliki keluhan seperti bau mulut dan nyeri tenggorokan, berkumurlah dengan air garam sebagai obat kumur alami yang berfungsi sebagai antiseptik.
  • Bila rongga mulut Anda kering, mulut akan terasa asam dan dapat menimbulkan bau tak sedap. Untuk menjaga kesegaran napas dan supaya terhindar dari  bau mulut, Anda perlu menyikat gigi dengan pasta gigi yang memiliki kandungan bahan-bahan alami seperti garam, ekstrak daun sirih, dan jeruk nipis.
Demikian artikel mengenai penyebab panas dalam dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.
Top