6 Penyebab Gusi Bengkak dan 5 Cara Alami Mengobatinya

Komentar

Image Source: kompas.com

Gusi merupakan bagian tubuh yang terletak di dalam mulut yang terdiri atas jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar di dalam rongga mulut. Gusi memiliki warna merah muda yang menandakan adanya pembuluh darah di baliknya.

Pada dasarnya, gusi yang sehat memiliki warna merah muda, stabil, dan tidak goyah saat disentuh. Selain hal-hal tersebut, maka mungkin gusi Anda bermasalah. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa jika gusi berwarna merah terang, atau bahkan sampai berdarah maka ada peradangan yang terjadi.

Salah satu masalah pada gusi yang sering dialami banyak orang adalah gusi bengkak. Masalah bengkak pada gusi ini seringkali diabaikan dan dianggap biasa, padahal bila dibiarkan, gusi bengkak dapat  menjadi penyebab masalah lain pada gusi yang kemudian bisa menjalar hingga ke gigi, bahkan mulut. Apa penyebab gusi bengkak?

Penyebab gusi bengkak

1. Plak dan karang gigi

Apa penyebab gusi bengkak dan sakit? Plak adalah lapisan tak terlihat pada gigi dan gusi yang terbentuk oleh bakteri di mulut. Plak akan terlihat jika gigi tidak dibersihkan secara rutin sehingga menimbulkan zat berwarna kekuningan pada permukaan gigi. Plak dapat dihilangkan dengan menyikat gigi karena konsistensinya yang lunak. Plak tidak hanya menyebabkan gigi berlubang tapi juga menyebabkan infeksi. Plak yang menumpuk dapat masuk ke dalam gusi dan menyebabkan peradangan.

Karang gigi terbentuk dari plak yang mengeras. Plak akan berubah menjadi karang gigi dalam kurun waktu tertentu atau biasanya lebih dari 10 hari. Biasanya karang gigi terbentuk di antara celah gigi dan gusi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi, sehingga pembentukannya cenderung tidak terkontrol dan hanya bisa dibersihkan oleh dokter gigi.

2. Iritasi

Apa penyebab gusi bengkak dan berdarah? Reaksi alergi terhadap bahan yang terkandung dalam pasta gigi, makanan, obat-obatan atau bahkan kawat gigi, dapat menyebabkan iritasi dengan gejala kemerahan dan pembengkakan pada jaringan gusi. Banyak orang baru menyadari bahwa mereka mengalami gusi bengkak setelah mengganti pasta gigi jenis yang berbeda dari biasanya.

3. Sisa makanan

Makanan yang masuk masuk ke bawah gusi atau melekat di sela-sela gigi seringkali sulit untuk dibersihkan. Salah satu contoh makanan yang sering terjebak di bawah gusi adalah popcorn dan serat daging. Satu atau dua hari sesudah sisa makanan terselip, terjadilah pembengkakan yang baru akan mereda setelah sisa-sisa popcorn dibersihkan atau keluar dengan sendirinya.

4. Perbaikan gigi dengan cara yang salah 

Gigi yang merenggang karena usia dan diperbaiki dengan cara yang salah, dapat memudahkan sisa-sisa makanan terjebak di sela-sela gigi. Seringkali, sisa-sisa makanan yang sudah terjebak itu sulit dibersihkan sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan infeksi. Gigi palsu yang tidak pas juga dapat mengiritasi jaringan gusi, menyebabkannya luka atau bengkak.

5.  Hormon

Gusi bengkak karena pengaruh hormon seringkali terjadi pada perempuan, khususnya dalam kondisi sedang hamil. Perubahan kadar hormon karena kehamilan merupakan penyebab utamanya, dan biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara.

6. Obat-obatan

Apa penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya? Beberapa jenis obat-obatan ternyata dapat menjadi penyebab gusi membengkak. Hal ini perlu Anda perhatikan bila Anda sudah menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan dengan baik, namun gusi Anda tampak membengkak. Obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah menjadi salah satu contohnya, karena obat-obatan tersebut menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi sehingga mengakibatkan pembengkakan.

Cara mengatasi gusi bengkak

Apa penyebab gusi bengkak dan bagaimana cara mengobatinya? Setelah mengetahui beberapa penyebab utama pembengkakan pada gusi, maka Anda juga perlu memahami beberapa cara untuk mengatasi gusi bengkak. Berikut beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda lakukan.

1. Garam

Garam sudah menjadi rahasia umum dan biasa digunakan untuk masalah kesehatan pada gigi. Kamu dapat menggunakan Garam sebagai cara mengobati gusi gigi yang alami dan ampuh. Kadar sodiumnya yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab plak atau karang gigi. Garam mampu dimanfaatkan sebagai antiseptik alami untuk menghilangkan bau dan menjaga kesehatan pada mulutmu. Caranya:
  • Campurkan 2 sdm garam dan segelas air hangat. 
  • Aduk hingga larut. 
  • Berkumurlah setiap kali selesai menyikat gigi agar dapat membasmi bakteri sampai bersih.

2. Lemon

Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami agar kadar ph dalam mulut seimbang. Selain lemon merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Lemon juga dapat menjadi cara alami mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang.
Caranya:
  • Peras 1 buah lemon. 
  • Masukkan dalam segelas air hangat. 
  • Gunakan untuk berkumur 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang.

3. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apabila Anda akan menggunakan minyak ini untuk mengobati gusi bengkak secara cepat maka Anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli. Cara menyembuhkan gusi bengkak, Anda cukup mengoleskan minyak tersebut pada gusi yang sakit. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam sehari. Dalam waktu yang cepat gusi yang bengkak akan kembali normal.

4. Bawang merah

Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara menyembuhkan gusi bengkak yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.

5. Kunyit

Mengoleskan krim yang terbuat dari bubuk kunyit dan minyak kelapa dapat menjadi obat alami untuk meredakan pendarahan pada gusi. Hal ini karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat terapiutik, yang dapat meredakan dan mempercepat penyembuhan pada gusi bengkak dan berdarah.

Caranya:
  • Pijat bagian gusi yang bengkak dengan krim kunyit. 
  • Diamkan selama 15 menit. 
  • Kumur-kumur dengan menggunakan air hangat.

Jika cara diatas masih kurang berhasil segeralah konsultasi ke dokter gigi agar mendapat perawatan yang lebih lanjut.

Demikian apa penyebab gusi bengkak dan apa obatnya? Semoga dapat bermanfaat.
Top