6 Penyebab Darah Rendah / Hipotensi

Komentar

Image Source: rd.com

Penyebab Darah Rendah - Tekanan darah dapat dihasilkan ketika jantung sedang memompa darah ke seluruh arteri darah dalam tubuh. Ketika darah mengalir melalui arteri, dan darah memberikan tekanan pada dinding arteri.

Maka tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah. Jika tekanan darah di dalam arteri lebih rendah dibandingkan normal, maka bisa disebut dengan tekanan darah rendah.

Dan juga pada umumnya banyak orang lebih fokus kepada penyebab tensi darah yang tinggi, karena hal tersebut salah satu yang dapat menyebabkan kematian. Namun perlu diketahui, bahwa tekanan darah yang rendah tidak kalah membahayakan. Lalu apa penyebab darah rendah?

Apakah penyebab tekanan darah rendah? Apa saja penyebab darah rendah? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Berbagai Penyebab Darah Rendah


Image Source: whitecoathunter.com

1. Sedang hamil

Apa penyebab dari darah rendah yang pertama? Yaitu ketika hamil. Karena saat hamil peredaran darah wanita berkembang sangat cepat. Hal tersebut terjadi karena selama kehamilan terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun.

Biasanya tekanan darah akan mulai turun pada awal kehamilan dan pada umumnya terjadi ketika usia kehamilan trimester kedua.

2. Sakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung memang mudah dijumpai juga serangan darah rendah. Kondisi tersebut mungkin juga dijumpai pada orang yang sakit gagal jantung dan serangan jantung.

Hal tersebut disebabkan karena darah yang tidak dapat dipompa baik oleh jantung yang sedang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

3. Hormon yang berubah

Kondisi kesehatan sering kali dapat dipengaruhi oleh hormon tubuh. Salah satunya tekanan darah rendah yang berhubungan dengan penyakit addison.

Penyakit addison merupakan penyakit di mana sistem imun tubuh menyerang dan merusak kelenjar-kelenjar adrenal. Biasanya penyakit addison akan menyerang dua kelenjar yang berukuran kecil yang berada di atas ginjal.

Kedua kelenjar tersebut adalah kelenjar yang memproduksi hormon-hormon yang mengendalikan tekanan darah serta menjaga keseimbangan garam dan air yang berada di dalam tubuh.

4. Dehidrasi

Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kekurangan cairan. Selama dehidrasi, darah yang bergantung pada air tidak dapat memasok peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, kondisi tersebut dapat menurunkan volume darah pada arteri dan vena dan menyebabkan terjadinya darah rendah.

5. Sedang mengkonsumsi obat-obatan

Ketika sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, maka juga dapat menyebabkan darah rendah. Beberapa obat yang dapat memengaruhi antara lain alpha blocker (obat darah tinggi), beta blocker, dan obat antidepresan.

6. Anemia

Ketika saat seseorang mengalami anemia, yang akan terjadi pada tubuh adalah kekurangan darah. Kondisi tersebut di mana hemoglobin di dalam tubuh berada dalam jumlah di bawah angka normal. Dan juga hal tersebut dapat dipastikan tekanan darah di dalam tubuh juga akan menjadi sangat rendah.

Demikian penjelasan diatas tentang apakah yang menyebabkan darah rendah. Semoga bermanfaat!
Top