Berikut Bacaan Niat Puasa Qadha Beserta Doa Buka Puasanya

Komentar

Image Source: nu.or.id

Menjalankan ibadah puasa ramadhan bagi setiap orang muslim yang sudah baligh dan berakal menjadi kewajiban yang harus dilakukannya selama satu bulan penuh.

Namun dalam agama Islam ada yang namanya rukhsoh atau sebuah kemudahan yang di berikan bagi orang-orang yang tidak mampu melaksanakan kewajiban tersebut karena adanya suatu alasan dan halangan yang dilarang oleh agama.

Salah satunya hal yang di larang agama Islam ketika ingin berpuasa ramadhan adalah sakit, haid (bagi wanita), musafir, dan udzur menurut agama. Walaupun di berikan sebuah kemudahan dalam melaksanakan ibadah puasa ramadhan, tapi tentunya ada bayaran yang harus dilakukan untuk menutup hutang puasa ramadhan yang tidak bisa dilaksanakan di bulan ramadhan.

Dalam hal tersebut di beri nama puasa qadha atau ganti. Dengan melakukan puasa qadha dengan niat puasa qadha dan doa buka puasa qadha yang benar, setidaknya itu sama saja artinya dengan anda sudah membayar hutang puasa ramadhan yang anda tinggalkan karena suatu alasan.

Selain itu, adapun kutipan dari kitab Az-Zawaajir no.11 yang mengatakan bahwa kita diwajibkan untuk sesegera mungkin untuk melaksanakan ibadah qadha terhadap ibadah wajib yang pernah di tinggalkan dengan berbagai macam alasan.

Bahkan ada sebuah qiyas yang menyatakan untuk sesegera mungkin melaksanakan ibadah qadha dari amalan-amalan ibadah yang sudah di fardhukan sesuai dengan syarat taubat itu sendiri. Adapun qiyas tersebut yang berbunyi sebagai berikut,

وعبارة الزواجر الحادي عشر أي من شروط التوبة التدارك فيما إذا كانت المعصية بترك عبادة ففي ترك نحو الصلاة والصوم تتوقف صحة توبته على قضائها لوجوبها عليه فورا وفسقه بتركه كما مر فإن لم يعرف مقدار ما عليه من الصلوات مثلا قال الغزالي تحرى وقضى ما تحقق أنه تركه من حين بلوغه

Artinya: “Dari syarat-syaratnya taubat, adalah menyusul dan membenarkan kesalahan/maksiat yang telah ia perbuat akibat meninggalkan ibadah dimasa silam, dalam meninggalkan semacam shalat dan puasa misalnya, untuk dapat mengabsahkan taubatnya harus diqadha terlebih dahulu karena mengqadhanya diwajibkan sesegera mungkin dan dihukumi fasik bila ditinggalkan seperti keterangan yang telah lewat.”

Namun, bagi umat muslim yang ingin berpuasa qadha harus mengetahui niat puasa qadha terlebih dahulu. Lalu apa niat puasa qadha?

Apa bacaan niat puasa qadha dan artinya? Apa bacaan niat buka puasa qadha? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Bacaan Niat Dan Doa Buka Puasa Qadha

Image Source: fajrifm.com

1. Bacaan niat puasa qadha

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

Bacaan Latin:
“NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAAIN FARDHO ROMADHONA LILLAHI TA’ALA.”

Artinya:  “Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala.”

2. Bacaan Doa Buka Puasa Qadha

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Bacaan Latin:
“ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN.”

Artinya: “Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.”

Demikian penjelasan diatas tentang bacaan niat dan doa buka puasa qadha. Semoga bermanfaat!
Top