Segudang Manfaat Ruqyah Dalam Islam Disertai Dalilnya

Komentar

Image Source: arah.com

Ruqyah merupakan metode islami untuk menyembuhkan seseorang dari sihir, kerasukan, gangguan jin, gigitan hewan ataupun penyakit lainnya. Metode ruqyah pada umumnya dilakukan oleh para ahli agama (Seperti ustad atau kyai).

Dan juga untuk proses pelaksanaannya, ustad akan membacakan doa-doa yang bersumber dari Al-quran, kemudian meniupkannya di tangan lalu mengusapkannya ke seluruh tubuh orang yang diruqyah. Lalu apa manfaat ruqyah?

Apa saja manfaat ruqyah? Apa manfaat ruqyah dalam islam? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Manfaat Ruqyah Dalam Islam

1. Dapat memberikan kebaikan untuk orang lain

Walupun ruqyah bukanlah hal yang diwajibkan dalam islam. Namun, bila seseorang mampu melakukan ruqyah terhadap orang lain dengan cara yang benar sesuai syariat agama maka berarti dia telah berbuat kebaikan. Karena telah menolong orang yang kesusahan.

Nabi Muhammad  shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa diantara kalian mampu memberi manfaat kepada saudaranya, maka berilah padanya manfaat.” (HR. Muslim, Ahmad dan Ibnu Majah)

2. Sebagai bentuk keimanan

Mempercayai kebesaran Allah SWT dan kemuliaan kitab suci Al-Quran merupakan bentuk beriman kepada Allah SWT. Karena ruqyah yang dilakukan dengan benar, yaitu menggunakan bacaan al-quran sebagai cara untuk mengusir penyakit. Sehingga dapat menunjukkan bahwa dia percaya kepada Allah SWT.

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga telah berfirman bahwa,
“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (QS. AL-Isra’:82)

3. Dapat mengusir dari gangguan setan

Apa manfaat ruqyah selanjutnya? Yaitu ruqyah dapat menyingkirkan gangguan syaiton. Hal tersebut juga telah dijelaskan oleh Abdul Khalik Al-atthar yang mengatakan bahwa ruqyah bertujuan untuk memohon pertolongan dari Allah SWT supaya terhindar dari gangguan setan maupun sihir.

4. Dapat membentengi diri

Terdapat berbagai doa yang dibacakan saat proses ruqyah, salah satu diantaranya adalah surat yasin dan ayat kursi. Kedua surat ini yang sangat berperan untuk memberikan perlindungan pada diri sendiri dan membentengi supaya dijauhkan dari hal-hal yang jahat.

Dari Ibnu Mas’ud t, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Barangsiapa membaca sepuluh ayat dari empat ayat pertama dari surat al Baqarah dan ayat kursi, kemudian membaca dua ayat sesudahnya dan akhirnya, maka rumah itu tidak dimasuki setan hingga pagi hari.” (HR Thabrani)

5. Dapat membantu mengurangi stres

Dengan membaca doa-doa dari ayat Al-Quran dan dzikir dapat membantu menenangkan jiwa, termasuk menghilangkan stres dan despresi. Namun, membaca doa tidak harus lewat ruqyah. Saat kita sedang sendirian sangat dianjurkan untuk memperbanyak bacaan doa supaya hati lebih tenang.

6. Dapat membantu mengendalikan emosi

Begitu banyak faktor yang menjadikan seseorang ingin marah, seperti tekanan dari orang-orang disekitar, rasa sedih berlebihan maupun karena godaan setan.

Untuk untuk menghilangkan emosi tersebut cara terampuh lewat membaca doa dan berdzikir kepada Allah SWT. Salah satunya yaitu dengan ruqyah.

7. Dapat membuat hati lebih tenang

Apa manfaat dari ruqyah yang terakhir? Yaitu dapat membuat hati lebih tenang. Setelah dibacakan doa-doa, pada umumnya hati orang yang diruqyah akan semakin menjadi lebih tenang dan damai. Karena hal tersebut menunjukkan bahwa pengaruh setan sudah tidak ada.

Demikian penjelasan diatas tentang manfaat ruqyah menurut islam. Semoga bermanfaat!
Top