5 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

Komentar
manfaat madu untuk ibu hamil
Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin (foto: Metronews)

Anda sedang hamil? Rajin-rajinlah mengkonsumsi madu.

Sebab, kandungan nutrisi yang ada dalam madu akan memberikan 5 manfaat ini bagi kesehatan Anda maupun janin yang sedang Bunda kandung.

Kehamilan merupakan salah satu masa yang ditunggu oleh setiap wanita, namun  ibu yang sedang hamil juga mengalami kondisi yang terkadang tidak menyenangkan. Maka perlu mendapatkan penjagaan yang baik saat sedang hamil. Salah satu bahan makanan sehat untuk ibu hamil adalah madu.

Sudah selazimnya seorang wanita yang tengah mengandung, harus selalu berada dalam kondisi tubuh yang prima, karena kesehatan sang ibu juga akan memengaruhi kesehatan calon bayi.

Di dalam madu, terdapat campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Selain itu ada pula karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya.

Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin. Komposisi kompleks inilah yang membuat manfaat madu baik untuk kesehatan.

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi madu. Hal ini dikarenakan ibu yang sedang mengandung butuh tenaga ekstra, daya tahan tubuh ekstra, dan juga butuh nutrisi yang lebih untuk sang buah hati. Lebih dari itu, manfaat madu terbaik tentu adalah sifatnya yang merupakan bahan alami.

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil


tribunnews.com

Nah daripada penasaran, berikut manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama, kedua maupun yang hamil tua.

1. Sebagai Sumber Kalori

Rasa manis yang dimiliki madu memang berasal dari kandungan sukrosa, dan sukrosa ini merupakan salah satu jenis gula yang memiliki sifat yang jauh lebih aman daripada glukosa.

Bukan hanya itu, di dalamnya juga terkandungn karbohidrat kompleks, vitamin B kompleks, serta kandungan zat besi yang mana mampu memenuhi kebutuhan nutrisi para ibu hamil dan janin.
 

2. Membantu Menguatkan Kehamilan

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama maupun kedua sangatlah besar.

Madu memiliki kandungan 6 hormon, dan dua jenis hormon di antaranya adalah HCG dan juga HPL, di mana kedua kandungannya diyakini mampu menjaga kesehatan Anda serta memperkuat kehamilan.

3. Meningkatkan Imunitas Ibu Hamil

Madu memiliki kandungan vitamin C, kandungan zat besi, Vitamin B dan juga berbagai jenis senyawa penting lainnya yang memang memiliki sifat anti bakteri juga anti virus.

Kandungan-kanudngan ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kelangsungan kehamilan Anda. Bukan hanya itu, madu sendiri juga memiliki manfaat yang baik dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Membantu Mengurangi Rasa Mual

Manfaat konsumsi madu untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengurangi rasa mula.

Di usia kehamilan yang pertama, umumnya para ibu hamil akan mengalami morning sicknes yang ditandai dengan gejala mual yang disertai muntah.

Ketika Anda mengkonsumsi madu, maka kondisi ini bisa sedikit berkurang dan Anda akan merasa nyaman dengan kehamilan Anda tanpa adanya keluhan.

5. Membantu Mengurangi Stres & Insomnia

Madu memiliki kandungan senyawa yang cukup unik, yang mana memiliki nama tryptophan (kandungan ini mampu bekerja untuk memicu kondisi tubuh memproduksi hormon serotonin).

Kandungan hormon ini bermanfaat untuk memberikan efek menenangkan dan membuat Anda merasa nyaman, ceria dan juga santai.

Baca Juga: Bukan Sebuah Mitos, Inilah 4 Manfaat Nyata Kunyit Dicampur Madu Bagi Kesehatan

Adakah efek samping madu untuk ibu hamil?


alodokter.com

Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa bagi Bunda dan janin, ada beberapa kondisi yang membuat Bunda tak boleh sembarangan mengkonsumsi madu.

1. Ibu hamil yang mengidap diabetes

Meski ibu hamil yang mengidap diabetes gestasional masih dapat mengonsumsi madu, tapi hal yang perlu diwaspadai adalah madu dengan kandungan fruktosa yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

2. Ibu hamil yang memiliki reaksi alergi madu

Beberapa orang juga dapat mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi madu, dengan berbagai gejala seperti susah menelan, batuk, asma, gatal-gatal, sesak napas, radang paru, perubahan suara, pembengkakan pada kulit, bersin-bersin, hingga kondisi yang mengancam nyawa.

Nah, bagi ibu hamil yang memiliki alergi pada madu, tentu saja sangat tidak disarankan mengkonsumsi madu.

3. Ibu hamil yang pernah mengalami pendarahan 

Pada ibu hamil yang mengalami gangguan perdarahan, madu dapat meningkatkan risiko perdarahan.

4. Ibu hamil dengan gangguan saraf & jantung

Waspadai konsumsi madu pada ibu hamil yang sedang mengalami sakit perut, gangguan sistem saraf, serta memiliki penyakit jantung. Karena mengkonsusi madu, malah justru akan membahayakan kesehatan Anda.

Jika Anda ingin mengkonsumsi madu dan mendapatkan beragam khasiatnya, pastikan Anda tidak memiliki alergi madu serta berbagai penyakit diatas. Jika Anda masih ragu untuk mengonsumsi madu untuk ibu hamil, ada baiknya mengonsultasikannya ke dokter kandungan Anda.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top