5 Manfaat Lidah Buaya, Mengobati Luka Bakar, Cepat Sembuhkan Luka, dll

Komentar

Image Source: parenting.firstcry.com

Lidah buaya atau yang juga bisa disebut aloe vera sejak dahulu telah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional di sejumlah negara. Salah satunya di india, lidah buaya digunakan untuk mengatasi sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi, dan lain-lainnya.

Sementara di china, lidah buaya sering direkomendasikan untuk pengobatan penyakit jamur. Dan juga di dunia Barat, lidah buaya digunakan untuk industri kosmetik, farmasi, dan makanan. Selain itu, masih terdapat banyak lagi manfaat lidah buaya. Lalu apa manfaat lidah buaya?

Apa saja manfaat lidah buaya? Apa manfaat lidah buaya bagi manusia? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Berbagai Manfaat Lidah Buaya

Image Source: naturerepublicaloevera.com

1. Dapat mengobati luka bakar 

Gel lidah buaya mempunyai efek perlindungan terhadap kerusakan radiasi pada kulit. Ketika gel lidah buaya digunakan pada luka bakar, dapat berguna untuk membantu mencegah penindasan yang diinduksi oleh sinar UV, sehingga area tersebut dapat sembuh lebih cepat.

2. Dapat menyembuhkan luka 

Lidah buaya mempunyai sifat antivirus dan anti-inflamasi yang dapat berguna untuk membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan luka basah-atau luka di mulut. Tidak hanya itu, kandungan asam amino dan vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin C juga sangat membantu.

Salah satu manfaat vitamin B6, misalnya adalah dapat bertindak sebagai pengobatan rasa sakit alami dan menciptakan antibodi yang digunakan untuk melindungi sistem kekebalan tubuh.

3. Dapat melembapkan rambut dan kulit kepala 

Lidah buaya merupakan obat alami yang sangat baik untuk rambut kering atau kulit kepala yang gatal. Vitamin dan mineral yang tinggi dari lidah buaya juga dapat membuat rambut kuat dan sehat. Tidak hanya itu, karena memilki sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat membantu mengatasi ketombe.

Sementara enzim gel, dapat membantu membersihkan sel mati kulit kepala dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Dan juga dapat membantu menghentikan rasa gatal yang terkait dengan ketombe atau kulit kepala yang kering.

4. Dapat mengobati sembelit 

Penggunaan aloe lateks sebagai laksatif sangat bermanfaat untuk pencernaan. Kandungan antrakuquinon yang ada di lateks dapat meningkatkan kadar air di usus, dan menstimulasi sekresi lendir.

Kandungan ini juga dapat meningkatkan peristaltik usus, yang merupakan kontraksi yang memecah makanan dan mencampur ke dalam chyme.

Setelah bercampur dengan zat asam dan enzim, makanan berubah menjadi cairan kental yang dinamai chyme. Chyme akan bergerak meninggalkan lambung menuju usus halus.

5. Dapat membantu sistem pencernaan 

Jus lidah buaya dapat membantu pencernaan, menormalkan asam/basa serta keseimbangan pH, mengurangi pembentukan ragi, mendorong bakteri pencernaan, dan mengatur pengolahan usus.

Demikian penjelasan diatas tentang apa manfaat dari lidah buaya. Semoga bermanfaat!
Top