10 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Komentar

Image Source: pixabay.com

Pisang adalah buah yang digemari banyak orang selain rasanya yang manis, buah ini juga sering kali diolah dalam berbagai bentuk makanan. Selain memanfaatkan daging buahnya, tahukah Anda bahwa kulit pisang juga dapat  berguna untuk kesehatan. Ada kandungan gizi dan manfaat dari kulit pisang untuk kebaikan tubuh.

Kandungan kulit pisang ini cukup lengkap, diantaranya adalah karbohidrat, lemak, protein, zat besi, kalsium, fosfor, vitamin B & C serta air. Salah satu kandungan kulit pisang yang cukup besar adalah air dan karbohidrat. Kandungan air dalam kulit pisang mencapai 68,90% dan karbohidrat mencapai 18,50 %. Sedangkan sisanya adalah kandungan kulit pisang seperti yang telah disebutkan diatas seperti zat besi, protein, kalsium, fosfor, dll. Kandungan tersebut semuanya dapat berguna bagi tubuh, baik sebagai sumber energi atau sebagai anti body. Apa manfaat kulit pisang?

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan

1. Untuk menghilangkan jerawat

Apa manfaat kulit pisang untuk wajah? Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat pada kulit pisang dapat berguna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah dan dapat mengatasi rasa gatal serta iritasi pada kulit yang berjerawat. Sehingga jerawat dapat lebih cepat untuk disembuhkan serta bekas jerawat pun dapat dihilangkan.
Caranya:
  • Ambil kulit pisang yang masih kuning. 
  • Kemudian gosok-gosokkan pada wajah. 
  • Jika kulit pisang sudah menghitam ganti kulit pisang dengan yang baru. 
  • Ulangi sampai kira-kira 10 menit. 
  • Kemudian diamkan selama 1/2 sampai 1 jam. 
  • Lalu bilas dengan air bersih. 

Cara ini bisa dilakukan setiap hari sampai noda jerawat yang terlihat kemerah-merahan memudar dan tidak muncul lagi.

2. Mengatasi psoriasis

Manfaat kulit pisang yang lain adalah dapat digunakan untuk mengatasi penyakit psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan kulit yang umumnya ditandai dengan kulit mengelupas, ruam merah, kulit terasa kering, bersisik dan menebal. Jika digaruk akan berakibat pendarahan bintik-bintik yang lumayan sakit. Cara yang bisa Anda coba mengatasi penyakit psoriasis adalah dengan menggosokan kulit pisang secara merata ke bagian kulit yang terkena penyakit psoriasis. Saat penggunaan pertama kulit akan memerah namun akan memudar dengan sendirinya.

3. Sebagai anti depresan

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan oleh seorang pakar di Amerika menyebutkan bahwa minum jus kulit pisang hangat mampu meredakan tekanan emosi. Selain itu, kulit pisang juga mengandung triptofan yang berguna untuk menaikkan kadar serotonin yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati dan mood. Selain dibuat untuk jus, kulit pisang juga bisa diolah dalam menjadi berbagai macam makanan.

Baca Juga:

4. Memutihkan gigi

Apa manfaat kulit pisang untuk gigi? Kulit pisang mengandung mangan, potasium dan magnesium. Kandungan inilah yang berguna untuk memutihkan lapisan email yang terdapat pada gigi. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan bagian dalam kulit pisang secara melingkar ke mulut selama 2–5 menit. Setelah itu gosok gigi seperti biasa. Cara ini dilakukan selama 1 atau 2 minggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Mengurangi keriput

Apa manfaat kulit pisang bagi kecantikan? Kulit pisang juga dapat membantu kulit tetap terhidrasi sehingga membantu mengurangi keriput. Anda bisa membuat masker kulit pisang dengan menambahkan kuning telur pada kulit pisang yang ditumbuk. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air.

Selain dengan kuning telur Anda juga bisa menambahkan satu sendok teh madu murni. Kemudian balurkan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas hingga bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara teratur selama tiga kali seminggu.

6. Menurunkan kolesterol

Apa manfaat kulit pisang bagi kesehatan? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah meningkatkan asupan serat. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat, maka otomatis akan menurunkan risiko stroke dan jantung. Manfaat kulit pisang bisa Anda gunakan untuk menurunkan kolesterol karena kulit pisang mengandung serat yang lebih larut dan tidak larut dari pada buahnya.

7. Sebagai UV Protection

Apakah manfaat kulit pisang untuk wajah? Manfaat dari kandungan kulit pisang selanjutnya adalah sebagai UV Protection. Kulit pisang mengandung zat yang bisa digunakan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Caranya adalah dengan menggosok-gosokkan kulit pisang bagian dalam pada area kelopak mata. Kulit pisang yang digunakan adalah kulit pisang yang sudah dijemur selama beberapa saat. Melakukannya secara rutin juga dapat menurunkan resiko terkena katarak.

8. Untuk mengobati kutil

Kutil memang sangat mengganggu, selain tidak nyaman juga dapat mempengaruhi penampilan. Kulit pisang juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kutil. Caranya pun sangat mudah, ambil lah kulit pisang yang masih bagus, potong dan tempelkan kulit pisang pada area kutil ketika menjelang tidur. Atau dengan cara menggosok-gosokkan kulit pisang itu ke area kurang lebih selama 10 menit, setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukanlah cara ini secara berulang-ulang, mungkin hasilnya baru akan kelihatan setelah 10 -15 hari dari praktek.

9. Untuk mengobati gigitan nyamuk

Kulit bengkak karena gigitan nyamuk juga dapat diatasi menggunakan kulit pisang. Yaitu dengan potong kecil-kecil kulit pisang kemudian tempelkan pada kulit yang terkena gigitan. Diamkan kira-kira selama 15 menit, setelah itu bilas dan cuci dengan air bersih. Jika anak-anak Anda terkena gigitan nyamuk bisa menggunakan cara ini sebagai alternatifnya.

10. Membuat tidur lebih nyenyak

Bagi Anda yang mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak, sebaiknya Anda harus mendapatkan manfaat kulit pisang. Kulit pisang mengandung tryptophan. Tryptophan sendiri adalah obat yang digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati insomnia, kecemasan, depresi, hingga sindroma premenstruasi.

Demikian apa manfaat kulit pisang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.
Top