Bagi Sebagian Orang Menjijikkan, Tapi Lihat Istimewanya Manfaat Cacing Tanah Ini

Komentar

Image Source: Liputan6.com

Sebagian orang mungkin menganggap cacing merupakan hewan yang menjijikkan, dan hanya memberi manfaat kepada para petani yang merasa terbantu dalam proses menjaga kualitas tanah perkebunannya. Faktanya, para peneliti sangat tertarik untuk melakukan riset terkait khasiat dari cacing tanah ini. Apa saja manfaat cacing tanah bagi manusia?

Manfaat cacing tanah bagi tubuh manusia

1. Menyembuhkan tifus

Manfaat cacing tanah ini banyak diburu oleh sebagian kalangan. Bahkan, ada produsen yang mengolah cacing tanah dan mengemasnya dalam bentuk kapsul sebagai obat tifus. Kemampuan cacing tanah untuk mengobati tifus tak lain karena kandungan di dalamnya yang mampu melawan bakteri penyebab tifus.

2. Antitumor

Apa manfaat cacing tanah untuk kesehatan? Efek antitumor dari cacing tanah telah diteliti secara in vitro dan in vivo. Hal ini telah terbukti bahwa EFE (enzim fibrinolitik cacing tanah) yang terisolasi dari E. fotida menunjukan aktivitas antitumor melawan sel hepatoma manusia. Hepatocellular carcinoma (HCC) merupakan kanker kelima yang paling umum dan penyebab utama ketiga terhadap kematian oleh kanker di seluruh dunia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EFE dapat digunakan dalam pengobatan hepatoma. Selain itu, campuran makromolekul dari homogenat E. foetida menghambat pertumbuhan sel-sel melanoma in vitro dan in vivo.

3. Penyembuh luka

Banyak ilmuwan dan kelompok medis telah mencari cara untuk meningkatkan perawatan luka dan membantu peyembuhan luka. Penyembuhan luka pada kulit adalah proses yang kompleks, ditandai dengan epitelisasi (pertumbuhan sel-sel kulit muda yang menutup luka) dan pemulihan jaringan ikat. Mineral yang diperoleh dari cacing spesies L. mauritii dapat beraksi menjadi antiinflamasi, antioksidan, dan aktivitas hepatoprotektif. Karena itu, cacing ini dapat dipertimbangkan dalam pengobatan luka termasuk untuk berbagai panyakit manusia.

4. Pengenal imunologi

Manfaat cacing tanah dalam bidang kesehatan yaitu merupakan salah satu organisme pertama dalam evolusi yang memiliki pengenalan imunologi dan memori. Cacing tanah menghasilkan beberapa jenis leukosit, serta menyintesis dan menyekresi berbagai molekul imunoprotektif. Mereka memiliki kekebalan bawaan, termasuk beberapa fungsi yang terkait dengan kekebalan adaptif (penolakan jaringan alogenik). Ceomocytes yang terlibat dalam kekebalan bawaan, memainkan peran sentral dalam sistem kekebalan tubuh cacing tanah.

5.  Antipiretik dan antioksidan

Apa manfaat dari cacing tanah? Perlindungan tubuh manusia terhadap radikal bebas sangatlah penting, karena hal itu berhubung dengan kemajuan pertahanan untuk banyak penyakit kronis. Antioksidan non-enzimatik, seperti glutathione, vitamin C dan E, Tocopherol dan Ceruloplasmin, melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Antipiretik juga telah terdeteksi pada cacing spesies Lumbricus dan Perichaeta, serta dalam mineral cacing tanah lampito mauritii. Aktivitas ini mirip seperti apa yang diperoleh aspirin. Mineral daro L. mauritii juga menunjukkan tindakan antipiretik dan antioksidan yang luar biasa dalam pengobatan ulkus peptikum pada tikus. 

6. Mengatasi konstipasi

Konstipasi merupakan gangguan pada BAB yang menyebabkan feses menjadi lebih keras dari biasanya. Jika tak segera diatasi, konstipasi dapat menyebabkan terjadinya luka di sekitaran anus dan bahkan memicu terjadinya ambien. Konstipasi sebenarnya dapat diatasi dengan mudah menggunakan daging cacing tanah, karena cacing tanah mengandung zat yang mampu memperlancar sistem pencernaan. Jika pencernaan lancar, penyerapan makanan juga bisa berlangsung normal sehingga BAB juga menjadi lancar.

7. Mengatasi diare

Seperti yang disebutkan sebelumnya, protein dalam daging cacing tanah memiliki sifat antimikroba, yaitu membunuh bakteri tanpa merusak jaringan tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi cacing tanah juga dapat mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri E. coli. Sehingga manfaat cacing tanah untuk obat diare sangatlah berguna.

8. Menjaga kesehatan kulit

Cacing mengandung minyak yang baik sebagai manfaat cacing tanah untuk kulit. Mengonsumsi cacing secara teratur juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini, termasuk juga mengurangi keriput dan mempertahankan elastisitas kulit.

Demikian beberapa manfaat cacing tanah untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.
Top