Sederet Manfaat Buah Tin Bagi Kesehatan & Kecantikan, Pantas Saja Disebut Buah Surga

Komentar
manfaat buaf tin
Sederet Manfaat Buaf Tin Bagi Kesehatan & Kecantikan (foto: panjimas.com)

Tak salah rasanya jika Buah Tin dijuluki sebagai buah Surga.

Ternyata, bauh maupun daun tin memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kita.

Anda mungkin tak asing dengan nama buah tin atau buah ara. Ya, buah tin adalah salah satu buah yang disebut sebagai buah surga dan tercantum dalam Al-Quran, bahkan diabadikan sebagai salah satu nama surat, yaitu surat At-Tin. Selain itu, dalam agama kristen dikenal pula dengan sebutan buah ara.

Tin atau ara adalah salah satu jenis tanaman yang pada awalnya tumbuh di kawasan Asia Barat, tersebar mulai dari pantai balkan sampai Afganistan.

Tumbuhan dengan nama lain Ficus carica L ini mempunyai ciri-ciri pohon yang cukup besar dan bisa tumbuh sampai 10 m, batang pohon tin berwarna abu-abu dan memiliki daun yang cukup besar dengan lekuk 3 atau 5 cuping.

Buah tin sangat populer di dunia, hal ini terbukti dengan begitu cepat tanaman ini menyebar, terlebih bagi umat muslim yang menganggapnya istimewa.

Terlepas dari hal itu, ada hal menarik yang perlu kita bahas menyangkut besarnya kandungan nutrisi dan segudang manfaat buah tin dalam kehidupan kita sehari-hari, berikut penjelasannya:

Kandungan Nutrisi dalam Buah Tin

Buah tin atau ara ternyata mengandung nutrisi yang bisa dibilang cukup komplit, tidak salah jika buah ini disebut buah surga.

Dilansir dari California Fig-s Advisory, kandungan nutrisi buah tin per 100 gram yang hasilnya sebagai berikut:

Kandungan Buah Tin
  • Energi 250 kcal 1040 kJ
  • Karbohidrat 63.87 g
  • Gula 47.92 g
  • Dietary fiber (serat) 9.8 g
  • Lemak 0.93 g
  • Protein 3.30 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  • Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  • Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  • Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • Vitamin B6 0.106 mg 8%
  • Magnesium 68 mg 18%
  • Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  • Vitamin C 1.2 mg 2%
  • Zinc 0.55 mg 6%
  • Kalsium 162 mg 16%
  • Iron 2.03 mg 16%
  • Fosfor 67 mg 10%
  • Potassium 680 mg 14%
Meski terbilang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, namun di Indonesia belum banyak masyarakat yang dengan rutin mengkonsumsinya.

Mungkin hal ini disebabkan kurangnya informasi terkait manfaat buah tin itu sendiri atau adanya anggapan buah tin yang hanya bisa dibeli untuk oleh-oleh sepulang dari ibadah haji dan umrah saja. Sangat disayangkan sekali bukan?

Manfaat atau khasiat buah tin atau buah ara pun tidak hanya pada bagian daging buahnya saja, namun juga pada daunnya. Nah, berikut adalah ulasan lengkap menggenai manfaat buah tin:

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan


PlayOn

Manfaat buah tin bagi kesehatan sangatlah lauar biasa.

Menurut penelitian pada tahun 2005, antioksidan di dalam buah tin ampuh untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Tin juga termasuk sumber vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, seng, mangan, tembaga, dan zat besi yang baik.

Selain itu, apa saja manfaat buah tin ataupun daunnya kesehatan? Berikut ulasannya sebagaimana kami kutip dari berbagai sumber:

1. Melawan Diabetes

Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa daun semak tin dapat membantu mengatur gejala diabetes.

Sebuah studi 2016 yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa ficusin, ekstrak dari daun pohon tin meningkatkan sensitivitas insulin dan memiliki sifat antidiabetes lainnya.

Dan penelitian yang dilakukan terhadap hewan tersebut di tahun 2003 menunjukkan bahwa ekstrak tin dapat berkontribusi pada perawatan diabetes dengan menormalkan asam lemak darah dan tingkat vitamin E.

2. Mengobati Penyakit Kulit

Dalam beberapa tradisi pengobatan tradisional, buah tin digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti eksim, vitiligo, dan psoriasis. Belum ada penelitian ilmiah yang konklusif, tetapi bukti anekdotal dan penelitian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan.

3. Efektif untuk Diet

Serat dalam buah tin dapat membantu menurunkan berat badan dan sering direkomendasikan untuk orang-orang gemuk.

Menurut sebuah penelitian oleh Dr. Joe Vinson dari The University of Scranton, buah-buahan kering, terutama buah tin adalah sumber nutrisi yang unggul.

Namun, jumlah kalorinya yang tinggi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, terutama ketika dikonsumsi dengan susu.

4. Mengobati Kemandulan & Lemah Sahwat

Selama berabad-abad, buah tin telah direkomendasikan untuk mengatasi  kemandulan serta disfungsi ereksi.

Buah ini diyakini sebagai obat kuat atau suplemen++ selama berabad-abad. Sebagian besar karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya.

Untuk mendapatkan vitalitas dengan buah tin, rendam 2-3 buah tin di dalam susu semalaman. Makan di pagi hari untuk meningkatkan gairah.

5. Mengurangi Kolestrol

Buah Tin terkenal sebagai buah yang mengandung banyak serat larut, seperti kita ketahui kandungan serat larut dalam tubuh sangatlah berkhasiat untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh, kandungan pektin ini lah yang akan menyapu semua kolestrol yang ada pada tubuh dengan cara membuangnya dalam sitem ekskresi.

6. Mengatasi Hipertensi

Manfaat buah surga yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi, salah satunya untuk mengatasi hipertensi.

Seperti kita ketahui tekanan darah tinggi dapat muncul akibat penyempitan pembuluh darah, hal ini akan menjadi sangat fatal apabila dibiarkan akan menyebabkan penyakit jantung koroner, buah tin memiliki senyawa mineral alami seperti omega 3, omega 6 fosfor dan fenol dimana kandungan tersebut sudah cukup untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

7. Mencegah Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan penyakit mematikan nomer 1 di dunia, munculnya serangan jantung karena kadar natrium dalam tubuh sudah terlalu tinggi, natrium inilah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang membuat kinerja jantung semakin berat.

Buah tin yang mengandung senyawa kalium tinggi yang cukup baik untuk menurunkan kadara natrium dalam tubuh, dengan mengkonsumsi buah tin secara teratur pastinya akan menjauhkan kita dari reskio serangan jantung.

Baca Juga: Disebut Buah Surga, 7 Buah ini Diterangkan Dalam Al Qur'an

8. Mencegah Kanker

Jika penyakit jantung menjadi penyakit paling mematikan nomer 1 maka kanker merupakan penyakit mematikan nomer 2 di Dunia, beberapa hal yang memicu kanker untuk ada adalah radikal bebas.

Manfaat tin untuk mencagah kanker karena buah ini mengandung polyfenol yang bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

9. Menguatkan Tulang

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang bisa di cegah dengan cara mengkonsumsi buah tin secara berkala.

Dalam buah tin terkadnaung senyawa kalsium yang cukup tinggi bahkan kandungan kalsium dan fosfor buah tin lebih besar dari pda kandungan susu, sedangkan untuk anak-anak nutrisi tersebut juga sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan didi secara optimal.

10. Obat Peninggi badan

Kandungan nutrisi yang lengkap pada buah tin setara dengan kandungan pada segelas susu, dengan kandungan kalsium, fosfor, megnesium, mangan dipercaya mampu untuk meninggikan tinggi terutama pada masa pertumbuhan.

11. Mengatasi Insomnia

Manfaat buah tin selanjutnya yakni untuk mengatasi Insomnia.

Untuk Anda yang sering mengalami insomnia maka sering-seringlah mengkonsumsi buah tin, kandungan senyawa tryptophan yang cukup efektid untuk memberikan rasa nyaman, tenang dan rileks bagi pikiran kita sehingga mampu mencegah insomnia.

12. Mengatasi Animea

Manfaat buah Tin untuk penderita animea sangatlah besar, buah tin depercaya mampu mengoptimalkan pembentukan homoglobin (HB) dalam darah, dengan hal tersebut sudah menjawab bahwa buah tin mampu mengatasi animea.

Hal ini tidak lepas tenutnya daari besarnya kandungan ZAT Besi dalam buah yang satu ini, zat besi menjadi bahan baku pembentukan hemoglobin dalam darah.

13. Mengatasi Masalah BAB

Buah tin juga bisa di konsumis sebagai obat sembelit yang manjur, bahkan dengan kandungan serat yang bersifat laktasif dalam buah ini dipercaya mampu menyembuhkan sembelit kronis.

Dengan mengkonsumsi buah tin secara rutin mampu memelihara pencernaan tubuh.

14. Baik untuk mengatasi Wasir Dan Ambeien

Kandungan senyawa flavonoid yang cukup tinggi mampu mencegah radikal bebas dan peradangan yang menyebabkan wasir, hal ini juga diperkuat dengan hadist Nabi Muhammad SAW menggenai manfaat buah Tin.

15. Mencegah Tumor

Buah tin yang mengandung Benzaldehide dan phenol dimana kandungan ini dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan parasit, Virus dan jamur dalam tubuh penyebab tumor Jinak.

Kombinasi antioksidan pada buah Tin juga cukup efektif membantu mencegah penyakit tumor ganas.

16. Mengobati Abses dan Bisul

Munculnya Bisul disebabkan karena adanya alergi dan infeksi bakteri/kuman tertentu. Dengan adanya kandungan antibakterial dalam buah Tin membuat penyakit kulit tersebut bisa diatasi dengan baik.

Namun kali ini bukan dengan cara dikonsumsi melainkan dengan cara mengoleskan daging buah terhadapat bisul dan abses di kulit.

17. Mengatasi Ganguan Sistem Pernafasan

Untuk Anda yang melangalami penyakit asma, mungkin buah tin bisa jadi solusi bagi Anda.

Mengkonsumsi jus buah tin dengan teratur dipercaya mampu mengatasi ganguan sisitem pernafasan Anda. Kandungan antibakterial dan antiseptik, infeksi saluran pernapasan tersebut dapat diatasi.

18. Mengobati Luka

Manfaat buah TIN selanjunya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka baru, hal ini tidak lepas karena adanya kandungan antiseptik yang mampu mempercepat penyembuhan luka tersebut, langkah yang tepat adalah potong buah tin lalu oleskan pada bagian tubuh yang terluka.

19. Mengobati Sakit Tenggorokan

Sakit tenggoroakan disebabkan karena kurangnya kelembaban pada tenggorokan. Buah Tin mengandung lendir yang cukup tinggi kandungan lendir pada buah tin inilah yang mampu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

20. Obat Batu Ginjal

Belum banyak yang tahu pohon dari buah tin mengandung saponin dan alkaloid yang bersifat diuretik inilah yang dapat melarutkan kotoran dan batu pada organ ginjal secara maksimal.

Anda bisa memanfaatkan daun pohon tin kemudian direbus dengan air panas lalu diminum saat sudah dingin, Anda bisa memanfaatkannya minimal 1X sehari saja untuk melarutkan kotoran pada organ ginjal.

21. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah Tin yang terahir adalah untuk imunitas, dimana Anda bisa memanfaat kan daun pohon tin untuk meningkatkan sisitem imunitas terutama untuk Anda yang habis sakit.

Sering-seringlah mengkonsumsi air rebusan daun tin. hal ini bukan tanpa alasan karena kandungan bio-flavonoid, polifenol, dan vitamin C yang bersifat antioksidan, sistem kekebalan tubuh Anda akan semakin meningkat.

Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan


Ilustrasi (Inspirasi data)

Selain kesehatan, buah tin juga kaya manfaat bagi kecantikan wanita, diataranya:

1. Menjadikan kulit cantik dari dalam

Buah tin adalah sumber vitamin, antioksidan, dan mineral yang sangat baik untuk kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan membantu sirkulasi darah serta nutrisi, sehingga kulit senantiasa cantik.

2. Mencegah Penuaan Pada Wanita

Manfaat Buah Tin yang selanjutnya adalah untuk mencegah penuaan pada wanita, penelittian sudah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi buah kaya akan serat seperti buah tin maka dipercaya akan membuat awet muda, selain itu kandungan vitamin dalam buah tin juga akan membuat kulit sehat dengan kulit sehat pastinya akan membuat kita terlihat selalu awet muda.

3. Merawat Kesehatan Kulit

Buah Tin memiliki kandungan coumarins yang dipercaya mampu untuk menjaga kesehatan kulit, coumarins sendiri merupakan senyawa yang bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebes penyebab kulit rusak.

4. Mengatasi Jerawat

Buah tin mengandung mineral alkali yang yang mampu mengontrol pH kulit. Selain itu kandungan tersebut juga mampu membersihkan kulit pori-pori dari masalah penyumbatan secara alami.

Anda bisa memanfaatkannya dengan cara memarud buah tin lalu menjadikannya masker. Gunakan dimalam hari sebelum tidur cara ini juga terbukti cukup ampuh untuk mengatasi jerawat maupun mengobati jerawat.

Manfaat Buah Tin dalam Al-Qur'an maupun Hadist


youtube.com

Buah Tin memiliki khasiat yang sangat fenomenal. Sampai-sampai, bukan hanya dikenal oleh kalangan medis saja, tapi juga disebutkan oleh Allah SWT di dalam kitab suci Alquran. Begitupun di dalam Hadits Rasuluah SAW yang menyebutkan beberapa khasiat dari buah Tin.

Secara khusus, buah tin ini disebutkan dalam Al Quran surat At-Tin.

Khasiat buah Tin dalam Alquran : ”Demi buah Tin dan buah Zaitun, demi Gunung Thursina,” (At-Tin: 1-2)

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa: “Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga, maka itulah buah Tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“. (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

Dari sabda Rasul SAW tersebut, dapat di simpulkan bahwa buah tin merupakan buah yang asalnya dari syurga dan tergolong buah yang banyak manfaat dan sudah dikatakan Rasulullah yaitu untuk mengatasi penyakit dan menyehatkan badan, serta dapat menghilangkan toksin yang berbahaya di dalam organ tubuh.

Demikian, semoga bermanfaat.
Top