10 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

Komentar

Image Source: cintaihidup.com

Buah srikaya atau juga bisa disebut "Buah Nona" atau "Buah Mona", merupakan buah yang tergolong ke dalam Genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Buah srikaya pada umumnya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (Menyerupai Buah Sirsak) dan dengan daging buahnya berwarna putih. Selain buah sirsak mempunyai berbentuk yang khas jika dibandingkan dengan buah-buah lainnya.

Ternyata buah srikaya mempunyai banyak penggemar karena rasanya yang manis dan enak untuk dikonsumsi. Dan juga buah srikaya juga mudah ditemukan, karena tidak jarang banyak orang yang menanam pohon srikaya di area sekitar rumahnya. Tidak hanya itu, ternyata manfaat buah srikaya untuk kesehatan sangat banyak. Lalu apa manfaat buah srikaya? 

Apa manfaat buah srikaya bagi tubuh? Apa manfaat buah srikaya untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Baca Juga:

Berikut Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan


Image Source: agrowindo.com

1. Dapat menurunkan kolesterol tinggi

Buah srikaya mempunyai banyak kandungan niasin yang dapat berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Dengan mengkonsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Sangat baik untuk kesehatan pencernaan

Buah srikaya mempunyai kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat tersebut menjadikan buah srikaya sangat baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut dapat berguna untuk membantu memperlancar pencernaan.

3. Dapat mencegah diabetes

Kandungan serat dalam buah srikaya selain untuk memperlancar pencernaan, juga dapat berguna untuk membantu memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah dari penyakit diabetes.

4. Dapat mengatasi diare

Buah srikaya mempunyai kandungan berbagai vitamin dan mineral yang dapat berguna untuk membantu mengatasi dan menyembuhkan diare.

5. Dapat mencegah asma

Buah srikaya mempunyai kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk membantu mencegah berbagai penyakit, salah satunya penyakit asma. Hal tersebut dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan. Sehingga buah srikaya dapat berguna untuk membantu mencegah asma.

6. Dapat membantu menurunkan hipertensi

Buah srikaya mempunyai kandungan potassium yang dapat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi buah srikaya secara rutin akan sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Dapat mencegah penyakit jantung dan stroke

Buah srikaya mempunyai kandungan vitamin B yang dapat berguna mencegah perkembangan dari homocystein. Homocystein dengan jumlah besar akan dapat menyebabkan jantung koroner dan stroke. Sehingga buah srikaya sangat berguna untuk membantu mencegah penyakit jantung dan stroke.

8. Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi

Buah srikaya mempunyai kandungan magnesium yang dapat berguna untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Sehingga buah srikaya sangat berguna untuk membantu dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

9. Sangat baik untuk ibu hamil

Buah srikaya mempunyai kandungan cukup tinggi asam folat. Asam folat merupakan vitamin yang sangat penting bagi wanita hamil. Selain itu, ibu menyusui juga dianjurkan untuk secara rutin mengkonsumsi buah srikaya karena dapat berguna untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

10. Dapat membantu menjaga kesehatan mata

Buah srika kaya akan kandungan vitamin C dan riboflavin yang dapat berguna untuk membantu dalam mencegah masalah mata, seperti degenerasi makula, penglihatan yang buruk, dan rabun senja. Serta buah srikaya dapat berguna untuk membantu mempertahankan penglihatan mata yang baik.

Demikian penjelasan diatas tentang manfaat buah srikaya bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!
Top