8 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Komentar

Image Source: pixabay.com

Buah lemon adalah salah satu buah dari genus citrus yang cukup populer. Lemon sangat dikenal karena memiliki rasa yang menyegarkan dan sering digunakan untuk campuran bahan makanan agar terasa lebih lezat. Buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh.

Tak hanya itu, buah lemon juga mengandung serat, karbohidrat, protein, dan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Selain itu, dibalik rasanya yang asam ternyata manfaat buah lemon untuk kesehatan sangat banyak. Lalu apa manfaat buah lemon?

Apa saja manfaat dari buah lemon? Apa manfaat buah lemon bagi kesehatan? Apa manfaat buah lemon untuk wajah? Yuk simak dibawah ini.

Berikut Berbagai Manfaat Buah Lemon


Image Source: pixabay.com

1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Buah lemon mempunyai kandungan vitamin C dengan jumlah yang tinggi dan flavonoid. Flavanoid sendiri merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh kita dari bahaya radikal bebas. Kandungan nutrisi yang terdapat pada lemon juga terlihat berpotensi memiliki sifat antikanker.

2. Dapat menjaga kesehatan jantung

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, buah lemon juga dapat berguna untuk membantu mencegah penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

3. Dapat mencegah batu ginjal

Buah lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang dapat berguna untuk membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

4. Dapat detoksifikasi Hati

Buah lemon mempunyai kandungan zat pektin yang dapat berguna untuk membantu mengelmusi minyak dan membuang kotoran dari usus. Sementara itu, kandungan kolin di dalam lesitin dan minyak pada kulit lemon dapat mendetoksifikasi hati agar bekerja lebih efektif.


5. Dapat meredakan stres

Buah lemon mempunyai kandungan minyak esensial yang dapat berguna untuk membantu meningkatkan mood. Bahkan dengan hanya mencium aromanya saja, stress akan berkurang dan mood pun bisa kembali baik.

6. Dapat menghilangkan keriput

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk membantu mendorong produksi kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit. Selain itu, enzim alami yang terkandung dalam buah lemon dapat mengencangkan pori-pori yang besar dan mencegah munculnya pori-pori baru.

7. Dapat menghilangkan kulit belang

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin C yang juga dapat berguna untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi pada kulit serta mencerahkan bintik-bintik gelap.

8. Dapat mengatasi jerawat

Buah lemon kaya akan kandungan vitamin c dan asam sitrat yang baik untuk mengobati jerawat dan bekasnya. Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, mengencangkan kulit, dan mendorong pembentukan sel-sel kulit baru.

Sebagai pemutih alami, lemon dapat mencerahkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Sementara itu, sifat anti-bakteri dapat membantu mencegah timbulnya jerawat.

Demikian penjelasan diatas tentang apakah manfaat buah lemon. Semoga bermanfaat!
Top