7 Manfaat Buah Jeruk, Menjaga Tekanan Darah Hingga Mencegah Kanker dan Jantung

Komentar

Image Source: pixabay.com

Di saat musim pancaroba, tubuh harus diperkuat dengan asupan vitamin C supaya daya tahan tubuh mampu melawan berbagai penyakit. Asupan vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan, salah satunya jeruk.

Jeruk kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Selain itu, ternyata manfaat buah jeruk untuk kesehatan sangat banyak. Lalu apa manfaat buah jeruk?

Apa saja manfaat dari buah jeruk? Apa manfaat buah jeruk untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Berikut Berbagai Manfaat Buah Jeruk


Image Source: pixabay.com

1. Dapat meredakan sembelit

Buah jeruk merupakan sumber serat yang sangat baik larut dan tidak larut. Kandungan serat pada buah jeruk dapat berguna untuk membantu mengeluarkan kotoran.

Sehingga mencegah sindrom iritasi usus besar. Selain itu, buah jeruk juga dapat merangsang produksi cairan pencernaan dan memperbaiki pencernaan.

2. Dapat menjaga tekanan darah

Buah jeruk kaya akan kandungan magnesium yang dapat berguna untuk membantu mengatur tekanan darah. Kandungan flavonoid yang disebut hesperidin yang secara alami terkandung dalam buah jeruk dapat berguna untuk membantu membuat tekanan darah terjaga.

3. Dapat mencegah kanker

Jeruk merupakan sumber penguat antioksidan. Buah jeruk mempunyai kandungan limonene sebagai penghambat kanker. Senyawa ini bekerja dengan membantu mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya.

4. Dapat mencegah penyakit jantung

Buah jeruk mempunyai kandungan antioksidan yang dapat berguna untuk membantu melawan kerusakan radikal bebas dan mencegah oksidasi kolesterol. Oksidisasi kolesterol cenderung menempel di bagian dalam arteri dan membatasi suplai darah ke jantung serta memicu serangan jantung.

Namun jangan khawatir, karena kandungan antioksidan dalam buah jeruk dapat membantu menetralkan efek radikal bebas ini dan melindungi jantung.

5. Dapat melawan infeksi virus

Buah jeruk kaya akan kandungan vitamin C yang dapat berguna untuk membantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat melawan infeksi virus dengan lebih baik.

Selain itu, kandungan polifenol dalam buah jeruk dapat menjadi antivirus alami, bekerja dengan membunuh virus yang masuk ke tubuh sebelum dapat menyebabkan infeksi.

6. Dapat membersihkan darah

Buah jeruk mempunyai kandungan flavonoid yang dapat berguna untuk membantu memulai aktivitas enzim dalam tubuh dan membantu hati mengeluarkan racun. Kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat meningkatkan produksi kolagen.

Sehingga membuat kulit lebih elastis dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, kandungan serat pada buah jeruk dapat membuat perut tetap bergerak, sehingga menghilangkan limbah dan zat yang tidak diinginkan keluar dari tubuh.

7. Dapat mencegah penyakit ginjal

Buah jeruk secara dapat berguna untuk membantu mencegah batu ginjal dengan mengusir kelebihan sitrat dalam urine dan mengurangi keasamannya. Buah jeruk juga dapat membantu fungsi ginjal lebih baik dengan mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan kadar gula.

Demikian penjelasan diatas tentang apa manfaat buah jeruk bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
Top