5 Manfaat Buah Ciplukan, Salah Satunya Untuk Mengobati Epilepsi

Komentar

Image Source: steemit.com

Buah ciplukan atau yang juga bisa disebut ceplukan merupakan tanaman yang banyak tumbuh liar di negara tropis, termasuk di Indonesia. Selain itu, ternyata buah ciplukan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Lalu apa manfaat buah ciplukan?

Apa saja manfaat buah ciplukan? Apa manfaat buah ciplukan untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Berikut Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan


Image Source: steemkr.com

1. Dapat mengobati gejala penyakit parkinson

Penyakit parkinson adalah penyakit yang disebabkankan oleh adanya gangguan pada sistem saraf pusat yang memberikan pengaruh pada gerak tubuh.

Salah satu gejala parkinson adalah tremor pada salah satu tangan. Namun dengan mengkonsumsi jus ciplukan secara rutin dapat menurunkan gejala tremor tersebut.

2. Dapat membantu menurunkan kolesterol

Masalah kolesterol memang merupakan salah satu masalah yang paling banyak ditemui di masyarakat Indonesia. Selain itu, tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung koroner hingga stroke.

Namun anda bisa mengkonsumsi buah ciplukan untuk membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

3. Dapat mengobati penyakit kuning

Penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan perubahan warna kulit menjadi kuning akiibat tingginya kadar zat bilirubin dalam darah.

Namun buah ciplukan mempunyai kandungan senyawa antioksidan seperti fisalin, saponin, flavonoid, dan polifenol yang dapat berguna untuk membantu mengatasi penyakit kuning ini.

4. Dapat mengobati epilepsi

Penyakit epilepsi disebabkan oleh terganggunya aktivitas sel saraf di otak sehingga menyebabkan penderita mengalami kejang. Pengobatan epilepsi dapat menggunakan obat-obatan maupun dengan cara diet tertentu.

Sebagai pendamping terapi untuk epilepsi, anda bisa mengonsumsi buah ciplukan sebanyak 8-10 buah setiap hari untuk mengobati epilepsi. Seperti itu manfaat buah ciplukan untuk epilepsi.

5. Dapat menurunkan kadar gula darah

Kondisi tingginya kadar gula darah adalah kondisi yang umumnya dialami oleh penderita diabetes. Namun buah ciplukan mempunyai sifat antihiperglikemia sehingga dapat menurunkan kadar gula darah dengan bekerja langsung memengaruhi kerja insulin.

Demikian penjelasan diatas manfaat buah ciplukan bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
Top