5 Manfaat Buah Anggur yang Sayang Jika Dilewatkan

Komentar

Image Source: pixabay.com

Buah anggur atau juga dikenal dengan nama "Buah Para Raja". Karena pada zaman dahulu, buah anggur merah dan olahannya sering dihidangkan bagi kaum bangsawan dan raja-raja. Namun jika dahulu buah anggur dikenal sebagai buah yang mewah.

Sekarang ini buah anggur sudah bisa didapatkan dengan mudah dengan membelinya dengan harga yang wajar. Selain itu manfaat buah anggur untuk kesehatan ternyata sangat banyak. Lalu apa manfaat buah anggur?

Apa manfaat dari buah anggur? Apa manfaat buah anggur untuk kesehatan? Yuk simak dibawah ini.

Berikut Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan


Image Source: pixabay.com

1. Dapat menjaga kesehatan jantung

Buah anggur kaya akan kandungan resveratrol, yaitu sejenis antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, kandungan ini juga baik untuk menghalau radiasi berbahaya seperti sinar ultraviolet A (UVA) dan B (UVB) dari sengatan matahari. Paparan radiasi tersebut yang berisiko menyebabkan kanker kulit.

2. Dapat membantu melawan penuaan dini

Buah anggur mempunyai kandungan antioksidan yang berguna untuk membantu menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas tersebut yang akan merusak dan membunuh berbagai sel dalam tubuh. Kerusakan sel inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini.

3. Dapat menjaga kesehatan otak

Buah anggur mempunyai kandungan revesratrol yang berguna untuk membantu memperlancar peredaran darah menuju otak. Darah dibutuhkan otak sebagai sumber oksigen dan zat gizi agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, revestratrol juga bisa membantu memperkuat daya ingat manusia.

4. Dapat meredakan gejala alergi dan peradangan

Buah anggur mempunyai sifat antiperadangan antihistamin yang baik untuk orang sakit karena radang seperti radang paru, radang tenggorokan, atau radang usus buntu.

Sementara itu, antihistamin dibutuhkan oleh tubuh ketika histamin (zat alami yang diproduksi sistem kekebalan tubuh manusia) bereaksi secara berlebihan. Reaksi histamin bisa memunculkan gejala alergi.

5. Dapat membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

Buah anggur mempunyai kandungan saponin. Zat tersebut yang bisa menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah.

Dengan begitu, kadar kolesterol tetap seimbang. Kadar kolesterol yang seimbang bisa menjauhkan dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

Demikian penjelasan diatas apa manfaat buah anggur bagi tubuh. Semoga bermanfaat!
Top