Wajib Dikonsumsi Setiap Hari, Ini Jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Komentar
makanan yang mengandung protein
Jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi (ilustrasi: Catatan mini)

Penting bagi Bunda mengetahui jenis-jenis makanan yang mengandung protein tinggi.

Sebab jika tubuh kekurangan protein maka akan berdampak buruk bagi kesehatan keluarga, terutama pada anak-anak.

Protein merupakan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein berperan penting bagi organ, otot, kulit, hormon dan hal-hal lain yang berarti bagi tubuh.

Asupan protein yang berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan dari berbagai aspek, begitupula sebaliknya.

Asupan protein ini sangat penting, terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan pada masa anak-anak, remaja dan juga pada masa kehamilan.

Selain itu, pola makan tinggi protein bagi orang dewasa juga dapat menurunkan tekanan darah, melawan diabetes, membantu penurunan berat badan, mengurangi lemak perut dan meningkatkan massa otot serta kekuatan.

Selama proses pencernaan, makanan yang mengandung protein akan dipecah menjadi bagian-bagian kecil yang disebut asam amino. Untuk mempertahankan kesehatan tubuh, setiap orang memerlukan asupan asam amino dalam jumlah besar.

Berdasarkan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) diketahui jika standar angka kecukupan protein yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia yang berusia 17 – 60 tahun sekitar 56 – 59 gram/hari untuk perempuan sedangkan pria 62 – 66 gram/hari. Protein ini bisa kita dapatkan dari berbagai makanan sumber protein tinggi.

Sayangnya, tubuh tidak dapat menyimpan protein dalam waktu lama. Oleh karena itu Anda akan perlu mencukupi kebutuhan protein ini setiap hari.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas apa saja makanan yang mengandung protein tinggi untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap harinya. Langsung saja simak ulasannya berikut ini;

Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari, ada beragam makanan yang mengandung protein yang dapat Anda pilih. Makanan-makanan yang mengandung protein itu dibagi menjadi dua jenis, yaitu protein hewani dan protein nabati.

Sumber Protein Hewani


pinkkorset.com

Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung protein hewani:

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat dan paling bergizi karena mengandung vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan yang berguna untuk melindungi mata dan nutrisi otak.

Mengonsumsi putih telur lebih baik karena mengandung protein murni tanpa lemak. Satu telur mengandung 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Dada ayam

Dada ayam sangat mudah untuk dimasak, dengan catatan Anda mampu memasaknya dengan benar. Kadar protein yang terkandung dalam 1 dada ayam tanpa kulit sebanyak 53 gram dan 284 kalori.

3. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi jenis ini mengandung protein sekaligus zat besi, seng, dan vitamin B12.

Daging sapi seberat 85 ons yang di masak dengan lemak 10%  mengandung 22 gram protein dan 184 kalori.

Hindari mengonsumsi bagian lemak, karena banyak mengandung lemak jenuh.

4. Seafood 

Seafood atau makanan laut merupakan sumber protein yang umumnya rendah lemak. Salah satu makanan laut yang kaya protein adalah ikan tuna. Tuna kaleng (150 g) mengandung sekitar 40 g protein.

5. Produk olahan susu

Susu, keju, dan yoghurt merupakan produk olahan susu yang kaya asupan protein, sekaligus kalsium dan vitamin D.

Susu mengandung banyak nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia karena sarat kalsium, fosfor dan vitamin B2. Secangkir susu dengan lemak 1% mengandung 8 gram protein dan 103 kalori.

Yogurt seberat 170 gram mengandung 17 gram protein dan 100 kalori.

Sedangkan keju mengandung kalsium, fosfor, selenium, vitamin B12, vitamin B2 dan berbagai nutrisi lainnya. Secangkir keju cottage dengan 2% lemak menganduk 27 gram protein dan 194 kalori.

Untuk memaksimalkan asupan protein bagi tubuh Anda, pilihlah yang rendah lemak.

Baca Juga: Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Agar Janin Tetap Sehat

Sumber Protein Nabati


okaydoc.com

Sementara itu, berikut beberapa jenis makanan yang mengandung protein nabati:

1. Biji-bijian

Makanan jenis ini memiliki kandungan protein yang tinggi serta serat, hingga dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Salah satu jenis biji-bijian yang baik dikonsumsi yaitu Gandum.

Gandum juga termasuk makanan paling sehat karena banyak mengandung serat sehat, magnesium, mangan, vitamin B1 dan beberapa nutrisi lainnya. Kadar protein yang terkandung dalam gandum mentah adalah 13 gram dan 303 kalori.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat baik Anda konsumsi setiap hari.

Kacang tanah (peanut) maupun almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi.

Kacang tanah mengandung serat dan magnesium, sementara almond kaya kandungan serat, vitamin E dan mangan.

3. Kedelai

Kedelai merupakan sumber protein yang mampu membantu menekan kolesterol, juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Anda dapat memilih berbagai olahan kedelai, seperti tahu atau tempe.

4. Brokoli

Jika dibandingkan dengan sayur jenis lain, brokoli memiliki kandungan protein lebih tinggi. Kandungan lainnya dari brokoli yang tidak kalah bermanfaat bagi tubuh adalah serat, kalium, vitamin K dan vitamin C.

Nah itulah dia sederet jenis makanan berprotein tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Semoga bisa menjadi referensi bagi makanan sehat Anda setiap hari.
Top