6 Makanan Penyebab Jerawat

Komentar

Image Source: idntimes.com

Jerawat merupakan jenis masalah kulit yang sering dialami oleh kaum laki-laki maupun perempuan. Kebanyakan orang mengira menghilangkan jerawat itu sangatlah sulit. Padahal munculnya jerawat dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktornya adalah minuman dan makanan yang kita konsumsi.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya jerawat. Makanan penyebab jerawat umumnya adalah makanan yang dapat meningkatkan gula darah kemudian memicu meningkatnya insulin. Sehingga jerawat dapat muncul karena hal tersebut. Lalu, apa saja makanan yang menyebabkan jerawat?

Makanan penyebab munculnya jerawat

1. Cokelat

Apakah makanan penyebab jerawat? Cokelat ternyata salah satu makanan yang termasuk dalam penyebab munculnya jerawat. Cokelat sebagai penyebab jerawat telah diakui oleh masyarakat sejak dulu. Karena sekarang ini banyak produk olahan cokelat banyak mengandung gula sehingga makanan ini dapat menyebabkan jerawat. Peningkatan gula darah yang disebabkan oleh cokelat dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat datang.

2. Kacang

Apa makanan yang menyebabkan jerawat? Kacang merupakan makanan penyebab munculnya jerawat yang harus dihindari. Jenis kacang ini adalah kacang tanah , karena semua produk makanan sekarang menggunakan kacang tanah sebagai bahannya. Kandungan asam lemak omega-6, agglutinin dan aflatoxin diperkirakan menjadi penyebab munculnya jerawat. Kandungan aflatoxin yang terdapat pada kacang ini dapat memicu jamur dan membuat kulit wajah menghasilkan jerawat.

3. Makanan pedas

Pedas merupakan ciri khas makanan orang Indonesia. Rasa pedas akan menjadikan makanan menjadi lebih sedap dan menggoda lidah. Tetapi ada yang menyatakan bahwa makanan pedas dapat memicu timbulnya jerawat. Karena ketika Anda makan-makanan yang pedas, wajah akan terlihat kemerahan karena meningkatnya sirkulasi darah kebagian wajah. Nah, itulah yang menjadi alasan makanan pedas sebagai pemicu timbulnya jerawat.

4. Gluten

Apa makanan penyebab jerawat? Pasta, gandum, roti, tepung terigu, dan sereal merupakan jenis makanan yang memiliki kadar gluten tinggi. Mungkin sebagian orang percaya, gluten dapat menjadi pemicu terjadinya peradangan dan masalah pencernaan. Jika kulit kamu sering timbul jerawat, sebaiknya kurangilah mengonsumsi makanan yang memiliki gluten tinggi, karena gluten dapat menimbulkan kulit mengalami jerawatan kronis.

5. Makanan berminyak

Selain gluten, makanan berlemak juga harus dihindari jika ingin wajah bersih dari jerawat. Sebuah studi menyebutkan bahwa makanan dengan kadar lemak dan garam yang tinggi menjadi penyebab utama munculnya jerawat pada kulit. Oleh karena itu, batasilah mengonsumsi makanan yang digoreng, karena mengonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak juga berpotensi meningkatkan produksi minyak pada wajah.

6. Minuman bersoda

Apa saja makanan penyebab jerawat? Jika kamu sedang berjerawatan sebaiknya hindari konsumsi minuman soda. Tidak hanya mengandung gula yang tinggi, gula tersebut akan membuat gula darah kamu meningkat drastis, minuman bersoda ternyata juga mengandung senyawa aspartam yang menyebabkan penurunan kadar pH dan memicu terjadinya peradangan pada kulit. Sebagai gantinya, kamu bisa memperbanyak asupan air mineral setiap harinya.

Cara mencegah munculnya jerawat

  1. Rajin mencuci tangan. Jika Anda ingin menyentuh kulit wajah, sebaiknya tangan Anda dalam keadaan bersih. Hindari menyentuh wajah dengan tangan kotor karena kotoran dapat masuk ke kulit wajah dan menimbulkan jerawat.
  2. Membersihkan wajah dengan benar. Hindari pembersih wajah yag berbentuk scrub karena akan memperburuk keadaan jerawat.
  3. Hindari memencet atau memecah jerawat karena dapat menyebabkan bekas atau flek hitam pada kulit.
  4. Hindari paparan sinar matahari. Terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan kulit terasa panas sehingga dapat menimbulkan kerusakan kulit akibat radiasi ultraviolet.
  5. Hati-hati dengan produk makeup Anda. Makeup harus bebas dari minyak dan pilih produk dengan label “non-comedogenic” agar tidak menyumbat pori-pori.
  6. Bercukur dengan hati-hati. Jika Anda mencukur, Gunakan silet yang tajam dan gunakan krim cukur.
  7. Menghindari semua makanan penyebab jerawat yang sudah disebutkan di atas.
6 makanan penyebab jerawat diatas mungkin tidak berlaku bagi sebagian orang. Karena meski setiap hari makan makanan yang berminyak sekalipun wajahnya tetap bersih segar.

Mungkin juga mereka tetap melakukan 7 hal cara mencegah jerawat diatas. Tapi memang ada juga kulit yang tidak terlalu banyak memproduksi minyak.
Top