Kumpulan Lagu Anak-anak Indonesia & Islami Terpopuler, Yuk Belajar Sambil Bernyanyi

Komentar
kumpulan lagu anak anak
Kumpulan Lagu Anak-anak Terpopuler Indonesia & Islami (Ilustrasi: tribunnews.com)

Bunda sedang bingung mencari lagu anak Indonesia untuk diperdengarkan kepada si buah hati?

Tak perlu khawatir, karena pada artikel berikut ini Anda bisa menemukan kumpulan lagu anak anak Indonesia maupun islami untuk sikecil.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mendengarkan musik mempunyai banyak manfaat untuk si kecil. Selain untuk melatih fungsi otak, juga bisa mempengaruhi mood anak. Tak hanya itu, dia pun juga bisa melatih keterampilan berbicaranya.

Namun sungguh miris, anak-anak pada masa kini justru lebih sering dijejali lagu-lagu dewasa yang seharusnya belum diperdengarkan ditelinga mereka.

Padahal tidak semua lagu orang dewasa sesuai untuk anak-anak. Jika anak dibiarkan terpapar lagu orang dewasa tanpa ada filter, dikhawatirkan akan ada dampak psikologis pada anak-anak.

Tanpa pendampingan orang tua, anak-anak akan mencari tahu arti lirik lagu yang mereka dengar. Bahkan mungkin mereka akan sangat terbiasa dengan kata-kata fulgar dalam lirik lagu dewasa.

Pemahaman yang salah ini akan berdampak pada tutur kata dan moralitas anak. Apalagi anak adalah fase di mana mereka cepat menyerap informasi. Jika terpapar kata-kata kasar atau tidak senonoh, maka akan melekat dalam benaknya.

Nah daripada mendengarkan musik untuk orang dewasa, ada baiknya Bunda kenalkan si kecil dengan kumpulan lagu anak anak yang cocok di usia mereka.

Selain bahasanya ringan, lagu anak-anak juga dapat digunakan untuk bernyanyi sambil belajar oleh anak-anak.

Lagu Anak Indonesia Bertema Hewan

Berikut ini kumpulan lagu anak anak Indonesia yang mempunyai tema hewan. Dengan mendengarkan tembang ini, anak Anda bisa belajar dengan cara yang lebih menarik yaitu dengan menggunakan nada dan gerakan.

Walaupun mungkin ini bukan merupakan lagu anak Indonesia terbaru, tapi tidak ada salahnya untuk diajarkan kepada si buah hati.

1. Burung Kakak Tua

Video: YouTube – GNP Music > Burung Kakak Tua

Bunda pasti sangat familier dengan lagu ini. Burung Kakak Tua mungkin sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan mungkin jauh sebelum Bunda lahir. Nah, sekarang tiba giliran Bunda untuk mengajarkannya pada si kecil.

Liriknya yang sederhana dan mudah diingat sangat pas diajarkan untuk anak Anda. Apalagi kata-katanya yang berbunyi “trek dung, trek dung, trek dung olala” pasti akan menarik minat si buah hati. Bunda juga bisa mengajarkan dengan menambah gerakan agar menambah minat si anak.

Dilansir dari posbunda.com, Burung Kakak Tua termasuk salah satu lagu anak Indonesia terpopuler, lho. Tembang tersebut diciptakan oleh seorang musisi Jawa yang bernama R.C. Hardjosubroto.

Beliau ini juga merupakan pengarang Gundul-Gundul Pacul dan Mentok-Mentok yang merupakan lagu anak anak Indonesia yang banyak dinyanyikan oleh anak-anak di Pulau Jawa.

2. Cit Cit Cuit

Video: YouTube – Fun ‘N’ Play > Cit Cit Cuit

Apabila Bunda merupakan anak 90-an pasti tak akan asing dengan tembang yang satu ini. Lagu anak anak Indonesia ini memang booming sekitar tahun 90-an. Cit Cit Cuit dipopulerkan oleh penyanyi Joshua Suherman pada tahun 1995.

Dengan suara khas Joshua yang masih berusia balita tersebut pasti akan menarik minat anak Anda. Putarkan saja video lagu anak Indonesia ini sembari mengajarinya bernyanyi. Di jamin, si kecil pasti akan tertarik.

Melalui lagu ini anak Anda bisa belajar beberapa bunyi hewan dengan lebih mudah. Diantaranya adalah “cit cit cuit” bunyi burung, “tok tok petok” bunyi ayam, dan bunyi katak yang “wek wek kuwek”. Buah hati Anda pasti akan mudah mengingatnya.

3. Si Kodok

Video: YouTube – DeMarsha > Si Kodok

Papa T. Bob memang terkenal sebagai salah satu pencipta lagu anak anak Indonesia. Ada banyak tembang yang sudah beliau ciptakan, salah satunya adalah Si Kodok ini. Apabila Anda menginginkan kumpulan video lagu anak anak ciptaan Papa T. Bob, bisa Anda cari di situs YouTube.

Lagu ini dipopulerkan oleh Susan dan Ria Enes. Bunda pasti tak asing lagi dengan mereka, bukan? Ya, si boneka bersuara centil dan Ria yang bersuara manis, tak ada anak jaman dahulu yang tak tahu dengan mereka.

Bunda bisa ajak si kecil untuk menonton video lagu anak Indonesia ini. Bila dahulu Anda saja bisa tertarik, kemungkinan besar si kecil juga akan menyukainya. Nanti, si anak tak hanya bisa belajar suara katak yang berbunyi “rekotok rekotok” tapi juga ada semut yang digambarkan berbunyi “ngek ngoek ngek ngoek”, si kecil pasti suka.

4. Kelinciku

Video: YouTube – Adji Darmawan > Kelinciku

Saat melihat di sekitar rumah, apakah si kecil pernah bertanya pada Bunda, hewan apa yang bisa meloncat-loncat? Jika iya, Bunda bisa menjawabnya kemudian mengajaknya untuk menyanyikan salah satu lagu anak Indonesia ini. Bunda juga bisa menunjukkan video lagu ini agar si anak lebih paham dengan bentuk kelinci.

Lagu anak Indonesia yang terdengar manis ini diciptakan oleh Gerardus Daldjono atau akrab disapa dengan Pak Dal. Beliau adalah seorang guru teori musik di salah satu akademi musik di Yogyakarta. Bintang Kecil, Malam Tiba, Mawar Tumbuh, dan Berlabuh adalah beberapa kumpulan lagu anak anak Indonesia yang pernah diciptakan olehnya.

Apabila setelah si kecil mendengarkan musik tersebut ingin memelihara kelinci, mungkin Bunda bisa mempertimbangkannya. Tahu kan bahwa memelihara hewan akan melatih tanggung jawab putra atau putri Anda? Namun sebelumnya, Anda harus memastikan si buah hati tidak memiliki alergi terhadap bulu binatang, ya!

5. Cicak di Dinding

Video: YouTube – Lintang Media > Cicak di Dinding

Anak Indonesia mana yang belum pernah mendengarkan Cicak di Dinding ini? Jawabannya pasti tidak ada karena begitu populernya tembang ini. Bahkan Bunda sewaktu kecil pun pasti sering menyanyikan lagu anak anak Indonesia yang satu ini.

Mungkin anak Anda pernah bertanya tentang hewan yang satu ini. Ya terang saja, mengingat hewan ini sangat mudah ditemukan di rumah.

Nah, melalui ini Anda bisa mengajarkan karakteristik hewan cicak kepada si kecil.  Seperti misalnya cicak berjalan di dinding itu dinamakan merayap. Juga, bagaimana si cicak mencari mangsa, yaitu nyamuk.

Liriknya yang sederhana ini pasti akan mudah dihafal oleh anak Anda. Tembang ini merupakan salah satu karya yang diciptakan oleh pencipta lagu anak anak Indonesia kenamaan A.T Mahmud. Kumpulan lagu anak anak yang diciptakan oleh A.T Mahmud diantaranya adalah Naik Delman, Pelangi, dan Ambilkan bulan.

Lagu Anak Indonesia Untuk Mengenal Benda Langit

Setelah tadi Bunda mengajarkan kepada anak tentang hewan yang ada disekitar, kini saatnya beralih hal yang juga penting untuk diajarkan. Dalam kumpulan lagu anak anak Indonesia ini, si kecil akan belajar untuk mengenal berbagai macam benda langit.

Lewat beberapa lagu anak anak Indonesia ini, anak bisa belajar mengenai benda langit yang bisa ia lihat setiap hari.

Lagu-lagu berikut ini juga merupakan materi belajar anak anak PAUD diseluruh Indonesia. Tentunya akan sangat berguna untuk pendidikan si kecil.

1. Matahari

Video: YouTube – Lagu Anak HKK > Matahari

Matahari merupakan elemen krusial di bumi ini. Karena melihatnya setiap hari, pasti si buah hati pernah bertanya mengenai hal ini bukan? Ajak saja ia lebih mengenal matahari lewat video ini.

Dengan mendengarkan musik ini, anak diajarkan bagaimana karaktertistik dan fungsi matahari. Seperti cahayanya yang terang, juga kegunaanya bagi kehidupan. Bisa disebutkan bahwa tak hanya manusia, hewan, dan tumbuhan saja yang merupakan ciptaan Tuhan, tetapi matahari pun juga merupakan ciptaan-Nya.

Sisipkan pelajaran kepada anak tentang bahaya matahari. Karena tak baik untuk berlama-lama berada di bawah sinar matahari langsung dan tak boleh untuk memandang langsung ke arah matahari karena berbahaya bagi kesehatan mata.

Lagu anak Indonesia yang diciptakan oleh Uchie B.J. ini liriknya tak hanya mudah dicerna. Akan tetapi nadanya yang sederhana juga pasti akan lebih mudah dinyanyikan oleh si kecil.

2. Bulan Sabit

Video: YouTube – Rane Hafied > Bulan Sabit

Bentuk bulan sabit yang berbeda dari matahari pun mungkin akan memancing pertanyaan buah hati Anda. Apabila Anda bingung menjelaskannya, ajak saja si kecil untuk menonton video lagu anak Indonesia ini. Dengan iringan gitar kecil yang syahdu, mungkin tembang ini akan cocok untuk dinyanyikan sebelum tidur.

Tembang ini tak hanya membuat si anak mengerti tentang apa itu bulan sabit tetapi juga mengajari untuk mengembangkan daya imajinasinya. Di sini, bulan sabit digambarkan seperti perahu yang berwarna emas. Anak diajak untuk membayangkan bahwa bulan sabit adalah sebuah perahu dan ia bisa jadi nahkodanya.

Pencipta Bulan Sabit adalah A.T. Mahmud. Selain itu, Libur Tlah Tiba, Anak Gembala, dan Paman Datang yang dinyanyikan oleh Tasya Kamila adalah beberapa kumpulan lagu anak anak Indonesia yang pernah beliau buat.

3. Bintang Kecil

Video: YouTube – GNP Music > Bintang Kecil

Siapa yang tak tahu dengan lagu anak terpopuler di Indonesia yang satu ini. Masa kecil Bunda dahulu pasti juga akrab dan sering menyanyikannya, kan? Sekarang giliran si buah hati untuk menyanyikannya juga.

Dengan mendengarkan ini, Bunda bisa mengajari putra atau putri untuk mengenal karakter si bintang. Bisa juga nanti dijelaskan walaupun terlihat kecil, tapi sebenarnya bintang mempunyai ukuran besar. Mereka terlihat kecil karena jaraknya sangat jauh dari bumi.

Melalui musik ini pun Anda juga bisa mengajarkannya untuk jangan takut menggantungkan cita-cita yang setinggi bintang. Bintang Kecil ini juga digubah oleh pencipta tembang Kelinciku, yaitu Pak Dal.

4. Awan Putih

Video: YouTube – AG Suryaputra > Awan Putih

Pernahkan putra atau putri Anda menanyakan kepada Anda mengenai benda langit yang satu ini? Jika melihat ke langit pasti akan mudah menjumpai benda yang satu ini, maka tak heran jika si kecil akan bertanya.

Untuk memperkenalkannya mengenai awan, ajak saja dia untuk menonton video lagu anak Indonesia yang satu ini. Tak hanya akan belajar karakteristik awan, tapi si kecil juga akan diajak untuk mengembangkan imajinasinya. Disini digambarkan bahwa awan berwarna putih seperti kapas.

Seperti Cicak di Dinding, Awan Putih merupakan salah satu dari kumpulan lagu anak anak Indonesia yang juga diciptakan oleh A.T. Mahmud. Sungguh, begitu besar ya dedikasi yang beliau berikan untuk anak anak Indonesia.

5. Pelangi-pelangi

Video: YouTube – GNP Music > Pelangi-pelangi

Pelangi mungkin tidak bisa digolongkan sebagai benda langit, tapi tak ada salahnya tembang ini diperkenalkan kepada anak Anda. Meskipun pelangi adalah fenomena alam yang mungkin jarang terjadi, tapi tentu saja suatu hari nanti mereka akan bisa menyaksikannya juga.

Banyak hal yang bisa diajarkan kepada putra putri Anda lewat salah satu lagu anak anak Indonesia ini. Diantaranya adalah bagaimana indahnya bentuk pelangi dan letaknya yang berada di langit. Perlu juga Anda dijelaskan bahwa pelangi biasanya muncul sehabis hujan.

Selain itu, buah hati Anda bisa belajar mengenai warna dengan mendengarkan musik ini. Liriknya yang berbunyi “merah, kuning, hijau, di langit yang biru” akan mempermudah anak Anda bisa untuk mengingat nama warna. Atau ajaklah si kecil bernyanyi sambil menggambar pelangi, dijamin dia pasti akan sangat mudah untuk memahaminya.

Kumpulan Lagu Anak Islami Terbaik

Video: YouTube-Kumpulan Lagu Anak Islami Terbaik bersama Diva | Nyanyian Anak Islam | Kastari Animation Official

Baca Juga: Kumpulan Lagu Anak Islami yang Paling Populer Bikin Terharu


Video: YouTube-Koleksi Lagu Anak Islami - 20 Menit - Lagu Anak Indonesia

Nah Bunda, lagu yang tak kalah penting didengarkan untuk anak-anak adalah lagu islami ana-anak.

Dengan mendengar lagu islami anak-anak, mereka akan belajar mengenal Allah, nama-nama mulia Allah (Asmaul Husna), mengenal Rasulullah dan para Nabi-nabi lain, sholat, puasa dan hal-hal penting lainnya dalam islam.

Tentunya hal ini sangatlah penting untuk tumbuh kembang anak-anak bunda. Selain belajar dengan bernyanyi, tentunya bunda juga akan lebih mudah mengajarkan anak-anak tentang Agama sejak dini.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda dan si kecil.
Top