Jangan Dibuang, Ini 9 Khasiat Kulit Manggis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Komentar

Image Source: pixabay.com

Buah manggis sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia tentunya tidak asing lagi. Selain mempunyai rasa yang enak, manggis mempunyai banyak manfaatnya. Selain buahnya bagian kulitnya juga mempunyai manfaat yang banyak juga. Khasiat kulit manggis tidak hanya untuk kesehatan tetapi juga dimanfaatkan untuk kecantikan.

Kandungan zat seperti xhantone, tanin, dan astosionin menjadikan manggis sebagai buah dengan kandungan mulai dari antiinflamasi, antialergi, antibakteri, antifungi, hingga antioksidan. Semua zat tersebut adalah zat yang sangat berguna untuk merawat kulit dan kesehatan tubuh secara umum. Apa saja khasiat kulit buah manggis?

Manfaat kulit manggis

1. Menurunkan kadar gula

Apa saja manfaat pengolahan kulit manggis? Manfaat kulit manggis adalah dapat mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan seseorang dapat terkena kencing manis dini. Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukkan, kandungan kulit manggis alpha-amylase sebanding dengan zat acarbose, fungsinya yaitu dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjadi glukosa. Kandungan tersebut sama dengan zat yang terdapat dalam resep obat diabetes tipe 2. Kemampuan menurunkan gula darah ini berasal dari asam tannic didalam kulit manggis. Senyawa tersebut juga terdapat pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC).

Selain baik untuk gula darah, OPC pada kulit manggis diketahui berlimpah zat antioksidan. OPC tersebut mengandung zat antibakteri, antivirus, anti kanker, anti inflamasi, anti lergi dan vasodilatasi.

2. Anti alergi dan anti inflamasi

Penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa manfaat kulit manggis memiliki kedua zat anti alergi dan anti inflamasi. Sebuah studi tersebut menyatakan jika kandungan pada kulit manggis dapat memperbanyak zat prostaglandin, dan khasiatnya lainnya terbukti ampuh untuk menghambat kadar histamin  dalam tubuh. Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna dalam meredakan peradangan (anti inflamasi), yang mana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang dapat mudah terkena alergi.

3. Mengatasi jerawat

Apa khasiat dari kulit manggis? Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Meskipun menjadi salah satu masalah kulit paling umum, jerawat sering kali sulit untuk diatasi. Kulit manggis bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk mengatasi masalah jerawat. Sebuah studi dari Thailand menyatakan, zat antioksidan  pada kulit manggis ampuh melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya, dua faktor tersebut mampu memengaruhi pertumbuhan jerawat.

Kandungan antiinflamasi pada kulit manggis akan meredakan peradangan pada jerawat. Sedangkan kandungan antibakterinya akan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat muncul kembali.

4. Mencegah penuaan dini

Apa manfaat kulit manggis untuk kecantikan? Manfaat kulit manggis untuk kecantikan adalah dapat mencegah penuaan dini. Gejala penuaan umumnya muncul di usia 30 hingga 40 tahun, bisa muncul lebih awal pada usia 20 tahun. Hal ini bisa disebabkan oleh terpaparnya kulit terhadap sinar UV secara langsung dan banyaknya radikal bebas yang masuk. Maka dari itu, pencegahan sangatlah perlu untuk dilakukan.

Anda bisa menjadikan kulit manggis sebagai salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi gejala penuaan dini. Sebagai antioksidan yang akan membantu menangkal radikal bebas, kulit manggis dapat membantu memperlambat munculnya gejala tersebut.

5. Mencegah penyakit jantung

Apa manfaat kulit manggis untuk tubuh? Banyak orang yang tidak menyangka bahwa manfaat kulit manggis ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kulit manggis di antaranya tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen terpenting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, manfaat kulit manggis memberikan perlindungan terhadap penyakit stroke dan jantung koroner.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Tidak hanya manfaat kulit manggis yang bisa diperoleh, manfaat daging buah manggis pun juga baik bagi kesehatan tubuh. Daging buah manggis dapat menjadi sumber yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena membantu menangkal sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

7. Menghilangkan flek hitam dan menghaluskan kulit

Apa saja manfaat ekstrak kulit manggis? Setelah jerawat hilang, biasanya masih ada masalah berupa flek hitam di wajah. Jangan hentikan perawatan dengan kulit manggis setelah jerawat hilang, karena khasiat kulit manggis lainnya adalah menghilangkan flek hitam hingga mencerahkan kulit.

Bagian kulit berjerawat juga merupakan bagian kulit yang mengalami kerusakan. Berhubung kulit manggis memiliki manfaat untuk membantu regenerasi kulit, flek hitam pun dengan lebih cepat memudar dari wajah. Wajah akan menjadi lebih halus dan cerah.

8. Mengencangkan kulit

Apa khasiat dari kulit buah manggis? Manfaat kulit manggis untuk kulit selanjutnya adalah mengencangkan kulit. Gejala penuaan ditandai dengan munculnya garis halus, keriput dan juga kulit yang tidak kencang. Dengan melawan gejala penuaan tersebut, tentunya Anda akan dapat mempertahankan atau mendapatkan kulit wajah yang kencang kembali.

9.  Membantu regenerasi kulit

Berbagai masalah kulit bisa membuat sel-sel kulit Anda menjadi rusak. Sering kali kulit juga mengalami kesulitan untuk meregenerasi kembali. Kandungan antiinflamasi yang ada dalam kulit manggis akan membantu proses regenerasi kulit. Dengan begitu, sel kulit yang sudah rusak pun akan dengan cepat tergantikan dengan sel baru.

Demikian  Apa saja khasiat kulit buah manggis. Semoga bermanfaat.
Top