MasyaAllah, Inilah 8 Keutamaan Membaca Al-Qur'an, Amal Ringan Banyak Pahala

Komentar

Image Source: sindonews.net

Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat manusia, walaupun yang mengambil manfaat hanyalah orang-orang yang bertaqwa. Begitu banyak hikmah dari memperbanyak membaca Al-Qur'an, tetapi sebagian orang merasa tidak punya waktu untuk membaca Al-Qur'an padahal di dalamnya terdapat pahala yang besar.

Padahal membacanya sangat mudah dan sangat mendatangkan kebaikan. Apa saja manfaat membaca al quran? Sebutkan apa saja keutamaan membaca al-qur'an?

Keutamaan membaca Al-Qur'an

1. Membaca Al-Qur'an adalah perdagangan yang tidak pernah merugi

{(الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ (29) لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ (30)}

Apa sajakah manfaat membaca dan mempelajari al quran?
"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi". "Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri." (QS. Fathir: 29-30).

2. Satu hurufnya diganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ 
Apa manfaat membaca al quran setiap hari?
"Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu ‘anhu berkata: "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf." (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

3. Setiap kali bertambah kuantitas bacaan, bertambah pula ganjaran pahala dari Allah

عنْ تَمِيمٍ الدَّارِىِّ رضى الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ بِمِائَةِ آيَةٍ فِى لَيْلَةٍ كُتِبَ لَهُ قُنُوتُ لَيْلَةٍ»

Apa keutamaan membaca al quran dengan ilmu tajwid?
Tamim Ad Dary radhiyalahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam.” (HR. Ahmad dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6468).

4. Membaca Al-Qur'an akan mendatangkan syafa’at

عَنْ أَبي أُمَامَةَ الْبَاهِلِىُّ رضى الله عنه قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِهِ

“Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

5. Obat kegundahan hati

Al-Qur'an tidak hanya sebagai amal ibadah, tetapi bisa menjadi obat dan penawar rasa gelisah dan khawatir. Sebagaimana firman Allah.

وَ نُنَزِّلُ مِنَ الۡقُرۡاٰنِ مَا ہُوَ شِفَآءٌ وَّ رَحۡمَۃٌ لِّلۡمُؤۡمِنِیۡنَ ۙ وَ لَا یَزِیۡدُ الظّٰلِمِیۡنَ اِلَّا خَسَارًا

“Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (Qs. al-Isra’ [17]: 82)

6. Malaikat turun membawa nur dan rahmat

“Jika seorang telah mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an, maka dibacakan doa oleh enam puluh ribu malaikat ketika khatam.” (HR. ad-Dailami)
“Terangilah rumah-rumahmu dengan dengan salat dan membaca Al-Qur'an.” (HR. Baihaqi)
Ketika dalam rumah kita selalu ada gema Al-Qur'an, para malaikat akan menyaksikan rumah kita dari langit. Mereka melihat rumah-rumah itu bersinar terang, seperti penduduk bumi yang tengah melihat bintang di langit. (Al-Itqan fi Ulum Al-Qur’an 1/291)

7. Diberikan cahaya yang terang di dunia dan akhirat

“Siapa yang membaca Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka Allah akan memberikan pada kedua orang tuanya mahkota pada hari Kiamat yang bercahaya lebih terang dari cahaya matahari ke dalam rumah ini.” (HR. Ahmad)
Dalam hadits lain juga dijelaskan,
“Bacalah al-Qur’an. Sesungguhnya ia menjadi cahaya bagimu di bumi dan menjadi simpanan bagimu di langit.” (HR. Ibnu Hibban)

8. Salah satu ibadah yang paling utama

Membaca Al-Qur’an adalah ibadah utama yang dipersembahkan kepada Allah Swt. Rasulullah Saw menegaskan.

اَفْضَلُ عِبَادَةِ أُمَّتِى قِرَاءَةُ الْقُرْ اٰنِ –رواه البيهقى

“Seutama-utama ibadah umatku adalah membaca al-Qur’an.” (HR. Baihaqi)
Hadits lain yang menjelaskan keutamaan membaca al quran beserta dalilnya.

“Barang siapa membaca Al-Qur’an, ia benar-benar melangkah naik menuju derajat kenabian di kedua sisinya. Hanya saja tidak diberikan wahyu kepadanya.” (HR. al-Hakim)
Demikian beberapa apa saja manfaat membaca al quran? Semoga kita selalu dalam perlindungan Allah Swt.
Top