Fakta Anak Kedua, Ini 7 Hal yang Membuat Kalian Begitu Berbeda

Penulis Cheryl mikayla | Ditayangkan 02 Feb 2019
Fakta Anak Kedua, Ini 7 Hal yang Membuat Kalian Begitu Berbeda
Fakta Anak Kedua, Ini 7 Hal yang Membuat Kalian Berbeda (Ilustrasi: tribunnews.com)

Anak sulung dikenal sebagai pelindung keluarga dan memiliki jiwa pemimpin, sedangkan anak bungsu dikenal sebagai anak yang manja.

Lalu bagaimana dengan anak kedua atau anak tengah?

Dibandingakan dengan anak sulung atau anak bungsu, anak kedua dari tiga bersaudara memang jarang dibicarakan.

Menurut salah satu ilmuwan psikologi, Alfred Adler yang juga seorang dokter medis berpendapat bahwa urutan kelahiran punya andil dalam menentukan kepribadian dari seseorang. Dengan begitu, tentu saja antara anak pertam, kedua, dan ketiga memiliki kepribadian yang berbeda.

Fakta anak kedua lelaki maupun fakta anak kedua perempuan sangat menarik untuk kita bahas. Anak kedua seringkali dituntut untuk bersikap lebih dewasa, karena mereka harus menghormati kakaknya dan mengalah pada adiknya.

Karakter anak kedua bisa jadi sangat jauh berbeda dari  anak sulung maupun anak bungsu. Anak pertama mendapat perhatian seluruh orangtua, dan anak bungsu selalu dimanjakan. Kondisi inilah yang membuat anak kedua terkadang merasa terabaikan.

Pola asuh yang diterapkan orangtua pada anak pertama dan anak kedua juga pastinya berbeda. Hal ini turut menyumbang peran terciptanya karakter anak kedua yang unik dan membuatnya berbeda dari anak kelahiran pertama maupun anak kelahiran terakhir.

Nah, bagi kalian yang terlahir sebagai anak tengah, pasti pebasaran apa saja fakta anak kedua dari 3 bersaudara atau lebih? Berikut ulasan lengkapnya;

Fakta Anak Kedua, Karakter Kalian Unik

Fakta Anak Kedua, Ini 7 Hal yang Membuat Kalian Begitu Berbeda
pixabay.com

Catherine Salmon, seorang profesor psikologi di Universitas Redland, California Utara, bersama rekan-rekan sejawatnya melakukan studi terhadap karakter anak kedua selama lebih dari 20 tahun.

Setelah meneliti ribuan anak yang terlahir sebagai anak kedua atau anak tengah, ada 7 karakter anak kedua yang menonjol, dan membuatnya lebih unik dibandingkan anak sulung atau anak bungsu. Apa saja?

1. Tidak terlalu bergantung pada orangtua

Dalam penelitian yang Catherine lakukan pada 1998, melibatkan lebih dari 400 orang mahasiswa tingkat akhir, mereka mendapat pertanyaan, siapakah yang akan dimintai pertolongan jika mereka butuh bantuan. Kebanyakan dari mereka akan menjawab saudara.

Hal ini dikarenakan mereka lebih sedikit menghabiskan waktu bersama orangtua dibandingkan anak sulung atau anak bungsu. Mereka juga lebih memilih saudara dan teman-temannya untuk dimintai bantuan dibandingkan orangtua.

2. Rekan yang baik 

Dilansir dari theasianparent.com, anak kedua terbiasa menghadapi berbagai macam karakter orang. Hal ini dihasilkan dari interaksinya dengan saudara-saudaranya.

Diapun biasa bergaul dengan siapapun sejak kecil, dia juga terlatih bernegosiasi dengan saudara-saudaranya. Sehingga dia akan menjadi rekan kerja atau teman yang baik.

3. Kemampuan sosial yang baik

Selain supel dan mudah bergaul, anak kedua berusaha keras menjaga hubungan baik. Hasilnya, orang-orang di sekelilingnya akan selalu nyaman berada di dekatnya.

Mereka juga cenderung memiliki kemampuan sosial yang lebih baik dibanding anak sulung maupun anak bungsu.

4. Lebih kuat menghadapi tekanan sosial

Karena terbiasa menghadapi espektasi dari kedua orangtua, juga tuntutan dari saudara-saudaranya, anak kedua biasanya jauh lebih kuat menghadapi tekanan sosial dibandingkan anak pertama atau anak terakhir.

Dia juga jauh lebih mandiri dan bisa membela dirinya sendiri di tengah pergaulan, meski tanpa bantuan anggota keluarga.

5. Berpikiran terbuka dan suka mencoba hal baru

Sebagai orang yang memiliki saudara dan tidak menjadi tumpuan harapan orangtua, seringkali anak kedua dipaksa mandiri sejak dini. Hal ini membuatnya suka mencoba hal baru, dan cenderung lebih berpikiran terbuka.

Salah satu penelitian menyebut, sebanyak 85% anak kedua suka mencoba hal baru. Angka ini lebih tinggi dibandingkan jumlah anak sulung yang suka mencoba tantangan baru hanya 50%.

Baca Juga: Benarkah Anak Pertama Tak Boleh Nikah Dengan Anak Ke Tiga? Antara Mitos Dan Fakta

6. Memiliki emosi yang baik

Catherine Salmon mengatakan, ketika anak kedua tumbuh dewasa, mereka akan memahami, manfaat dari orangtua yang tidak memberikan perhatian berlebihan. Hal ini memberi mereka ruang untuk tumbuh menjadi pribadi mandiri.

Fakta anak kedua tentang cinta, mereka juga jadi jauh lebih menghargai pentingnya sebuah hubungan.

Sebuah survei menunjukkan, anak kedua merupakan orang-orang paling bahagia di dalam hubungan cinta, dibandingkan anak bungsu maupun anak pertama.

Hal ini bisa jadi dikarenakan kemampuannya berkompromi dengan saudara sedari kecil, hingga membuatnya bisa lebih menghargai pasangan.

7. Pintar bernegosiasi

Terlatih bernegosiasi dengan orangtua dan kakak semasa kecil, membuat anak kedua tumbuh menjadi seorang negosiator yang baik. Tak heran, dia cocok bekerja sebagai diplomat, guru, politikus, aktor, pengacara hingga pekerja sosial.

Kepribadiannya yang supel akan membuatnya mudah bergaul dan beradaptasi di lingkungan yang cenderung berubah dalam waktu cepat. Kemampuan sosialnya akan membuat dia selalu sukses dalam bidang pekerjaan yang menuntutnya berinteraksi dengan manusia.

Nah itulah fakta-fakta mengenai anak kedua, bagaimana menurut kalian?
SHARE ARTIKEL