4 Amalan Doa Cepat Sembuh dari Segala Penyakit Dalam Islam

Komentar
doa cepat sembuh
Amalan Doa Cepat Sembuh dari Segala Penyakit (Foto: Republika)

Doa seperti halnya obat.

Dengan doalah seorang hamba bisa mendekatkan diri dengan Allah SWT dan meminta kesembuhan dari segala macam penyakit.

Tidak selamanya tubuh kita sehat dan bugar. Ada kalanya sakit mendera, membuat kita kesulitan beraktivitas. Apalagi saat kondisi tak menentu seperti saat ini.

Sakit bisa kita maknai sebagai peringatan awal jika kita harus beristirahat dari aktivitas apapun. Sejenak, kita perlu memulihkan kondisi fisik agar dapat beraktivitas dengan baik di hari-hari berikutnya.

Namun sakit juga merupakan peringatan agar kita sebagai seorang hamba kembali mengingat Sang Maha pencipta.

Sebagian orang mengeluhkan rasa sakit yang dideritanya. Sebagian lainnya memilih bersabar atas rasa sakitnya itu. Ia berobat dan berharap sakit itu menjadi perantara tertebusnya dosa dan membuatnya menjadi pribadi yang lebih baik.

Mengutip tulisan Sayyid Sabiq dalam bukunya, Fiqih Sunnah, menganjurkan agar orang yang sakit itu tabah dan bersabar menghadapi penyakit yang dideritanya.

Sebab, kata Sayyid Sabiq tak ada pemberian yang berharga dari Allah SWT kepada seorang hamba, kecuali kesabaran dalam menghadapi segala sesuatu.

Ketika menderita sakitpun kita tak boleh menyerah dengan keadaaan. Sebab, segala macam penyakit pasti ada obatnya dan bisa disembuhkan. Hanya saja, manusia perlu menempuh berbagai jalan untuk mendapatkan kesembuhan.

Rasulullah SAW secara tegas telah menyatakan bahwa setiap kali Allah SWT memberikan penyakit kepada hambanya, pasti Ia menyertakan obatnya. Sebagaimana yang beliau sabdakan :

Setiap kali Allah menurunkan penyakit, pasti Dia menurunkan pula penyembuhnya. Yang hanya diketahui oleh orang yang mengetahuinya, dan diabaikan oleh orang yang tidak mengetahuinya.

Penyakit datangnya dari Allah, maka kesembuhannya pun datangnya juga dari Allah SWT.

Pernyataan Rasulullah SAW seperti yang tercantum dalam hadis di atas bersifat umum yang mencangkup berbagai macam penyakit, termasuk penyakit mematikan dan penyakit yang belum bisa disembuhkan.

Oleh kerana itu, selain bergantung pada obat dari dokter, untuk menyembukan segala macam penyakit haruslah dibarengi dengan berdoa meminta kesembuhan kepada Allah SWT.

Amalan Doa agar Cepat Sembuh dari Segala Macam Penyakit


Mawaddahindah

Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar mengutip sejumlah riwayat yang menceritakan Rasulullah SAW saat menjenguk sahabatnya yang sakit. Dalam sejumlah riwayat berikut ini, Rasulullah SAW mendoakan kesembuhan sahabatnya dengan berbagai lafal doa.

Selain untuk menjenguk orang sakit, doa-doa inipun juga bisa diamalkan untuk mendapatkan kesembuhan diri sendiri.

Doa pertama

Ini adalah salah satu doa kesembuhan yang dibaca Rasulullah SAW untuk keluarganya sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. Lā syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Baca Juga: Selain Obat, Bacakan 4 Doa ini Ketika Anak Sakit, InsyaAllah Cepat Sembuh

Doa ke dua

Dalam riwayat lain, Rasulullah SAW membaca doa ini ketika meruqyah salah seorang sahabat.

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nasi. Bi yadikas syifa’u. La kasyifa lahu illa anta. 

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Doa ke tiga

Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan baca doa berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka.

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

Doa sakit demam

Lafal berikut ini dibaca Rasulullah SAW ketika menjenguk seorang badui yang menderita demam sebagai riwayat Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

La ba’sa thahurun insya’allahu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

Demikian, semoga dengan doa-doa yang diajarkan Rasulullah diatas, sakit yang Anda derita segera diberi kesembuhan oleh Allah SWT. Aamiin...

Wallahu A'lam.
Top